Analisis kesiapan dalam implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran biologi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Malang / Zulfa Ulfiyatul Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesiapan dalam implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran biologi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Malang / Zulfa Ulfiyatul Azizah

Azizah, Zulfa Ulfiyatul (2014) Analisis kesiapan dalam implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran biologi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Malang / Zulfa Ulfiyatul Azizah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Azizah Zulfa Ulfiyatul. 2014. Analisis Kesiapan dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Biologi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. agr. Moh. Amin S. Pd M.Si. (II) Dr. H. Istamar Syamsuri M. Pd. Kata Kunci kesiapan implementasi Kurikulum 2013. 12288 12288 12288 12288 Pendidikan merupakan hal penting bagi suatu bangsa untuk mencapai suatu perkembangan dan kemajuan. Kurikulum merupakan jantungnya dunia pendidikan. Kurikulum di masa depan perlu dirancang dan disempurnakan untuk meningkatkan mutu pendidikan secara nasional dan meningkatkan mutu sumber daya manusia Indonesia. Kurikulum 2013 merupakan penyempurnaan dari kurikulum-kurikulum sebelumnya (termasuk KTSP 2006) yang diharapkan dapat memajukan pendidikan di Indonesia. Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas (SMA) kota Malang khususnya sekolah yang menjadi pilot project Kurikulum 2013 masih belum banyak diketahui. Kota Malang merupakan salah satu kota terbesar di Jawa Timur dimana di Malang banyak perguruan tinggi dan sekolah-sekolah favorit sehingga daya dukung untuk masalah pendidikan di kota Malang sangat bagus. Apabila implementasi Kurikulum 2013 di SMA kota Malang sudah dapat diketahui terlaksana dengan baik maka sekolah-sekolah tersebut dapat menjadi contoh bagi sekolah lain untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif eksploratif yang melihat dan mendeskripsikan sebuah fenomena yang ada. Penelitian ini dirancang dengan tujuan untuk menganalisis kesiapan implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Malang. Sampel dalam penelitian ini adalah Sekolah Menengah Atas (SMA) di kota Malang yang menjadi pilot project Kurikulum 2013 meliputi SMAN 1 Malang SMAN 3 Malang SMAN 4 Malang SMAN 5 Malang SMAN 8 Malang dan SMAK Kolese Santo Yusup Malang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan studi dokumentasi wawancara observasi dan penyebaran angket. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Malang yang menjadi pilot project Kurikulum 2013 telah siap untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013 (termasuk implementasinya pada mata pelajaran Biologi) karena sekolah-sekolah tersebut telah melaksanakan kurikulum sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan yang telah ditetapkan khususnya sesuai dengan 4 SNP yang meliputi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Standar Isi Standar Proses dan Standar Penilaian. Oleh karena Kurikulum 2013 ini masih relatif baru maka seluruh pihak yang berperan sebagai pelaksana kurikulum di sekolah membutuhkan adanya pelatihan dan pendampingan terkait implementasi Kurikulum 2013 di sekolah. 12288 12288 12288 12288 Kesiapan implementasi Kurikulum 2013 dalam segi pemahaman terhadap ide kurikulum sudah baik. Berdasarkan hasil wawancara kepada Kepala Sekolah dan pendidik semuanya sudah mendapat sosialisasi Kurikulum 2013. Sosialisasi Kurikulum 2013 ini harus terus dilaksanakan sampai sekolah sudah benar-benar mampu mengimplemntasikannya pada jenjang kelas XI dan XII. Harapan yang besar dari para pelaksana dan pengawas kurikulum di lapangan adalah pemerintah sudah menyelesaikan segala peraturan baik itu Peraturan Menteri (Permen) maupun peraturan-peraturan pemerintah yang lain terkait Kurikulum 2013 agar peraturan tersebut tidak bersamaan datangnya dengan ketentuan untuk diimplementasikannya Kurikulum 2013. 12288 12288 12288 12288 Kesiapan implementasi Kurikulum 2013 dalam segi pengembangan dokumen Kurikulum 2013 sudah baik karena pendidik mampu mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) beserta penilaiannya dengan baik. Silabus tidak dibuat oleh pendidik karena mereka menggunakan silabus dari Direktorat Puskur. Pendidik masih tetap membutuhkan adanya pembinaan terkait pembuatan perangkat pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dan angket pendidik masih relatif bingung dengan cara pengembangan dokumen RPP beserta penilaiannya terutama kesulitan dalam mengembangan rubrik-rubrik penilaian terutama untuk penilaian sikap spiritual dan sikap sosial. 12288 12288 12288 12288 Kesiapan implementasi Kurikulum 2013 dalam segi pelaksanaan pembelajaran Biologi sudah cukup baik karena proses pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik sudah menggunakan pendekatan scientific. Peserta didik difasilitasi untuk mengamati segala permasalahan atau fenomena yang ditampilkan kemudian difasilitasi untuk bertanya mengasosiasi informasi atau pengetahuan yang diperoleh menyimpulkan informasi dan mengkomunikasikan informasi yang diperoleh. Proses pembelajaran Biologi sudah menekankan pada proses dan student-centered. Peserta didik perlu untuk lebih memahami hakikat belajar Biologi karena beberapa peserta didik masih mengungkapkan kesulitan dalam belajar Biologi. Pendidik masih perlu adanya pendampingan dalam melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013. RPP yang dibuat pendidik sudah diperiksa oleh Kepala Sekolah dan RPP tersebut dibuat secara mandiri dan hasil dari diskusi MGMP sekolah dan kota. 12288 12288 12288 12288 Pelajaran berharga yang dapat dipelajari pada Analisis Kesiapan Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Biologi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Malang adalah esensi Kurikulum 2013 yang baik ini akan sangat diharapkan dapat dilaksanakan di sekolah-sekolah dengan baik pula sehingga akan menghasilkan masa depan anak bangsa yang cerah yang berimplikasi pada kemajuan bangsa dan negara. Seorang pendidik harus memiliki integritas dan dedikasi yang tinggi terkait tugas-tugas pokok yang harus dijalankan. Pendidik harus memiliki mind set untuk selalu berbenah dan memperbaiki diri. Sekolah juga harus terbudaya untuk selalu mengikuti perubahan sehingga mudah dalam menerima Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60432

Actions (login required)

View Item View Item