Rumayom, Yohana (2014) Pengaruh strategi pembelajaran model dual situated learning melalui analogi terhadap berpikir kritis dan pemahaman konsep biologi siswa berkemampuan akademik berbeda / Yohana Rumayom. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rumayom Y. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Model Dual Situated Learning melalui Analogi terhadap Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa Berkemampuan Akademik Berbeda. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S. (2) Dr. Hadi Suwono M.Si. Kata kunci DSLM analogi berpikir kritis pemahaman konsep 12288 12288 12288 Strategi pembelajaran bermakna merupakan strategi yang digunakan para ahli untuk mengatasi perubahan konsep pada siswa karena dalam proses belajar bermakna terjadi penyusunan informasi yang saling terkait dengan konsep-konsep yang relevan yang terdapat dalam struktur kognitif siswa. Hadirnya kurikulum 2013 dapat memberikan ruang kepada sekolah untuk mengembangkan kurikulumnya sesuai dengan potensi dan kondisi masing-masing sekolah menuntut guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan menarik untuk diajarkan kepada siswa. Pendidikan sebagai ujung tombak perubahan dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Upaya untuk memberdayakan sumber daya manusia salah satunya dengan mendidik dan mengajar siswa dengan menggunakan strategi atau metode pembelajaran yang tepat. Strategi Pembelajaran yang baik dan tepat sangat membantu untuk mengembangkan kemampuan dalam berpikir dan memahami konsep pada diri siswa. 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis konseptual yang memiliki sifat multidimensi yaitu Dual Situated Learning Model (DSLM) melalui analogi terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu atau quasi experimental yang dilakukan dengan menggunakan rancangan pretest-postest Non-equivalent Control Group Design dengan menggunakan rancangan faktorial 2 x 2 yang bertujuan untuk melihat pengaruh strategi pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa (1) perlakuan strategi pembelajaran yang berbeda mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa. rata-rata kemampuan berpikir kritis yang paling rendah terlihat pada kelompok siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran konvensional dengan rata-rata sebesar 69 062 dan rata-rata kemampuan berpikir kritis yang paling tinggi pada kelompok peserta didik yang belajar dengan strategi pembelajaran DSLM melalui analogi yaitu sebesar 74 079. (2) terdapat pengaruh kemampuan akademik terhadap berpikir kritis siswa. bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis yang paling rendah terlihat pada kelompok siswa berkemampuan akademik rendah dengan rata-rata sebesar 69 223 dan yang paling tinggi terlihat pada kelompok siswa berkemampuan akademik tinggi dengan rata-rata sebesar 73 918. (3) terdapat pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. rata-rata terkoreksi kemampuan berpikir kritis yang paling tinggi terlihat pada kelompok siswa berkemampuan akademik tinggi yang belajar dengan strategi DSLM melalui analogi dengan rata-rata sebesar 78 951. Rata-rata kemampuan berpikir kritis yang paling rendah terlihat pada siswa berkemampuan akademik rendah yang belajar dengan strategi pembelajaran konvensional dengan rata-rata sebesar 68 885. (4) terdapat pengaruh strategi pembelajaran terhadap pemahaman konsep siswa. rata-rata skor pemahaman konsep siswa yang paling tinggi terlihat pada kelompok pembelajaran DSLM melalui analogi sebesar 80 137 dan yang paling rendah pada kelompok pembelajaran konvensional dengan rata-rata 68 856. (5) terdapat pengaruh kemampuan akademik terhadap pemahaman konsep siswa. Rata-rata skor pemahaman konsep siswa yang paling tinggi terlihat pada siswa berkemampuan akademik tinggi dengan rata-rata sebesar 76 389 sedangkan yang paling rendah terlihat pada kelompok strategi pembelajaran konvensional dengan rata-rata sebesar 7 605. (6) terdapat pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap pemahaman konsep siswa. Rata-rata pemahaman konsep siswa yang paling tinggi terlihat pada siswa berkemampuan akademik tinggi yang belajar dengan strategi pembelajaran DSLM dengan rata-rata 78 951 sedangkan yang paling rendah terlihat pada siswa berkemampuan akademik rendah pada strategi pembelajaran konvensional dengan rata-rata 68 885. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini juga memperkuat argumentasi bahwa kemampuan akademik sangat mempengaruhi perolehan hasil belajar siswa selama pembelajaran. Siswa yang memiliki kemampuan akademik tinggi akan sangat mudah memahami materi pelajaran yang dipelajari dibandingkan dengan siswa berkemampuan akademik rendah sehingga sangat dibutuhkan strategi pembelajaran yang tidak hanya memberdayakan siswa berkemampuan akademik tinggi tetapi juga dapat memberdayakan siswa berkemampuan akademik rendah dan membantu mengatasi persoalan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang perlu dikemukakan dari penelitian ini adalah bahwa strategi pembelajaran DSLM melalui analogi dapat digunakan secara luas oleh guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan pencapain hasil belajar siswa. Strategi ini memiliki keunggulan karena menitikberatkan pembelajaran keaktifan siswa dalam mengkonstruksi dan merubah sendiri struktur kognitifnya. Perlu dilakukan kajian lebih lanjut terkait dengan penerapan strategi pembelajaran DSLM melalui analogi dalam meningkatkan motivasi sikap bahkan daya retensi siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60461 |
Actions (login required)
View Item |