Widyaningrum, Diyah Ayu (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran ekosistem dengan metode inkuiri terbimbing berbantuan multimedia kontekstual untuk mengembangkan keterampilan kerja ilmiah dan hasil belajar siswa SMP Negeri 26 Malang kelas VII semester 2 / Diyah Ayu Widyaningrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Widyaningrum Diyah Ayu. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ekosistem dengan Metode Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Kontekstual untuk Mengembangkan Keterampilan Kerja Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 26 Malang Kelas VII Semester 2. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Agr. Moh. Amin S.Pd. M.Si (2) Dr. Ibrohim M.Si. Kata Kunci Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Multimedia Kontekstual Keterampilan Kerja Ilmiah Hasil Belajar. 12288 12288 12288 12288 12288 Berbagai permasalahan pembelajaran IPA masih dapat dijumpai disebabkan belum maksimalnya penyusunan dan pelaksanaan perangkat pembelajaran yang mengintegrasikan metode pembelajaran tertentu. Perangkat pembelajaran yang harus dibuat guru meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Lembar Kerja Siswa (LKS) Bahan Ajar dan Instrumen Penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran ekosistem dengan metode inkuiri terbimbing berbantuan multimedia kontekstual yang layak pakai bagi guru dan siswa (2) mengetahui tingkat keefektifan perangkat pembelajaran ekosistem terhadap keterampilan kerja ilmiah dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 26 Malang. 12288 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian pengembangan. Rancangan penelitian pengembangan memuat 3 komponen utama yaitu (1) model pengembangan (2) prosedur pengembangan dan (3) uji coba produk. Pengembangan perangkat pembelajaran yang dilakukan mengikuti model pengembangan 4D dari Thiagarajan (1974). Model 4D memiliki 4 tahapan yaitu define design develop dan disseminate sedangkan penelitian yang akan dilakukan hanya dibatasi pada tahapan develop. Perangkat pembelajaran Ekosistem yang dikembangkan divalidasi dalam 2 tahapan yaitu melalui validasi ahli dan pelaksanaan uji pengembangan. Uji pengembangan dilakukan di kelas simulasi (kelas VIII) dan di kelas sebenarnya (kelas VII). Uji pengembangan di kelas VII dilakukan dengan kegiatan lesson study (LS). Hasil refleksi (see) pada tahapan LS digunakan untuk penyempurnaan perangkat pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis data skor penilaian validasi ahli menunjukkan nilai 93 3% untuk silabus 92 05% untuk RPP 87 14% untuk LKS 84 5% untuk alat penilaian keterampilan kerja ilmiah 85 13% untuk alat penilaian hasil belajar dan 83 13% untuk multimedia kontekstual. Hal tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ekosistem dengan metode inkuiri terbimbing berbantuan multimedia kontekstual termasuk pada kategori sangat layak sehingga tidak perlu direvisi. Uji pengembangan di kelas simulasi (kelas VIII) untuk LKS menunjukkan nilai 88 70% dan media dengan nilai 87 90%. Hal tersebut menunjukkan bahwa uji pengembangan terhadap LKS dan media termasuk pada kategori sangat layak sehingga tidak perlu direvisi. Uji validitas dan reliabilitas tes kognitif menunjukkan koefisien Alpha c sebesar 0 67 dan tes afektif sebesar 0 66. Hal tersebut menunjukkan bahwa soal kognitif dan afektif telah reliabel dan dapat dimanfaatkan dalam tahap pengembangan lebih lanjut. Uji pengembangan di kelas VII menunjukkan bahwa keterampilan kerja ilmiah siswa mengalami peningkatan pada tiap sub materi untuk setiap aspek. Nilai gain score kemampuan kognitif siswa pada sub materi 1 sebesar 0 78 termasuk kategori tinggi pada sub materi 2 sebesar 0 74 termasuk kategori tinggi dan pada sub materi 3 sebesar 0 83 termasuk kategori tinggi. Nilai gain score kemampuan afektif siswa pada sub materi 1 sebesar 0 79 termasuk kategori tinggi pada sub materi 2 sebesar 0 36 termasuk kategori medium dan pada sub materi 3 sebesar 0 32 termasuk kategori medium. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan beberapa saran pemanfaatan yang dapat disampaikan antara lain (1) Bagi guru yang ingin melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan RPP hendaknya memperhatikan dan mempelajari dengan cermat komponen-komponen RPP mempelajari bahan kajian atau topik materi yang dikembangkan serta kompetensi yang ingin dicapai (2) Bagi guru yang ingin menerapkan LKS hendaknya meminta siswa mempelajari petunjuk penggunaan LKS supaya dapat membantu siswa dalam mengerjakan tugas-tugas yang diperlukan (3) Bagi guru yang ingin menggunakan multimedia kontekstual yang dikembangkan hendaknya memperhatikan ketepatan waktu penggunaan multimedia dalam pembelajaran ketepatan materi didalam multimedia dan mempelajari cara penggunaan multimedia sehingga pesan yang ingin disampaikan lewat multimedia dapat tepat sasaran (4) Bagi guru yang ingin menggunaan alat penilaian yang dikembangkan hendaknya memperhatikan dengan cermat deskripsi tugas aspek-aspek yang dinilai tolak ukur penilaian serta skala penilaian pada rubrik sehingga proses penilaian lebih tepat objektif dan terbuka (5) Silabus RPP LKS media dan alat penilaian saling terkait dalam mendukung kegiatan pembelajaran sehingga hendaknya digunakan secara terintegrasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60448 |
Actions (login required)
View Item |