Pengaruh strategi pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA), Think Pair Share (TPS), RQA dipadu TPS dan perbedaan gender terhadap keterampilan bertanya, kesadaran metakognitif, keterampilan metakognitif, pembentukan karakter dan hasil belajar biologi siswa ke - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA), Think Pair Share (TPS), RQA dipadu TPS dan perbedaan gender terhadap keterampilan bertanya, kesadaran metakognitif, keterampilan metakognitif, pembentukan karakter dan hasil belajar biologi siswa ke

Kusuma, Anindita Suliya Hangesti Mandra (2014) Pengaruh strategi pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA), Think Pair Share (TPS), RQA dipadu TPS dan perbedaan gender terhadap keterampilan bertanya, kesadaran metakognitif, keterampilan metakognitif, pembentukan karakter dan hasil belajar biologi siswa ke. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kusuma Anindita Suliya Hangesti Mandra. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) Think Pair Share (TPS) RQA dipadu TPS dan Perbedaan Gender terhadap Keterampilan Bertanya Kesadaran Metakognitif Keterampilan Metakognitif Pembentukan Karakter dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri Kota Malang. Tesis. Pendidikan Biologi. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. A. D. Corebima M.Pd. (II) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. Kata Kunci strategi Reading Questioning and Answering (RQA) strategi Think Pair Share (TPS) RQA TPS RQA dipadu TPS perbedaan gender keterampilan bertanya kesadaran metakognitif keterampilan metakognitif pembentukan karakter dan hasil belajar biologi. Pola pembelajaran yang diterapkan di SMP Negeri Kota Malang masih didominasi oleh strategi pembelajaran yang bersifat konvensional meskipun guru sudah mengusahakan untuk menerapkan pembelajaran berpola konstruktivis. Pembelajaran yang dilakukan lebih menekankan pada hasil akhir siswa yakni hasil tes kognitif belum mengupayakan untuk memberdayakan kemampuan metakognitif siswa kurang memperhatikan kemampuan-kemampuan yang dimiliki oleh siswa dengan gender yang berbeda dan pembelajaran kurang memberdayakan karakter positif siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah strategi pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan RQA yang dipadu TPS. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) strategi Think Pair Share (TPS) RQA dipadu TPS pengaruh perbedaan gender dan interaksi strategi pembelajaran dengan perbedaan gender terhadap keterampilan bertanya kesadaran metakognitif keterampilan metakognitif karakter dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP Negeri Kota Malang. Rancangan penelitian adalah eksperimen semu dengan pretes dan postes Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Kota Malang tahun pelajaran 2013/2014 dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang dan SMP Negeri 5 Malang. Masing-masing strategi yang digunakan termasuk konvensional diwakili oleh dua kelas. Keterampilan bertanya diukur menggunakan rubrik penilaian tingkat kognitif pertanyaan berdasarkan taksonomi Bloom kesadaran metakognitif diukur menggunakan inventori kesadaran metakognitif keterampilan metakognitif diukur menggunakan inventori keterampilan metakognitif dan achievement test karakter diukur menggunakan angket karakter dan hasil belajar kognitif diukur menggunakan tes uraian. Data hasil penelitian pretes dan postes hasil penelitian di analisis menggunakan teknik analisis kovarian (anakova) sedangkan keterlaksanaan sintaks pembelajaran dianalisis menggunakan teknik analisis regresi. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan strategi pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan bertanya kesadaran metakognitif keterampilan metakognitif karakter dan hasil belajar siswa. Strategi RQA dipadu TPS paling tinggi dalam meningkatkan keterampilan bertanya keterampilan metakognitif angket dibandingkan strategi lain yang digunakan dalam penelitian. Rata-rata terkoreksi strategi RQA dipadu TPS 15 01% lebih tinggi dibandingkan dengan strategi RQA dalam meningkatkan keterampilan bertanya siswa. Rata-rata skor terkoreksi pada pembelajaran dengan strategi RQA dipadu TPS 2 65% lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran dengan strategi RQA dalam meningkatkan keterampilan metakognitif siswa menggunakan angket. Rata-rata terkoreksi strategi RQA dipadu TPS 3 61% lebih tinggi dibandingkan dengan strategi RQA dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Pada variabel keterampilan metakognitif (achievement test) strategi RQA sama tinggi dengan RQA dipadu TPS dalam meningkatkan keterampilan metakognitif. Strategi RQA paling tinggi dalam meningkatkan kesadaran metakognitif dan karakter siswa. Pada variabel kesadaran metakognitif rata-rata terkoreksi strategi RQA 61 68% lebih tinggi dibandingkan pembelajaran dengan strategi RQA dipadu TPS. Pada variabel karakter strategi RQA paling tinggi dalam meningkatkan karakter siswa tetapi tidak berbeda nyata dengan strategi RQA dipadu TPS. Perbedaan gender tidak berpengaruh terhadap keterampilan bertanya kesadaran metakognitif keterampilan metakognitif angket dan karakter tetapi berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif terintegrasi (achievement test) dan hasil belajar kognitif. Rata-rata skor terkoreksi keterampilan metakognitif (achievement test) siswa perempuan 5 43% lebih tinggi dibandingkan dengan siswa laki-laki. Rata-rata skor terkoreksi hasil belajar kognitif siswa perempuan sebesar 4 10% lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki. 12288 12288 12288 12288 Interaksi strategi pembelajaran dengan perbedaan gender tidak berpengaruh terhadap keterampilan bertanya siswa kesadaran metakognitif keterampilan metakognitif karakter dan hasil belajar siswa. Kombinasi RQA dipadu TPS dengan siswa perempuan memiliki rata-rata skor tertinggi dalam meningkatkan keterampilan bertanya. Pada variabel kesadaran metakognitif kombinasi antara RQA dipadu TPS dengan siswa laki-laki memiliki rata-rata terkoreksi 6 97% lebih tinggi dibandingkan kombinasi konvensional dengan siswa perempuan. Kombinasi RQA dipadu TPS dengan siswa laki-laki dan kombinasi RQA dipadu TPS dengan siswa perempuan sama tinggi dalam meningkatkan keterampilan metakognitif yang diukur dengan angket MSI. Pada variabel keterampilan metakognitif (achievement test) kombinasi RQA dipadu TPS dengan siswa perempuan memiliki potensi paling tinggi dalam meningkatkan keterampilan metakognititif siswa dengan rata-rata terkoreksi 8 87% lebih tinggi dibandingkan kombinasi strategi RQA dipadu TPS dengan siswa laki-laki. Pada variabel karakter kombinasi RQA dengan siswa perempuan paling tinggi dalam meningkatkan karakter siswa. Pada variabel hasil belajar kognitif kombinasi antara RQA dipadu TPS dengan siswa perempuan paling tinggi dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa yakni 43 17% lebih tinggi dibandingkan kombinasi konvensional dengan siswa laki-laki. Saran dalam penelitian yakni guru perlu menerapkan strategi-strategi pembelajaran yang memberdayakan kemampuan metakognitif. Pengukuran keterampilan metakognitif menggunakan angket MSI tidak dapat merekam dengan baik keterampilan metakognitif siswa maka cara pengukuran keterampilan metakognitif siswa selama pembelajaran sebaiknya memanfaatkan achievement test dengan menggunakan rubrik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60460

Actions (login required)

View Item View Item