Ertiningsih (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis inkuiri terbimbing materi Archaeabacteria dan Eubacteria untuk peserta didik kelas X-MIA SMA Negeri 2 Pare Kabupaten Kediri / Ertiningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ertiningsih. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing materi Archaeabacteria dan Eubacteria untuk Peserta Didik Kelas X-MIA Semester I SMA Negeri 2 Pare Kabupaten Kediri. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ibrohim M.Si. (II) Dr. Fatchur Rohman M.Si Kata kunci Perangkat Pembelajaran Biologi Inkuiri Terbimbing Handout 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis kebutuhan di SMA Negeri 2 Pare diketahui bahwa masih ditemukan guru yang belum memfasilitasi peserta didik mengkonstruksi pengetahuanny perangkat pembelajaran yang digunakan belum sesuai materi dan kebutuhan ada guru yang belum menyusun sendiri perangkat pembelajarannya buku yang digunakan masih dari penerbit tertentu. Sesuai kebutuhan dan kenyataan maka tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Biologi berbasis inkuiri terbimbing materi Archaeabacteria dan Eurbacteria peserta didik kelas X-MIA di SMA Negeri 2 Pare Kabupaten Kediri. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg Gall yang terdiri dari 10 tahap. Data penelitian diperoleh dari validasi instrumen pengembangan perangkat pembelajaran oleh ahli pengembangan ahli materi dan guru serta angket peserta didik. Ada dua jenis data yang akan diperoleh yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitaif dianalisis dengan menghitung skor dan dicocokkan dengan tabel kriteria kelayakan dan revisi produk. Data kualitatif berupa saran dan komentar digunakan untuk melakukan revisi produk. Penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan menunjukkan hasil antara lain (1) menurut penilaian oleh ahli pengembangan ahli materi dan guru Biologi dalam penilaian kelayakan perangkat pada kriteria sangat layak dan tidak perlu revisi (2) uji perorangan terhadap keterbacaan Handout dan LKPD berada pada kriteria sangat layak dan tidak perlu revisi (rerata skor 3 6) (3) uji kelompok kecil dalam penilaian pemahaman konsep 17% peserta didik tidak tuntas dan 83 0% berada pada kriteria tuntas (4) penilaian terhadap keterampilan ilmiah 100% tuntas ( 80) hasil penilaian petik kerja berada pada kriteria 100% tuntas (nilai terendah 81 3) hasil observasi sikap adalah 86 18% menunjukkan sikap sangat baik dan 13 9% menunjukkan sikap baik (5) keterlaksanaan pembelajaran mencapai rerata 3 85 ini berarti semua tahapan dapat diikuti dan ditanggapi oleh seluruh peserta didik. Berdasarkan paparan hasil validasi dan uji coba maka perangkat pembelajaran berupa silabus RPP alat penilaian LKPD dan Handout materi Archaeabacteria dan Eubacteria yang dikembangkan berbasis inkuiri terbimbimbing sangat layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran dan disebarluaskan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60459 |
Actions (login required)
View Item |