Kusumawati, Siska Nur (2014) Pengaruh pembelajaran berbasis otak melalui learning cycle terhadap kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan hasil belajar biologi siswa SMK Kota Malang / Siska Nur Kusumawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kusumawati Siska Nur. 2014. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Otak melalui Learning Cycle terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMK Kota Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al-Muhdar M.S. (II) Dr. Murni Saptasari M.Si. Kata kunci pembelajaran berbasis otak melalui learning cycle kemampuan berpikir kritis kemampuan berpikir kreatif hasil belajar biologi. Pembelajaran yang terjadi di SMK belum mengajarkan keterkaitan antara konsep yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari serta optimalisasi kemampuan siswa untuk menyusun struktur pelajaran supaya tidak tergantung pada memori hafalan. Penelitian pengaruh pembelajaran berbasis otak melalui learning cycle dilakukan untuk mengetahui 1) pengaruh pembelajaran berbasis otak melalui learning cycle terhadap kemampuan berpikir kritis 2) pengaruh pembelajaran berbasis otak melalui learning cycle terhadap kemampuan berpikir kreatif 3) pengaruh pembelajaran berbasis otak melalui learning cycle terhadap hasil belajar biologi siswa SMK kota Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan Pretest-posttest Nonequivalent Control Group.Untuk mengetahui perbedaan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat desain pretes-postes non equivalent control group design dengan melibatkan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang menggunakan desain control group pre-test post-test. Hasil penelitian pengaruh pembelajaran berbasis otak melalui learning cycle terhadap kemampuan berpikir kritis adalah sebagai berikut 1) ada pengaruh pembelajaran berbasis otak melalui learning cycle terhadap kemampuan berpikir kritis. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa nilai signifikansi kemampuan berpikir kritis 0 00 0 01 yang menyatakan bahwa perlakuan pembelajaran berbasis otak melalui Learning Cycle berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa 2) ada pengaruh pembelajaran berbasis otak melalui learning cycle terhadap kemampuan berpikir kreatif. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa hasil t-test kelas eksperimen menunjukkan nilai mean 90 89 yang memiliki kecenderungan lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 74 15 terbukti pembelajaran berbasis otak melalui learning cycle berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif 3) ada pengaruh pembelajaran berbasis otak melalui learning cycle terhadap hasil belajar biologi. Hasil uji lanjut juga menunjukkan bahwa nilai signifikansi hasil belajar kognitif 0 00 0 01 yang menyatakan bahwa perlakuan pembelajaran berbasis otak melalui learning cycle berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Beberapa saran terkait dengan hasil penelitian antara lain 1) agar pembelajaran lebih menyenangkan perlu penerapan pembelajaran bersifat inovatif 2) penelitian pembelajaran berbasis otak dapat dilakukan dengan model pembelajaran selain learning cycle yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir dan dapat mendorong siswa menguasai kompetensi yang ingin dicapai
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60442 |
Actions (login required)
View Item |