Pengembangan perangkat pembelajaran pencemaran lingkungan berpendekatan saintifik menggunakan model sains teknologi masyarakat untuk memberdayakan sikap peduli lingkungan, hasil belajar kognitif, dan keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 1 Pemangkat / Nurul

Asikin, Nurul (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran pencemaran lingkungan berpendekatan saintifik menggunakan model sains teknologi masyarakat untuk memberdayakan sikap peduli lingkungan, hasil belajar kognitif, dan keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 1 Pemangkat / Nurul. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Asikin, Nurul. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pencemaran Lingkungan Berpendekatan Saintifik Menggunakan Model Sains Teknologi Masyarakat Untuk Memberdayakan Sikap Peduli Lingkungan, Hasil Belajar Kognitif, dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pemangkat. Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al Muhdhar, MS, (2) Dr. H. Istamar Syamsuri, M.Pd Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, pencemaran lingkungan, pendekatan saintifik, Sains Teknologi Masyarakat (STM) &#12288;&#12288;&#12288;&#12288;Kualitas pendidikan di Indonesia masih tergolong rendah. Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia akan berdampak pada rendahnya kualitas sumber daya manusia. Untuk itu diperlukan suatu perubahan secara sistemik dalam dalam pendidikan khususnya kurikulum untuk menghadapi tantangan dimasa depan terutama perkembangan pengetahuan abad 21. Hal ini diwujudkan dengan perubahan kurikulum, dari KTSP menjadi Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik (scientific approach) dalam proses pembelajaran untuk semua mata pelajaran termasuk mata pelajaran Biologi. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru Biologi di SMA Negeri 1 Pemangkat diketahui bahwa pembelajaran dengan pendekatan saintifik khususnya mata pelajaran Biologi masih sangat kurang, karena belum menerapkan Kurikulum 2013. Untuk itu diperlukan peran guru yang mampu menyusun perangkat pembelajaran yang berorientasi pada pendekatan saintifik. &#12288;&#12288;&#12288;&#12288;Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk pe-rangkat pembelajaran pencemaran lingkungan berpendekatan saintifik (scientific approach) dengan model STM untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Pemangkat berupa silabus, RPP, bahan ajar berupa LKS, dan instrumen penilaian. Prosedur pengembangan mengadaptasi model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh tahapan, akan tetapi dalam penelitian ini dibatasi hanya pada tahap kelima yaitu uji coba utama (main field testing) dan revisi produk. &#12288;&#12288;&#12288;&#12288;Hasil analisis data skor penilaian perangkat pembelajaran oleh ahli materi, ahli desain pembelajaran dan praktisi pelaksana pembelajaran di lapangan menunjukkan skor persentase penilaian <p> di atas 85% untuk silabus, RPP, LKS, dan instrumen penilaian. Hasil tersebut menunjukkan bahwa seluruh perangkat pembelajaran berkategori sangat baik dan tidak perlu direvisi. Uji keterbacaan kelompok kecil menunjukkan bahwa LKS pencemaran lingkungan memperoleh persentase penilaian <p> sebesar 82,39% sehingga LKS berkategori baik. Hasil uji coba terbatas tersebut menunjukkan bahwa seluruh perangkat pembelajaran dapat dikategorikan layak sehingga dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Ujicoba utama menunjukkan bahwa hasil gain score <g> berkisar antara 0,5 ÔÇô 0,6 yang berarti perangkat pembelajaran memiliki tingkat keefektifan sedang atau cukup efektif diterapkan dalam pembelajaran. Hasil pretest dan posttest menunjukkan bahwa rata-rata capaian hasil belajar siswa berdasarkan tes meningkat dengan diterapkannya perangkat pembelajaran berpendekatan saintifik mengguna-kan model STM. &#12288;&#12288;&#12288;&#12288;Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan, beberapa saran pemanfaatan yang dapat disampaikan antara lain: (1) penggunaan RPP dan LKS hendaknya memperhatikan dan mempelajari komponen RPP dan LKS; (2) pelaksanaan pembelajaran dengan RPP yang dikembangkan hendaknya menyesuaikan dengan materi yang dipelajari, karakteristik siswa, serta ketersediaan sarana pendukung; (3) LKS yang akan digunakan, hendaknya memperhatikan dengan baik petunjuk penggunaan dan pelaksanaan pembelajaran; (4) instrumen penilaian yang akan digunakan hendaknya memperhatikan dengan cermat deskripsi tugas, aspek-aspek yang dinilai, tolak ukur penilaian, serta skala penilaian pada rubrik; (5) silabus, RPP, LKS, dan instrumen penilaian saling terkait dalam mendukung kegiatan pembelajaran yang hendaknya digunakan secara terintegrasi. &#12288;&#12288;&#12288;&#12288;Saran pengembangan lebih lanjut yang dapat disampaikan antara lain: (1) diperlukan analisis kebutuhan yang lebih mendalam; (2) pengembangan perangkat pembelajaran perlu mempertimbangkan penggunaan model pembelajaran yang lain. Saran diseminasi perangkat pembelajaran yang dapat diberikan antara lain: (1) pengembangan dapat dilaksanakan sampai pada tahap uji coba operasional (operational field testing) serta diseminasi dan implementasi; (2) perlu dilaksanakan sosialisasi terutama pada skala kecil maupun skala regional bahkan nasional tentang pengembangan perangkat pembelajaran dengan mengintegrasikan aspek-aspek pendekatan saintifik; (3) perlunya pengenalan pada forum atau diskusi ilmiah; (4) perlunya naskah diterbitkan melalui suatu lembaga penerbit; serta (5) produk hasil pengembangan perlu dimuat pada fasilitas e-book atau e-learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60443

Actions (login required)

View Item View Item