Pujiastuti, Indah Panca (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran materi pencemaran lingkungan berbasis proyek untuk siswa kelas X SMA / Indah Panca Pujiastuti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pujiastuti Indah Panca. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Pencemaran Lingkungan Berbasis Proyek untuk Siswa Kelas X SMA. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. agr. H. Mohamad Amin S.Pd M.Si. (II) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Si. Ph.D. Kata kunci perangkat pembelajaran pencemaran lingkungan pembelajaran berbasis proyek Kurikulum 2013 12288 12288 12288 12288 Pendidikan memegang peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional adalah dengan dilaksanakannya Kurikulum 2013. Proses pembelajaran materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA Negeri 8 Malang berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan peneliti pada bulan Oktober tahun 2013 memperlihatkan bahwa hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Hasil observasi tentang perangkat pembelajaran (silabus Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bahan ajar dan instrumen penilaian) yang disusun juga belum berdasarkan kurikulum yang ditetapkan. Oleh karenanya perlu dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis proyek dengan materi pencemaran lingkungan untuk siswa kelas X SMA. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan menganalisis kelayakan menguji keefektifan dan menguji kepraktisan perangkat pembelajaran materi pencemaran lingkungan berbasis proyek untuk siswa kelas X SMA. Penyusunan perangkat pembelajaran ini dengan menggunakan model pengembangan menurut Kemp. Model ini terdiri dari 9 tahap yaitu (1) identifikasi masalah pembelajaran (2) analisis siswa (3) analisis tugas meliputi analisis struktur isi dan analisis konsep (4) merumuskan indikator (5) penggunaan instrumen evaluasi (6) strategi pembelajaran (7) pemilihan media atau sumber pembelajaran (8) validasi perangkat pembelajaran dan (9) revisi perangkat pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis skor penilaian perangkat pembelajaran menunjukkan rata-rata persentase penilaian oleh ahli desain pembelajaran 94% ahli perangkat pembelajaran 87% ahli materi pembelajaran 95% ahli praktisi pelaksanan pembelajaran di lapangan 98%. Hasil penilaian bahan ajar dalam uji kelompok kecil menunjukkan rata-rata persentase penilaian sebesar 88%. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran telah layak diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas. 12288 12288 12288 12288 Uji coba utama dilakukan pada kelas X-Lintas Minat SMA Negeri 8 Malang. Analisis data hasil belajar kognitif siswa berupa gain score sebesar 0 5967 dengan kategori sedang. Analisis data hasil belajar afektif (penilaian diri) siswa berupa gain score sebesar 0 7334 dengan kategori tinggi sedangkan rata-rata hasil observasi afektif sebesar 95 dengan kategori sangat efektif. Analisis data hasil angket respon siswa mempunyai rata-rata sebesar 96% dengan kategori sangat positif. Berdasarkan hasil belajar siswa dan angket respon siswa dapat dikatakan bahwa perangkat pembelajaran berbasis proyek yang dikembangkan sangat efektif untuk diterapkan di dalam pembelajaran. Persentase tingkat keterlaksanaan sintaks pembelajaran adalah sebesar 100% sehingga dapat dikatakan bahwa perangkat pembelajaran berbasis proyek yang dikembangkan sangat praktis untuk diterapkan di dalam pembelajaran. Beberapa saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil pengembangan produk yang telah dilaksanakan adalah (1) guru hendaknya mencermati komponen-komponen perangkat pembelajaran (silabus RPP bahan ajar dan instrumen penilaian) sebelum menerapkannya di dalam proses pembelajaran (2) perlu sosialisasi yang baik dalam forum guru MGMP seminar ilmiah maupun sosialisasi me lalui situs terkait untuk mendiseminasikan perangkat pembelajaran ini dan (3) hasil pengembangan produk lebih lanjut hendaknya dapat diterapkan dalam penelitian tindakan kelas atau dalam penetian eksperimen semu untuk melihat variabel terikat yang ingin diteliti.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60462 |
Actions (login required)
View Item |