Pengembangan modul pembelajaran tema lingkungan sahabat kita untuk peserta didik kelas V sekolah dasar / Astari Ulfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran tema lingkungan sahabat kita untuk peserta didik kelas V sekolah dasar / Astari Ulfa

Ulfa, Astari (2015) Pengembangan modul pembelajaran tema lingkungan sahabat kita untuk peserta didik kelas V sekolah dasar / Astari Ulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ulfa Astari. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Tema Lingkungan Sahabat Kita untuk Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sri Harmini S.Pd M.Pd. (2) Dra. Sri Sugiharti M.Pd. Kata kunci Modul tematik lingkungan sekolah dasar Salah satu faktor pendukung terselenggaranya pembelajaran yang baik yaitu ketersediaan bahan ajar yang sesuai. Dalam melaksanakan kurikulum 2013 dikeluarkan buku siswa dan buku guru sebagai bahan ajar. Namun pembelajaran dengan menggunakan buku tersebut cenderung dilaksanakan secara klasikal. Penggunaan buku siswa dan buku guru belum mengakomodasi kecepatan pembelajaran peserta didik yang berbeda satu dengan yang lain. Untuk mengakomodasi keberagaman kecepatan belajar peserta didik dapat digunakan modul pembelajaran. Oleh karena itu pada penelitian ini dikembangkan modul pembelajaran tematik untuk kelas V sekolah dasar. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan modul yang valid sesuai hasil validasi layak menurut pengguna dan efektif bagi peserta didik. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini mengambil sembilan dari sepuluh langkah penelitian dan pengembangan milik Dick dan Carey. Pada penelitian dan pengembangan ini dilakukan uji validitas modul uji kelayakan menurut pengguna dan uji efektifitas modul. Uji validitas dilakukan oleh ahli modul dan ahli materi. Uji kelayakan pengguna dilakukan menurut respon guru dan peserta didik. Sedangkan uji keefektifan dilakukan dengan melakukan uji lapangan di SDN Clumprit 3. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data validitas modul dan kelayakan modul berupa angket. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengambil data efektivitas berupa soal tes. Teknik analisis yang digunakan berupa deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil validasi oleh ahli modul dan ahli materi mendapatkan persentase sebesar 92 5 yang berarti produk dinyatakan sangat valid dan dapat langsung digunakan tanpa revisi. Hasil uji kelayakan modul oleh guru mendapatkan persentase sebesar 87 5 yang berarti produk dinyatakan sangat layak dan dapat langsung digunakan tanpa revisi dan hasil uji kelayakan modul oleh peserta didik mendapatkan persentase sebesar 97 5 yang berarti produk dinyatakan sangat efektif dan dapat langsung digunakan tanpa revisi. Selain itu uji keefektifan menunjukkan persentase sebesar 77 75 yang berarti produk dinyatakan sangat efektif dan dapat langsung digunakan tanpa revisi. Dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan valid layak dan efektif serta dapat langsung digunakan tanpa revisi. Oleh karena itu dalam pembelajaran disarankan menggunakan modul untuk mendapatkan hasil belajar peserta didik yang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6042

Actions (login required)

View Item View Item