Safitri, Dini (2014) Pengembangan bahan ajar matakuliah bologi sel pada Program Studi Pendidikan Biologi di Universitas Nusantara PGRI Kediri / Dini Safitri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Safitri Dini. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Biologi Sel pada Program Studi Pendidikan Biologi di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurusan Biologi FMIPA UM. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah M.Pd. (II) Dr. H. Abdul Gofur M.Si. Kata kunci bahan ajar biologi sel buku ajar Fenomena perkembangan dan kemajuan IPTEK khususnya bidang Biologi dan perkembangan sistem informasi harus diantisipasi oleh lembaga pendidikan formal agar dapat memberikan informasi dan perkembangan yang aktual terhadap peserta didik. Perubahan dan perkembangan IPTEK menuntut kegiatan pengembangan bahan ajar secara sistematik dan konsisten di lembaga pendidikan tinggi salah satunya adalah Universitas Nusantara PGRI Kediri serta menuntut lulusan untuk kompeten dalam bidangnya. Calon pendidik harus menguasai konsep dan materi dalam bidang Biologi salah satunya adalah Biologi Sel. Permasalahan di UNP Kediri adalah kurang tersedia bahan ajar Biologi Sel yang berbahasa Indonesia. Hasil wawancara dosen pengampu matakuliah Biologi Sel didapatkan bahwa mahasiswa kesulitan untuk memahami isi materi Biologi Sel dari buku teks yang berbahasa Inggris. Oleh karena itu dilakukan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk (1) menghasilkan produk bahan ajar yang berupa buku ajar matakuliah biologi sel untuk mahasiswa program studi Pendidikan Biologi Universitas Nusantara PGRI Kediri serta (2) menghasilkan produk bahan ajar berupa buku ajar yang layak dan tervalidasi oleh ahli materi media dan bahasa serta tervalidasi oleh mahasiswa program studi pendidikan biologi. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan dkk. (1974) yang terdiri atas tahap define design develop dan disseminate. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan hingga tahap uji formatif dengan pertimbangan matakuliah Biologi Sel telah ditempuh pada semester gasal. Produk awal melewati tahap validasi oleh validator ahli materi ahli media dan ahli bahasa. Selanjutnya dilakukan tahap uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. Subjek uji coba terdiri atas satu orang validator ahli materi dari UNP validator media dari UM dan validator bahasa dari UM. Responden untuk uji perorangan terdiri atas 4 orang mahasiswa semester 4 UM dan 3 orang mahasiswa semester 4 UNP. Responden untuk uji coba kelompok kecil terdiri atas 12 orang mahasiswa UM dan 12 orang mahasiswa UNP. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain panduan wawancara dosen pengampu Biologi Sel lembar validasi ahli materi lembar validasi ahli media lembar validasi ahli bahasa angket penilaian keterbacaan dan angket respon mahasiswa. Hasil penilaian validator ahli materi ahli media dan ahli bahasa masing-masing sebesar 81 034% 83 333% dan 83 333%. Hasil penilaian tersebut menunjukkan kategori layak dengan predikat bagus. Hasil penilaian responden uji perorangan dan responden kelompok kecil masing-masing menunjukkan kategori layak. Hasil penilaian menunjukkan bahwa buku ajar telah layak dan siap digunakan dalam pembelajaran yang sesungguhnya. Tindakan revisi didasarkan pada hasil penilaian angket oleh validator dan responden. Revisi juga didasarkan atas masukan dan saran dari validator dan responden. Revisi meliputi aspek isi materi tata tulis desain sampul dan penambahan glosarium-indeks. Keunggulan buku ajar setelah melalu tindakan revisi yaitu desain yang mampu menumbuhkan motivasi mahasiswa untuk mempelajarinya memuat petunjuk penggunaan yang sistematis paparan materi ringkas jelas dan bahasa mudah untuk dipahami glosarium dan indeks membantu mahasiswa memahami istilah sulit panduan akses dan analisis jurnal internasional untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan dalam bidang Biologi Sel. Kelemahan buku ajar Biologi Sel yaitu belum dilengkapi dengan media animasi interaktif dan petunjuk praktikum dan belum diketahui efektifitasnya dalam meningkatkan proses dan hasil belajar mahasiswa. Beberapa saran yang dapat dikemukakan meliputi saran pemanfaatan pengembangan produk lebih lanjut dan saran diseminasi. Saran pemanfaatan yang dapat ditempuh yaitu (1) buku ajar dapat digunakan sebagai sumber belajar pendamping (2) memperhatikan petunjuk penggunaan sebelum memakai buku ajar (3) buku ajar dapat digunakan mahasiswa dalam pembelajaran mandiri dan (4) kolom refleksi diri dapat digunakan untuk mengusahakan perbaikan pembelajaran Biologi Sel. Saran pengembangan produk yang dapat dtempuh yaitu (1) komponen buku ajar dapat dilengkapi dengan materi Biologi Sel lain yang belum dikembangkan (2) dilengkapi dengan media animasi dan petunjuk praktikum (3) pengembangan buku ajar Biologi Sel selanjutnya disarankan memakai pendekatan molekuler dan dilengkapi ringkasan penelitian terkini. Saran diseminasi yang dapat ditempuh yaitu (1) perlu dilaksanakan uji sumatif dalam bentuk PTK atau quasi eksperimen untuk mengetahui efektivitas produk buku ajar (2) diseminasi dapat dilaksanakan pada pembelajaran Biologi Sel di lebih dari satu institusi dan melalui seminar nasional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60424 |
Actions (login required)
View Item |