Sahubauwa, Laila (2014) Pengaruh strategi pembelajaran cooperative script dan kemampuan akademik siswa terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep biologi kelas XI SMA di Kabupaten Maluku Tengah / Laila Sahubauwa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sahubauwa Laila. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Cooperative Script dan Kemampuan Akademik Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Biologi SMA Kelas XI SMA di Kabupaten Maluku Tengah. Tesis. Jurusan Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Aloysius Duran Corebima M.Pd. (2) Dr. H. Abdul Gofur M.Si. Keywords Strategi Cooperative Script Kemampuan Akademik Kemampuan Berpikir Kritis Pemahaman Konsep. 12288 12288 12288 12288 Tujuan pembelajaran biologi dalam menghadapi tuntutan abad 21 adalah mengembangkan kemampuan berpikir analitis induktif dan deduktif yang merupakan kemampuan berpikir kritis serta mengembangkan penguasaan konsep dan prinsip biologi. Namun kenyataan yang terjadi di lapangan berdasarkan hasil observasi diperoleh bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru dan belum memberdayakan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu aspek yang penting dalam penguasaan konsep karena pengetahuan konseptual merupakan hasil dari suatu proses konstruktif dan kemampuan bernalar yang merupakan ketrampilan berpikir kritis. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan strategi pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik yaitu strategi Cooperative Script . 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh strategi pembelajaran Cooperative Script dan kemampuan akademik siswa terhadap kemampuan berpikir Kritis dan pemahaman konsep biologi kelas XI SMA di Kabupaten Maluku Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu atau quasi experiment dengan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Sampel penelitian adalah Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 dan SMAN 3 Salahutu Kabupaten Maluku Tengah yang berjumlah 82 siswa. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan Anakova dan dilanjutkan dengan uji LSD. Konsistensi keterlaksanaan sintaks pembelajaran dilakukan dengan analisis regresi. Seluruh analisis data dilakukan dengan program SPSS 21.0 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa. Rata-rata skor terkoreksi (mean) pada strategi CS dan kemampuan akademik tinggi sebesar 83 173 untuk kemampuan berpikir kritis dan 89 373 untuk pamahaman konsep. Hasil ini berbeda nyata dengan kombinasi konvensional dan kemampuan akademik rendah konvensional dan kemampuan akademik tinggi serta kombinasi CS dan kemampuan akademik rendah. Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti menyarankan kepada guru biologi untuk menerapkan strategi pembelajaran Cooperative Script (CS) dalam pembelajaran karena strategi CS terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan pemahaman konsep siswa serta membantu mengembangkan kemampuan berpikir dan pemahaman konsep peserta didik berkemampuan akademik rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60438 |
Actions (login required)
View Item |