Peran guru dalam pembentukan karakter peserta didik di SDN Pulungdowo 2 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang / Rizky Rahmalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran guru dalam pembentukan karakter peserta didik di SDN Pulungdowo 2 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang / Rizky Rahmalia

Rahmalia, Rizky (2015) Peran guru dalam pembentukan karakter peserta didik di SDN Pulungdowo 2 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang / Rizky Rahmalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmalia Rizky. 2015. Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SDN Pulungdowo 2 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Skripsi Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Imam Nawawi M.Si (II) Drs. M. Imron Rosyadi. H.SY S.Pd. M.Pd. Kata Kunci peran guru pembentukan karakter peserta didik Seiring dengan perhatian pemerintah terhadap pendidikan karakter nampaknya ada beban besar yang harus dipikul oleh guru sebagai pelaksana pendidikan di sekolah. Hal ini tidaklah mudah mengingat masalah yang dihadapi dalam pembentukan karakter siswa juga cukup rumit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peran guru dalam pembentukan karakter peserta didik (2) kendala-kendala yang dihadapi guru dalam upaya pembentukan karakter peserta didik dan (3) upaya yang guru lakukan dalam menanggulangi kendala yang dihadapi dalam membentuk karakter peserta didik di SDN Pulungdowo 2 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan kepala sekolah guru kelas I-VI guru agama guru olahraga dan siswa sebagai subyek penelitiannya. Hasil penelitian ini yaitu (1) guru tidak hanya memiliki peranan untuk mentransfer ilmu saja melainkan juga berperan dalam mengajarkan nilai-nilai yang baik untuk membentuk pribadi siswa menjadi manusia seutuhnya (2) kendala-kendala yang dihadapi guru dalam upaya pembentukan karakter peserta didik di SDN Pulungdowo 2 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang yaitu kemampuan siswa dalam menyerap apa yang diajarkan oleh guru di sekolah mau tidaknya siswa untuk menerapkan nilai-nilai yang sudah diajarkan di sekolah dan lingkungan yang kurang mendukung (3) upaya yang guru lakukan dalam menanggulangi kendala yang dihadapi dalam membentuk karakter peserta didik yaitu menjalin komunikasi dengan orang tua untuk membicarakan perilaku siswa yang agak menyimpang sharing dengan wali murid mengenai kesulitan yang dialami oleh siswa. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa guru memiliki peran sebagai fasiliator motivator pemacu inspirator dan evaluator. Kendala yang dihadapai guru dalam pembentukan karakter siswa dapat digolongkan ke dalam dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala tersebut salah satunya yaitu dengan menjalin komunikasi dengan orang tua siswa berkaitan dengan tumbuh kembang siswa di sekolah. Saran yang dapat peneliti ajukan antara lain yaitu hendaknya sekolah berupaya untuk menyediakan fasilitas atau sarana dan prasarana yang mendukung bagi kegiatan belajar mengajar dan perlu meningkatkan program sekolah yang berbasis karakter baik bersifat intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6043

Actions (login required)

View Item View Item