Penerapan strategi Project Based Learning (PjBL) berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku siswa menuju program sekolah adiwiyata di SMP Negeri 15 Kota Malang / Ferawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi Project Based Learning (PjBL) berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku siswa menuju program sekolah adiwiyata di SMP Negeri 15 Kota Malang / Ferawati

Ferawati (2014) Penerapan strategi Project Based Learning (PjBL) berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku siswa menuju program sekolah adiwiyata di SMP Negeri 15 Kota Malang / Ferawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ferawati. 2014. Penerapan Strategi Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Modul Pengelolaan Sampah Berbasis 6M Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sikap dan Perilaku Siswa Menuju Program Sekolah Adiwiyata Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S (II) Dr. Fatchur Rohman M.Si. Kata Kunci Project Based Learning (PjBL) modul pengelolaan sampah berbasis 6M pengetahuan sikap dan perilaku siswa. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi tentang kondisi pembelajaran pengelolaan sampah yang ada di SMP Negeri 15 Kota Malang diperoleh suatu fenomena bahwa masih kurangnya kesadaran warga sekolah akan kebersihan lingkungan dalam menuju sekolah Adiwiyata. Kegiatan pembelajaran tentang sampah yang dilakukan oleh guru selama ini hanya menggunakan metode ceramah sehingga kurang memunculkan pengetahuan sikap dan perilaku siswa tentang pengolahan sampah. Berdasarkan latar belakang inilah perlu kiranya metode mengajar dari teacher centered menjadi student centerd dan diperlukan peningkatan pengetahuan sikap dan perilaku siswa. Salah satu alternatif pemecahan masalah yaitu dengan menerapan strategi Project Based Learning (PjBL) berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M. Dipilihnya strategi Project Based Learning (PjBL) berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M karena menurut beberapa penelitian strategi pembelajaran ini dapat meningkatkan pengetahuan sikap dan perilaku siswa. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Pada setiap pertemuan dalam tahap pelaksanaan tindakan diterapkan strategi Project Based Learning (PjBL) berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi Project Based Learning (PjBL) berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M dapat meningkatkan pengetahuan sikap dan perilaku siswa. Penelitian dilaksanakan di kelas VIIF VIIG dan VIIH SMPN 15 Malang tahun pelajaran 2013/2014 dengan siswa 97 orang yang terdiri dari 55 siswa laki-laki dan 42 siswa perempuan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Modul Pengelolaan Sampah Berbasis 6M dapat meningkatkan pengetahuan sikap dan perilaku siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis dengan menggunakan gain score ternormalisasi siklus I diperoleh nilai pretest pengetahuan sebesar 86 17% tergolong sangat tinggi nilai postest pengetahuan sebesar 90 5% tergolong sangat tinggi. Nilai pretest sikap sebesar 78 97% tergolong tinggi nilai postes sikap sebesar 84 6% tergolong tinggi. Nilai pretes manifestasi perilaku sebesar 47 07% tergolong rendah nilai postes manifestasi perilaku sebesar 64 33% tergolong cukup. Gain score pada pengetahuan siswa Siklus I sebesar 0 4 tergolong sedang. Bila dibandingkan dengan peresentase ketuntasan klasikal siswa Siklus I sebesar 96 91%. Gain score pada sikap siswa sebesar 0 3 tergolong sedang. Gain score pada manifestasi prilaku siswa sebesar 0 4 tergolong sedang. Siklus II diperoleh nilai pretest pengetahuan sebesar 79 1% tergolong tinggi nilai postest pengetahuan sebesar 92 4% tergolong sangat tinggi. Nilai pretest sikap sebesar 82 2% tergolong tinggi nilai postes sikap sebesar 89 83% tergolong sangat tinggi. Nilai pretes manifestasi perilaku sebesar 73 77% tergolong tinggi nilai postes manifestasi perilaku sebesar 84 07% tergolong sangat tinggi. Gain score pada pengetahuan siswa Siklus II sebesar 0 6 tergolong sedang cenderung tinggi. Bila dibandingkan dengan peresentase ketuntasan klasikal siswa Siklus II sebesar 97 94%. Gain score pada sikap siswa sebesar 0 4 tergolong sedang. Gain score pada manifestasi perilaku siswa sebesar 0 4 tergolong sedang. Hasil analisis menunjukkan bahwa baik pengetahuan sikap dan perilaku peserta mengalami kenaikan setelah pembelajaran dengan strategi Project Based Learning (PjBL) berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M. Berdasarkan hasil penelitian analisis data dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi Project Based Learning (PjBL) berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M dapat meningkatkan pengetahuan sikap dan perilaku siswa menuju sekolah Adiwiyata di SMPN 15 Malang. Disarankan penerapan stategi Project Based Learning (PjBL) berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan pengetahuan sikap dan perilaku siswa menuju program sekolah Adiwiyata

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60425

Actions (login required)

View Item View Item