Pengaruh startegi pembelajaran Numbered Head Together (NHT) didukung metode resitasi terhadap kemampuan metakognitif, hasil belajar kognitif. dan karakter siswa pada pembelajaran biologi SMAN di Malang / Ali Usman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh startegi pembelajaran Numbered Head Together (NHT) didukung metode resitasi terhadap kemampuan metakognitif, hasil belajar kognitif. dan karakter siswa pada pembelajaran biologi SMAN di Malang / Ali Usman

Usman, Ali (2014) Pengaruh startegi pembelajaran Numbered Head Together (NHT) didukung metode resitasi terhadap kemampuan metakognitif, hasil belajar kognitif. dan karakter siswa pada pembelajaran biologi SMAN di Malang / Ali Usman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Usman Ali. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) didukung Metode Resitasi terhadap Kemampuan Metakognitif Hasil Belajar Kognitif dan Karakter Siswa pada Pembelajaran Biologi SMAN di Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Aloysius Duran Corebima M.Pd dan Pembimbing (II) Dr. Hadi Suwono M.Si. Kata Kunci strategi pembelajaran NHT strategi pembelajaran NHT Resitasi kemampuan metakogntif hasil belajar kognitif karakter siswa. 12288 12288 12288 12288 Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengakibatkan tuntutan terhadap peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) peningkatan SDM salah satunya dengan memperbaiki proses pembelajaran. Proses pembelajaran dikatakan baik apabila dapat membelajarkan bagaimana siswa itu belajar dan bagaimana siswa memantau cara belajarnya sehingga dapat memberdayaan aspek metakognisi dan karakter siswa. Pemberdayaan metakognisi dan karakter siswa tidak lepas dari strategi pembelajaran yang baik. Strategi pembelajaran NHT berpotensi meningkatkan kemampuan metakognitif dan karakter siswa. Potensi tersebut dapat dimaksimalkan dengan didukung metode pembelajaran Resitasi. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran NHT NHT Resitasi dan multistrategi terhadap kemampuan metakogntif hasil belajar kognitif dan karakter siswa. Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu pretest-posttest nonequivalent control group desig. Variabel bebas dalam penelitian adalah strategi pembelajaran yang terdiri dari strategi pembelajaran NHT NHT Resitasi dan multistrategi. Variabel terikatnya ialah kemampuan metakognitif hasil belajar kognitif dan karakter siswa. Kesadaran metakognitif diukur dengan angket MAI keterampilan metakognitif diukur dengan angket MSI dan rubrik yang terintegrasi dengan tes essay hasil belajar dengan tes essay dan karakter dengan inventori karakter siswa. Data diambil pada saat pretes dan postes. Uji hipotesis menggunakan Anakova dan sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Tidak ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap kesadaran metakognitif yang diukur dengan MAI 2) Tidak ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap keterampilan metakognitif yang diukur dengan MSI. 3) Ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap keterampilan metakognitif yang diukur dengan rubrik yang ditunjukkan dengan rata-rata skor pada kelas NHT Resitasi 22 06% lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dan 18 42% lebih tinggi dibandingkan kelas NHT. 4) Ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif yang ditunjukkan dengan rata-rata skor terkoreksi pada kelas NHT Resitasi 13 32% lebih tinggi dibandingkan dengan kelas NHT dan 17 62% lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. 5) Ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap karakter siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata skor terkoreksi pada kelas NHT Resitasi 8 84% lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dan 1 68% lebih tinggi dibandingkan dengan kelas NHT.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60450

Actions (login required)

View Item View Item