Wicaksono, Azizul Ghofar Candra (2014) Hubungan keterampilan metakognitif dan berpikir kritis terhadap hasil belajar kognitif siswa SMA pada pembelajaran biologi dengan strategi reciprocal teaching di Kabupaten Malang / Azizul Ghofar Candra Wicaksono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wicaksono Azizul Ghofar Candra. 2014. Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi dengan Strategi Reciprocal Teaching di Kabupaten Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. A.D. Corebima M.Pd. (2) Prof. Dr. Siti Zubaidah M.Pd. Kata Kunci hasil belajar kognitif keterampilan metakognitif berpikir kritis reciprocal teaching. Pencapaian hasil belajar siswa dalam suatu pembelajaran dapat berbeda satu sama lain. Hal ini dikarenakan ada beberapa variabel yang mampu mempengaruhi hasil belajar siswa terutama dalam aspek kognitif yaitu keterampilan metakognitif dan berpikir kritis. Beberapa penelitian mengenai bagaimana keterkaitan antara keterampilan metakognitif berpikir kritis dan hasil belajar kognitif telah banyak dilakukan sebelumnya hanya saja terbatas pada hubungan tunggal antara keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif atau berpikir kritis dan hasil belajar kognitif padahal pengkajian hubungan antar variabel tersebut akan lebih memberikan banyak informasi jika dianalisis secara bersama-sama. Disamping itu pengkajian hubungan antara keterampilan metakognitif berpikir kritis dan hasil belajar kognitif akan lebih baik jika dilakukan di dalam strategi pembelajaran tertentu misalnya dalam strategi reciprocal teaching karena strategi ini mampu memberdayakan keterampilan metakognitif dan berpikir kritis sehingga variabel yang akan dianalisis dapat terukur dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan metakognitif dan berpikir kritis terhadap hasil belajar kognitif dalam strategi pembelajaran reciprocal teaching serta sumbangan keterampilan metakognitif dan berpikir kritis dalam menjelaskan hasil belajar kognitif. Penelitian ini menggunakan rancangan deskripsi-korelasional dimana keterampilan metakognitif dan berpikir kritis sebagai prediktor dan hasil belajar kognitif sebagai kriterium. Subyek penelitiaan ialah siswa kelas XI IPA 1 di SMAN 1 Lawang dan kelas XI IPA SMA PGRI Lawang. Pengumpulan data menggunakan tes yang diukur dengan rubrik untuk keterampilan metakognitif dan berpikir kritis sedangkan hasil belajar kognitif diukur dengan nonrubrik. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada hubungan antara keterampilan metakognitif dan berpikir kritis terhadap hasil belajar kognitif dalam strategi reciprocal teaching dengan nilai R 0 853 (p 0 05) dan 2) keterampilan metakognitif memberikan sumbangan sebesar 30 70% dan berpikir kritis memberikan sumbangan sebesar 41 99% terhadap hasil belajar kognitif dlam strategi reciprocal teaching. berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi para pendidik untuk memperhatikan keterampilan metakognitif dan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran karena peningkatan keterampilan metakognitif dan berpikir kritis juga bedampak pada peningkatan hasil belajar kognitif siswa serta disarankan pula untuk mencoba menerapkan strategi reciprocal teaching karena berpotensi untuk memberdayakan keterampilan metakognitif dan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60434 |
Actions (login required)
View Item |