Pengaruh pembelajaran kooperatif Teams Games Tournaments dengan pendekatan inkuiri terbimbing berbantuan modul belajar terhadap keterampilan proses sains, dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Neneng Agustiningsih

Agustiningsih, Neneng (2014) Pengaruh pembelajaran kooperatif Teams Games Tournaments dengan pendekatan inkuiri terbimbing berbantuan modul belajar terhadap keterampilan proses sains, dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Neneng Agustiningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Neneng Agustiningsih, 2014. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Berbantuan Modul Belajar Terhadap Keterampilan Proses Sains, dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr.agr. Moh. Amin, M.Si., (2) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati, M.S. Kata kunci : Teams Games Tournament, Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar &#12288;&#12288;&#12288;&#12288;Proses pembelajaran yang tengah diterapkan merupakan pembelajaran berbasis kompetensi dan karakter yang berimplikasi pada perolehan belajar peserta didik yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotor, serta menguasai keterampilan hidup (life skills), salah satunya adalah keterampilan kerja ilmiah (academic skills). Biologi sebagai bagian dari sains terdiri dari tiga aspek yang tidak terpisahkan yaitu proses, produk, dan sikap. Pembelajaran sains di tingkat sekolah dasar dan menengah cenderung menekankan pada aspek produk, kurang berorientsi pada proses sains. Peserta didik pada aspek proses kurang mendapatkan porsi yang cukup, hasil belajar hanya pada aspek kognitif, serta variasi kegiatan pengajaran sains kurang, yang menyebabkan proses pembelajaran menjenuhkan. Permasalahan tersebut perlu diatasi, salah satunya melalui pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dengan pendekatan Inkuiri Terbimbing berbantuan modul belajar. Pendekatan inkuiri terbimbing dan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament diyakini dapat mengembangkan keterampilan proses sains dengan memberikan kesempatan berpikir, dan mengembangkan hasil belajar melalui pemahaman konsep peserta didik dari pengalaman belajar. Tingginya aktivitas dan peran serta peserta didik dalam pembelajaran ini sangat mendukung untuk memberdayakan keterampilan proses sains, dan hasil belajar peserta didik. &#12288;&#12288;&#12288;&#12288;Tujuan penelitian ini ialah: 1) menjelaskan pengaruh pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dengan pendekatan Inkuiri Terbimbing berbantuan modul belajar terhadap keterampilan proses sains, 2) menjelaskan pengaruh pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dengan pendekatan Inkuiri Terbimbing berbantuan modul belajar terhadap hasil belajar. &#12288;&#12288;&#12288;&#12288;Rancangan penelitian yang digunakan ialah kuasi eksperimen dengan Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas adalah pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dengan pendekatan Inkuiri Terbimbing berbantuan modul belajar. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan proses sains, dan hasil belajar peserta didik, meliputi ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif. Populasi penelitian ialah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Laboratorium UM. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII C sebagai kelas perlakuan, dan VIII B sebagai kelas kontrol. Keterampilan proses sains diukur menggunakan tes uraian, dan hasil belajar ranah kognitif diukur menggunakan tes pilihan ganda dan uraian, ranah psikomotorik diukur menggunakan lembar pengamatan, dan rubrik pengamatan psikomotorik, ranah afektif menggunakan lembar pengamatan sikap, dan rubrik pengamatan sikap, serta angket skala sikap. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Data diambil pada saat pretes, postes. Uji hipotesis menggunakan anakova dengan taraf signifikansi 0,05 (P < 0,05). Sebelum uji anakova, dilakukan uji normalitas data dengan uji kormogolov-smirnov dan uji homogenitas data dengan Levene tes. &#12288;&#12288;&#12288;&#12288;Hasil penelitian menunjukkan: 1) pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dengan pendekatan Inkuiri Terbimbing berbantuan modul belajar berpengaruh terhadap keterampilan proses sains, dan 2) pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dengan pendekatan Inkuiri Terbimbing berbantuan modul belajar berpengaruh terhadap hasil belajar. Melihat potensi dari pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dengan pendekatan Inkuiri Terbimbing berbantuan modul belajar disarankan agar dapat diaplikasikan dalam pembelajaran kurikulum 2013, selain memberdayakan keterampilan proses sains, serta hasil belajar pada ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif, juga berpeluang untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, dan motivasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60435

Actions (login required)

View Item View Item