Nomleni, Fransina TH. (2014) Pengembangan e-book matakuliah ekologi dalam meningkatkan hasil belajar pada Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Kristen Artha Wacana Kupang / Fransina TH. Nomleni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Nomleni Fransina. 2014. Pengembangan E-book Matakuliah Ekologi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. Tesis Pendidikan Biologi Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Fatchur Rohman M.si. (2) Dr. Ibrohim M.Si. Kata Kunci pengembangan e-book matakuliah ekologi. Tujuan pengembangan ini menghasilan produk e-book matakuliah ekologi sebagai sumber belajar dalam penyampaian pesan pada pembelajaran matakuliah ekologi di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Kristen Artha Wacana Kupang dalam meningkatkan hasil belajar. Model pengembangan e-book matakuliah ekologi mengikuti model pengembangan Lee Owens (2004). Prosedur pengembangan ini terdiri atas lima tahap. E-book yang dikembangkan terdiri atas 2 bagian yaitu materi matakuliah ekologi dan petunjuk penggunaan. Langkah-langkah prosedur pengembangan yang dilakukan meliputi (1) Assesment/analisis yang terdiri dari dua bagian utama yaitu analisis kebutuhan dan analisis Front-end (2) Desain (3) pengembangan dan (4) Implementasi (5) Evaluasi. Hasil uji coba ahli materi matakuliah ekologi berada pada kategori sangat baik hasil uji coba ahli media pembelajaran berada dalam kategori baik. Hasil uji coba ahli desain pembelajaran berada dalam kategori sangat baik. Hasil uji coba perorangan terdapat kesalahan pengetikan pada e-book matakuliah ekologi kesalahan menggunakan tanda baca kesalahan penggunaan huruf kecil dan besar dan kesalahan pengetikan pada petunjuk penggunaan. Hasil uji coba lapangan penilaian mahasiswa terhadap e-book matakuliah ekologi dan petunjuk penggunaan e-book dalam kategori sangat baik. Hasil pretes dan postes dari uji lapangan sebanyak 2 kali menunjukkan bahwa t-hitung (hasil observasi) lebih besar dari t-tabel sehingga dapat dikatakan bahwa e-book matakuliah ekologi efektif dalam meningkatkan hasil belajar berupa kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masasalah. Kelebihan-kelebihan dari produk ini adalah (1) Produk e-book matakuliah ekologi yang dikembangkan dapat digunakan sebagai sumber belajar dalam matakuliah ekologi untuk meningkatkan hasil belajar berupa kemampuan berpikir kirtis dan pemecahan masalah. (2) Produk e-book matakuliah ekologi dikembangkan berbasiskan komputer dimana hal ini didasarkan bahwa mahasiswa sebagai pengguna komputer cukup tinggi serta keadaan mahasiswa yang rata-rata telah memiliki komputer atau laptop. (3) Produk e-book matakuliah ekologi hasil pengembangan merupakan gabungan beberapa media (teks audio visual/gambar animasi/video) mampu menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan tidak membosankan sehingga memungkinan minat dan motivasi belajar mahasiswa meningkat. Saran yang diajukan (1) Tambahan software lain dalam agar produk selanjutnya yang akan dikembangkan lebih inovatif (2) Video pembelajaran disarankan dalam kegiatan pembelajaran lebih kreatif lagi (3) Untuk pengembang selanjutnya disarankan formatif sampai tahap evaluasi sumatif (4) Sebaiknya dari CD e-book langsung dikopi dalam laptop sehingga dalam mengoperasikannya laptop atau komputer tidak lambat proses penggunaannya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60426 |
Actions (login required)
View Item |