Pengaruh pembelajaran TTS (Terjun Tulis Saji) terhadap peningkatan literasi saintifik dan penguasaan kompetensi biologi siswa kelas X / Komang Ayu Wirastini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran TTS (Terjun Tulis Saji) terhadap peningkatan literasi saintifik dan penguasaan kompetensi biologi siswa kelas X / Komang Ayu Wirastini

Wirastini, Komang Ayu (2014) Pengaruh pembelajaran TTS (Terjun Tulis Saji) terhadap peningkatan literasi saintifik dan penguasaan kompetensi biologi siswa kelas X / Komang Ayu Wirastini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wirastini Komang Ayu. 2014. Pengaruh Pembelajaran TTS (Terjun Tulis Saji) terhadap Peningkatan Literasi Saintifik dan Penguasaan Kompetensi Biologi Siswa Kelas X Magister Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D (II) Dr. Hadi Suwono M.Si Kata Kunci pengaruh pembelajaran TTS literasi saintifik penguasaan konsep Biologi Kelas X 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Kemampuan literasi saintifik di Indonesia tergolong rendah dibandingkan dengan negara lain. Rendahnya literasi saintifik siswa Indonesia berdampak pada kehidupan sosial masyarakat. Siswa dapat mengembangkan kemampuan literasi saintifik berdasarkan beberapa indikatornya. Seorang yang literat sains adalah orang yang menggunakan konsep sains keterampilan proses dan nilai dalam membuat keputusan sehari-hari (Shwartz 2006 204). 12288 12288 12288 12288 Salah satu pembelajaran yang dirancang agar siswa dapat melakukan kegiatan investigasi adalah pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Kegiatan pembelajaran dalam pendekatan saintifik dapat dilakukan melalui pembelajaran kolaboratif. Salah satu model pembelajaran kolaboratif adalah Think Talk Write (TTW). TTW merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dilaksanakan agar tujuan pembelajaran tercapai dengan tepat melalui proses berpikir berbicara dan menulis. Modifikasi yang dapat dilakukan adalah menambahkan kegiatan pengamatan pada TTW sehingga model pembelajarannya menjadi pembelajaran TTS. Model pembelajaran TTS di mana siswa melakukan kegiatan Terjun yaitu melakukan pengamatan (melihat membaca dan mendengar) pada kegiatan ini siswa berpikir seperti pada TTW namun siswa juga diharapkan dapat menemukan masalah dan mengajukan pertanyaan terkait masalah yang ada serta melakukan pencarian informasi. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menganalisis pengaruh pembelajaran TTS terhadap peningkatan literasi saintifik siswa Kelas X dan 2) menganalisis pengaruh pembelajaran TTS terhadap penguasaan kompetensi biologi siswa Kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan hipotesis penelitiannya ada pengaruh pembelajaran TTS terhadap peningkatan literasi saintifik dan penguasaan kompetensi biologi siswa Kelas X. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan sebagai berikut. Pertama pembelajaran TTS berpengaruh terhadap peningkatan literasi saintifik siswa Kelas X kemampuan siswa kelas TTS memiliki literasi saintifik 29% lebih tinggi dibandingkan siswa kelas TTW maupun siswa kelas multistrategi Kedua pembelajaran TTS berpengaruh terhadap penguasaan kompetensi biologi siswa Kelas X siswa kelas TTS memiliki penguasaan kompetensi 23% lebih tinggi dibandingkan siswa kelas TTW maupun siswa kelas multistrategi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60413

Actions (login required)

View Item View Item