Krisnawati, Yuni (2014) Penerapan strategi Problem Based Learning (PBL) berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku siswa SMP Negeri 2 Malang guna menuju program sekolah adiwiyata / Yuni Krisnawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Krisnawati Yuni. 2014. Penerapan Strategi Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Modul Pengelolaan Sampah Berbasis 6M untuk Meningkatkan Pengetahuan Sikap dan Perilaku Siswa SMP N 2 Malang Guna Menuju Program Sekolah Adiwiyata. Tesis. Jurusan Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al Muhdhar M.S (II) Dr. Fatchur Rohman M.Si. Kata Kunci Strategi Problem Based Learning Modul Pengelolaan sampah Berbasis 6M Pengetahuan Sikap Perilaku Sekolah Adiwiyata. Pendidikan nasional Indonesia didedikasikan pada keseluruhan aspek pembangunan nasional khususnya pengembangan SDM yang bersesuaian dengan tuntutan pembangunan dalam konteks globalisasi. Upaya inovatif untuk pengembangan dan implementasi Education for Sustainable Development (ESD) melalui proses pendidikan lingkungan hidup di Indonesia sangat penting untuk dilakukan mengingat kelestarian alam saat ini sangat memprihatinkan. Berdasarkan hasil observasi bulan November 2013 di SMP Negeri 2 Malang warga sekolah masih memiliki pengetahuan sikap dan perilaku pengelolaan sampah yang rendah. Proses belajar mengajar masih menggunakan metode ceramah dan tanyajawab sedangkan untuk mengimplementasikan pendidikan lingkungan hidup dibutuhkan pembelajaran kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan sikap dan perilaku siswa melalui penerapan strategi Problem Based Learning (PBL) berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A VII B VII I dan VII J yang berjumlah 129 siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar soal pretest dan postest pengetahuan tes sikap dan checkhlist manifestasi perilaku. Teknik analisis data menggunakan skor N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Problem Based Learning (PBL) berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M mampu meningkatkan pengetahuan sikap dan perilaku siswa SMP N 2 Malang kelas VII. Hasil tes pengetahuan melalui pretest dan posttest pada siklus I ditinjau dari persentase siswa yang mencapai nilai KKM 75 adalah sebesar 82 2% meningkat menjadi 100% pada siklus II meningkat dari 65 1% menjadi 96 1%. Skor N-gain pengetahuan baik pada siklus I maupun siklus II sebesar 0 4 yang berkategori sedang (0 7 8805 () 8805 0 3). Hasil tes sikap pada siklus I ditinjau dari nilai rerata siswa adalah sebesar 79 8 meningkat menjadi 88 5 pada siklus II meningkat dari 78 0 menjadi 91 7. Skor N-gain sikap pada siklus I sebesar 0 4 meningkat menjadi 0 6 pada siklus II dan berkategori sedang (0 7 8805 () 8805 0 3). Hasil tes perilaku pada siklus I ditinjau dari nilai rerata siswa adalah sebesar 50 6 meningkat menjadi 56 2 pada siklus II meningkat dari 59 2 menjadi 81 9. Skor N-gain perilaku pada siklus I sebesar 0 1 dengan kategori rendah meningkat menjadi 0 6 pada siklus II yang berkategori sedang (0 7 8805 () 8805 0 3).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60453 |
Actions (login required)
View Item |