Hubungan keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar biologi siswa yang menjalani pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada kelas XI SMA di Kota Malang / Eva Nurul Malahayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar biologi siswa yang menjalani pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada kelas XI SMA di Kota Malang / Eva Nurul Malahayati

Malahayati, Eva Nurul (2014) Hubungan keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar biologi siswa yang menjalani pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada kelas XI SMA di Kota Malang / Eva Nurul Malahayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Malahayati Eva Nurul. 2014. Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Biologi Siswa yang Menjalani Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) pada Kelas XI SMA di Kota Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. A.D. Corebima M.Pd. (II) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah M.Pd. Kata Kunci keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis hasil belajar biologi siswa PBL Keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritismerupakan faktor penting yang berhubungan dengan hasil belajar siswa. Pemberdayaan keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis di sekolah saat ini khususnya di SMA belum ditangani secara sistematis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis 1) hubungan keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar Biologi siswa yang menjalani pembelajaran PBL pada kelas XI SMA di Kota Malang dan 2) besar sumbangan relatif dan efektif keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar Biologi siswa yang menjalani pembelajaran PBLpada kelas XI SMA di Kota Malang. Penelitianinimerupakanpenelitiansurvei denganmenggunakan metodedeskriptifkorelasional. Populasi di dalampenelitianiniadalahseluruhsiswa SMA kelas XI IPA di kota Malang. Sampel yang digunakan sebanyak 33 siswa yang terdiri atas kelas XI IPASMAN 5 Malang dan SMA Brawijaya Smart School dengan teknik simple random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui soal tes keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Soal tes sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan sumbangan relatif dan efektif. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi Y 11.911 0.462X1 0.432X2 dengan sumbangan variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 75% sedangkan sisanya sebesar 25% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hal ini menujukkan bahwa keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis secara bersama-sama berhubungan positif dengan hasil belajar. Besar nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0.866 berarti keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis menjelaskan 86.6% total varian efektivitas yang dapat meningkatkan hasil belajar.Besarnya sumbangan relatif dan sumbangan efektif dari masing-masing variabel adalah keterampilan metakognitif memberikan sumbangan relatif terhadap hasil belajar sebesar 38.47% dan kemampuan berpikir kritis memberikan sumbangan relatif sebesar 61.53% sehingga total sumbangan relatif adalah 100%. Sumbangan efektif keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar sebesar 28.86% dan sumbangan efektif kemampuan berpikir kritis sebesar 46.16% sehingga total sumbangan efektif adalah 75.02%. Dengan demikian menunjukkan bahwa keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis secara bersama-sama memberikan sumbangan yang besar terhadap hasil belajar siswa. Terkait hasil penelitian tersebut peneliti memberikan saran supaya pemberdayaan berpikir selama proses pembelajaran senantiasa dilakukan oleh guru melalui berbagai cara untuk memperoleh hasil belajar biologi siswa yang bagus dan menjadikan siswa pebelajar yang mandiri dan tangguh dalam memecahkan masalah. Sebaiknya guru menerapkan model PBL ini dalam pembelajaran di kelas untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis serta hasil belajar biologi siswa yang bagus. Selain itu dapat dijadikan alternatif model pembelajaran sehingga dapat memotivasi siswa untuk belajar. Bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian sejenis hendaknya melihat faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar seperti sikap kebiasaan minat motivasi dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60447

Actions (login required)

View Item View Item