Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X SMA laboratorium Universitas Negeri Malang / Ana Rokhmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X SMA laboratorium Universitas Negeri Malang / Ana Rokhmawati

Rokhmawati, Ana (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X SMA laboratorium Universitas Negeri Malang / Ana Rokhmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rokhmawati Ana. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mimien Henie Irawati M.S. (II) Dr. Murni Saptasari M.Si. Kata kunci perangkat pembelajaran biologi inkuiri berpikir kritis hasil belajar Pendidikan dapat dimaknai sebagai usaha untuk membantu siswa mengembangkan seluruh potensinya yang meliputi hati pikir rasa dan karsa serta raga untuk menghadapi abad 21. Kecakapan hidup abad 21 meliputi bagaimana siswa berpikir bertindak dan menjalani kehidupan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah 1) menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran biologi berbasis inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang 2) mengetahui tingkat keefektifan perangkat pembelajaran biologi berbasis inkuiri dalam penerapannya di kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D (four D model) yang dikembangkan oleh Thiagarajan Semmel and Semmel (1974) terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu pendefinisian (define) perancangan (design) pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop dengan melakukan uji coba produk perangkat pembelajaran pada sekolah uji coba. Hasil validasi perangkat pembelajaran oleh ahli desain pembelajaran dan pelaksana pembelajaran menunjukkan bahwa silabus RPP instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis memiliki kualifikasi sangat baik dan tidak perlu direvisi. Hasil validasi handout dan LKS oleh ahli materi dan pelaksana pembelajaran juga menunjukkan bahwa handout dan LKS memiliki kualifikasi sangat baik dan tidak perlu direvisi. Hasil analisis data pada tahap initial developmental testing di kelas XI terhadap handout dan LKS menunjukkan bahwa handout dan LKS yang dikembangkan termasuk dalam kualifikasi sangat baik sehingga tidak perlu direvisi. Quantitative developmental testing dilakukan pada kelas X untuk mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dengan menggunakan gain score dan mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri. Nilai gain score pada materi tumbuhan lumut dan tumbuhan paku sebesar 0 48 dengan kategori medium sedangkan pada materi tumbuhan biji terbuka dan biji tertutup memiliki nilai gain score sebesar 0 69 dengan kategori medium. Hasil belajar kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan sebesar 6 04 keterampilan pengamatan mengalami peningkatan sebesar 4 76 keterampilan komunikasi mengalami peningkatan sebesar 9 56 dan sikap ilmiah siswa juga mengalami peningkatan sebesar 6 66. Secara keseluruhan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri ini cukup efektif dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran lebih lanjut perlu memperhatikan beberapa saran yaitu a) penelitian pengembangan selanjutnya dapat dilaksanakan sampai tahap disseminate b) penelitian pengembangan selanjutnya dapat diperluas KD-nya c) penelitian selanjutnya dapat dikembangkan sampai materi lain yang lebih luas d) penelitian selanjutnya dapat digunakan dengan model pembelajaran lain yang lebih variatif dan menarik bagi peserta didik e) penelitain selanjutnya sebaiknya semua gambar merupakan koleksi penulis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60422

Actions (login required)

View Item View Item