Pengaruh pembelajaran Think Pair Share Write berbasis hybrid learning terhadap keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas X MIA SMA Negeri 3 Malang / Ika Yulianti Siregar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran Think Pair Share Write berbasis hybrid learning terhadap keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas X MIA SMA Negeri 3 Malang / Ika Yulianti Siregar

Siregar, Ika Yulianti (2014) Pengaruh pembelajaran Think Pair Share Write berbasis hybrid learning terhadap keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas X MIA SMA Negeri 3 Malang / Ika Yulianti Siregar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siregar Ika Yulianti. 2014. Pengaruh Pembelajaran Think Pair Share Write Berbasis Hybrid Learning terhadap Keterampilan Metakognitif Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 3 Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc Ph.D (2) Dr. H. Hadi Suwono M.Si. Kata Kunci Pembelajaran Think Pair Share Write (TPSW) Hybrid Learning Keterampilan Metakognitif Keterampilan Berpikir Kreatif Hasil Belajar Kognitif Plantae Animalia. Pembelajaran konvensional masih sering dipakai dalam proses pembelajaran. Pembelajaran ini terkesan berpusat pada guru (teacher centered) sedangkan siswa hanya duduk diam mendengarkan yang diterangkan oleh guru. Pada pelajaran Biologi sering sekali disangkutpautkan pada pembelajaran yang teoritis dan hafalan. Selain itu alokasi waktu pembelajaran yang singkat dan materi yang sulit membuat siswa harus sering mengkomunikasikan dan mendiskusikan materi yang kurang dipahami diluar kelas. Model pembelajaran TPSW berbasis Hybrid Learning yang telah dimodifikasi sesuai Kurikulum 2013 dan terintegrasi ke dalam Hybrid Learning memiliki sintaks a) think (mengamati menanya dan mengumpulkan data) b) pair (mengasosiasikan) c) share (mengkomunikasikan) d) write (menulis) dipandang mampu untuk meningkatkan keberhasilan dalam belajar terutama pada aspek keterampilan metakognitif keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif Biologi siswa. Tujuan penelitian ini ialah (1) menganalisis pengaruh pembelajaran Think Pair Share Write berbasis Hybrid Learning terhadap keterampilan metakognitif (2) menganalisis pengaruh pembelajaran Think Pair Share Write berbasis Hybrid Learning terhadap keterampilan berpikir kreatif (3) menganalisis pengaruh pembelajaran Think Pair Share Write berbasis Hybrid Learning terhadap hasil belajar kognitif Biologi. Rancangan penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen dengan Pretest-posttest Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas adalah model pembelajaran (TPSW berbasis Hybrid Learning). Variabel terikat adalah keterampilan metakognitif keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif. Populasi penelitian ialah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 3 Malang. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol kelas X MIA 2 sebagai kelas perlakuan TPSW dan kelas X MIA 1 sebagai kelas perlakuan TPSW berbasis Hybrid Learning. Keterampilan metakognitif diukur menggunakan rubrik metakognitif. Keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif diukur dengan menggunakan tes uraian. Data diambil pada saat pretest dan posttest. Uji hipotesis menggunakan analisis kovarian (anakova) dengan taraf signifikansi 0 05 (P

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60417

Actions (login required)

View Item View Item