Fitro, Sulis El (2014) Pengembangan multi media interaktif berbasis penelitian teknologi hibridoma untuk matakuliah bioteknologi di Universitas Negeri Malang / Sulis El Fitro. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
El Fitroh Sulis. 2014. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Penelitian Teknologi Hibridoma Untuk Mata Kuliah Bioteknologi Di Universitas Negeri Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Sutiman Bambang Sumitro M.Sc . D.Sc. (II) Dr. Umie Lestari M.Si. Keywords Multimedia Interaktif Teknologi Hibridoma 12288 12288 12288 12288 Kemampuan menguasai dan mengaplikasikan metode-metode mutakhir bioteknologi (current methods of biotecnology) seperti teknologi hibridoma perlu diajarkan pada mahasiswa. Namun dalam melakukan kegiatan praktikum teknologi hibridoma dalam kegiatan di kelas membutuhkan waktu serta biaya yang relatif besar. Penelitian ini dilaksanakan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis penelitian bagi mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan multimedia pembelajaran tentang teknologi hibridoma pada matakuliah Bioteknologi. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Model Pengembangan ini terdiri dari lima tahap yaitu tahap analisis perancangan pengembangan implementasi dan evaluasi namun pada penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan. Data penelitian ini adalah hasil uji kelayakan multimedia interaktif oleh ahli media pembelajaran ahli materi bioteknologi mahasiswa kelompok perorangan dan mahasiswa kelompok sedangl. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini adalah multimedia interaktif tentang teknologi hibridoma yang berisi tentang aktivitas-aktivitas dalam melakukan penelitian teknologi hibridoma di laboratorium yang bertujuan agar mahasiswa mampu memahami teknik-teknik dalam pembuatan antibodi monoklonal. Berdasarkan uji kelayakan menunjukkan bahwa multimedia interaktif tentang teknologi hibridoma layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Kelayakan ini dilihat dari segi kebenaran materi oleh ahli materi yaitu sebesar 88.96% kelayakan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran oleh ahli media pembelajaran sebesar 75% dan keterbacaan oleh mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah bioteknologi sebesar 86 07%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60454 |
Actions (login required)
View Item |