Adhani, Aidil (2014) Pengaruh strategi pembelajaran reciprocal teaching dan kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir kritis, aktivitas lisan, dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas XI semester genap di SMA Kabupaten Takalar / Aidil Adhani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Adhani Aidil. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Kemampuan Akademik Berbeda terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Aktivitas Lisan dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas XI Semester Genap di SMA Kabupaten Takalar. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. A.D. Corebima M.Pd. (2) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. Kata Kunci reciprocal teaching kemampuan akademik keterampilan berpikir kritis aktivitas lisan dan hasil belajar kognitif. 12288 12288 12288 12288 Fakta bahwa mutu pendidikan di Indonesia masih berada pada kategori rendah ditunjukkan oleh keterampilan berpikir kritis yang masih rendah pada proses pembelajaran. Rendahnya aktivitas lisan dan hasil belajar kognitif pun menjadi permasalahan yang perlu mendapatkan perhatian. Perbedaan kemampuan akademik siswa merupakan salah satu faktor yang dapat berpengaruh terhadap perolehan hasil belajar siswa. Siswa yang berkemampuan akademik bawah bisa diberdayakan untuk meningkatkan kemampuan akademiknya menjadi sedang atau bahkan berkemampuan akademik atas. Perubahan dalam sistem pembelajaran saat ini sangat diperlukan. Diperlukan suatu strategi pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memberdayakan keterampilan berpikir kritis aktivitas lisan siswa dan meningkatkan hasil belajar kognitif. Penggunaan strategi Reciprocal Teaching akan menjadi kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan aktivitasnya khususnya aktivitas lisan sehingga hasil belajar kognitifnya akan meningkat sebab dalam penerapan model Reciprocal Teaching siswa dapat menyalurkan kemampuan berpikir yang ada pada dirinya. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis strategi Reciprocal Teaching terhadap keterampilan berpikir kritis aktivitas lisan dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas XI SMA di Kabupaten Takalar (2) mengetahui pengaruh kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir kritis aktivitas lisan dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas XI SMA di Kabupaten Takalar dan (3) mengetahui pengaruh interaksi antara pembelajaran (strategi Reciprocal Teaching) dan kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir kritis aktivitas lisan dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas XI SMA di Kabupaten Takalar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian ekperimen semu pretest-posttest pola faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah SMA di kabupaten Takalar. Sampel penelitian yakni siswaa SMA kelas XI semester genap tahun ajaran 2013/2014. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi Reciprocal Teaching dan konvensional sedangkan kemampuan akademik yang terdiri dari kemampuan akademik atas dan bawah sebagai variabel moderator. Variabel terikatnya adalah keterampilan berpikir kritis aktivitas lisan dan hasil belajar kognitif siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes keterampilan berpikir kritis terintegrasi dengan hasil belajar kognitif dan lembar observasi aktivitas lisan. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan anakova. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) strategi pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis aktivitas lisan dan hasil belajar kognitif siswa. Strategi pembelajaran Reciprocal Teaching berpotensi meningkatkan keterampilan berpikir kritis aktivitas lisan dan hasil belajar kognitif siswa dibandingkan dengan strategi konvensional (2) kemampuan akademik berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis aktivitas lisan dan hasil belajar kognitif siswa. Siswa berkemampuan akademik bawah memiliki persentase perubahan nilai keterampilan berpikir kritis dan aktivitas lisan lebih tinggi dibanding dengan siswa berkemampuan akademik atas sebaliknya pada nilai hasil belajar kognitif dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan akademik tidak berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis aktivitas lisan dan hasil belajar kognitif siswa. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian pembahasan dan kesimpulan disarankan (1) Siswa diharapkan dapat lebih memberdayakan kemampuan berpikir kritis aktivitas lisan dan meningkatkan hasil belajar kognitifnya melalui penerapan strategi Reciprocal Teaching dalam proses pembelajaran (2) Secara praktis guru perlu mencoba dan menerapkan strategi Reciprocal Teaching dalam pembelajaran (3)Sekolah strategi pembelajaran Reciprocal Teaching dapat memperbaiki kualitas pembelajaran biologi di SMA sehingga dapat memberdayakan potensi berpikir siswa terutama keterampilan berpikir kritis aktivitas lisan dan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan (4) Penelitian lanjutan kefektifan strategi Reciprocal Teaching perlu dikaji lebih lanjut dengan penelitian lain yang menerapkan strategi pembelajaran yang tujuannya untuk memberdayakan keterampilan berpikir dan aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60441 |
Actions (login required)
View Item |