Pengembangan perangkat pembelajaran materi ekosistem berbasis pendekatan inkuiri terbimbing untuk siswa kelas X IPA SMA Negeri 15 Kabupaten Bulukumba / Muhammad Mifta Fausan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran materi ekosistem berbasis pendekatan inkuiri terbimbing untuk siswa kelas X IPA SMA Negeri 15 Kabupaten Bulukumba / Muhammad Mifta Fausan

Fausan, Muhammad Mifta (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran materi ekosistem berbasis pendekatan inkuiri terbimbing untuk siswa kelas X IPA SMA Negeri 15 Kabupaten Bulukumba / Muhammad Mifta Fausan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fausan Muhammad Mifta. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Ekosistem Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 15 Kabupaten Bulukumba. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. agr. H. Mohamad Amin S.Pd M.Si. (II) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. Kata Kunci pengembangan perangkat pembelajaran ekosistem inkuiri terbimbing 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Abad 21 ini menuntut adanya paradigma baru dalam proses pembelajaran. Paradigma tersebut salah satunya adalah perubahan pola pembelajaran dari teacher centered ke pembelajaran student centered. Namun pada kenyataannya masih dijumpai kekurangtepatan guru dalam mempersepsikan Biologi sehingga merupakan salah satu penyebab permasalahan pembelajaran Biologi. Guru cenderung mempersepsikan Biologi terbatas pada aspek produk saja. Padahal Biologi pada hakikatnya terdiri dari aspek produk dan aspek proses yang tidak dapat terpisahkan. 12288 12288 12288 12288 Aspek produk Biologi terdiri dari fakta konsep dan prinsip. Aspek proses Biologi adalah keterampilan proses yang diperlukan siswa untuk berpikir dan bertindak di dalam kehidupan sehari-hari. Fenomena tersebut terjadi di SMA Negeri 15 Kabupaten Bulukumba di mana aspek produk mendominasi dalam kegiatan pembelajaran Biologi di kelas. Salah satu solusi untuk permasalahan tersebut adalah melakukan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan inkuiri terbimbing. Pendekatan inkuiri terbimbing dipilih karena mampu memfasilitasi siswa menguasai aspek produk dan proses Biologi karena sintaks inkuiri terbimbing dikembangkan berdasarkan langkah metode ilmiah. Langkah metode ilmiah akan memfasilitasi siswa menginvestigasi proses sebagaimana ilmuwan menemukan ilmu sehingga inkuiri terbimbing berpotensi memberdayakan aspek proses siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran materi ekosistem berbasis pendekatan inkuiri terbimbing yang valid efektif dan praktis untuk siswa kelas X IPA SMA Negeri 15 Kabupaten Bulukumba. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari silabus RPP instrumen penilaian dan modul pembelajaran ekosistem. Model pengembangan yang digunakan yaitu mengadaptasi model pengembangan Borg and Gall (1983) yang terdiri dari tahap (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) uji coba terbatas dan revisi produk serta (5) uji coba utama dan revisi produk. 12288 12288 12288 12288 Hasil uji coba terbatas perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan menunjukkan rata-rata persentase penilaian oleh ahli perangkat pembelajaran sebesar 85% (valid) ahli desain pembelajaran sebesar 89% (sangat valid) ahli materi sebesar 94% (sangat valid) dan guru mata pelajaran Biologi sebesar 93% (sangat valid). Hasil uji coba keterbacaan kelompok kecil terhadap modul pembelajaran oleh siswa memiliki rata-rata persentase penilaian sebesar 92% (sangat valid). Secara keseluruhan data tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ekosistem layak diimplementasikan dalam uji coba utama. 12288 12288 12288 12288 Hasil uji coba utama yang dilaksanakan pada kelas X IPA menunjukkan rata-rata persentase hasil belajar afektif siswa sebesar 92% (sangat efektif) hasil belajar psikomotor siswa sebesar 85% (efektif) hasil belajar kognitif siswa sebesar 79% (efektif) atau hasil gain score sebesar 0 7 (sedang) dan respon siswa sebesar 85% (positif). Rata-rata nilai pretest dan postest siswa pada materi ekosistem mengalami peningkatan setelah diterapkannya perangkat pembelajaran materi ekosistem berbasis pendekatan inkuiri terbimbing. Berdasarkan hasil persentase data tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ekosistem yang telah dikembangkan telah efektif penerapannya dalam pembelajaran di kelas. Hasil uji coba utama juga telah menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ekosistem yang dikembangkan telah praktis penggunaannya dalam pembelajaran di kelas hal ini berdasarkan rata-rata persentase kepraktisan sebesar 83% (praktis). 12288 12288 12288 12288 Saran diseminasi yang diusulkan dalam penelitian pengembangan perangkat pembelajaran ini yaitu (1) perlu dimuat pada website Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bulukumba (2) perlu dilaksanakan sosialisasi pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran Biologi di Kabupaten Bulukumba (3) perlu diadakan seminar skala regional atau nasional tentang pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan inkuiri terbimbing serta (4) perlu suatu lembaga penerbit untuk mencetak dan menggandakan produk yang telah dikembangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60445

Actions (login required)

View Item View Item