Hubungan antara keterampilan metakognitif dengan hasil belajar siswa berkemampuan akademik berbeda pada pembelajaran biologi yang menerapkan beberapa model pembelajaran / Bea Hana Siswati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara keterampilan metakognitif dengan hasil belajar siswa berkemampuan akademik berbeda pada pembelajaran biologi yang menerapkan beberapa model pembelajaran / Bea Hana Siswati

Siswati, Bea Hana (2014) Hubungan antara keterampilan metakognitif dengan hasil belajar siswa berkemampuan akademik berbeda pada pembelajaran biologi yang menerapkan beberapa model pembelajaran / Bea Hana Siswati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswati Bea Hana. 2014. Hubungan Antara Keterampilan Metakognitif dengan Hasil Belajar Siswa Berkemampuan Akademik Berbeda pada Pembelajaran Biologi yang Menerapkan Beberapa Model Pembelajaran. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. A.D. Corebima M.Pd. (2) Prof. Dr. Siti Zubaidah M.Pd. Kata Kunci Keterampilan Metakognitif Hasil Belajar Kemampuan Akademik Model Pembelajaran. Selama ini sudah banyak dilakukan penelitian yang berkenaan dengan model pembelajaran pada pembelajaran biologi baik yang mengkaji pengaruh dari satu variabel bebas terhadap variabel terikat atau yang mengkaji hubungan antar variabel. Berkenaan hubungan antara keterampilan metakognitif dan hasil belajar pada pembelajaran biologi yang terkait dengan berbagai kondisi itu belum ada kajian yang membandingkan kesamaan persamaan regresi maupun keterandalannya antara 1) tingkat sekolah yang berbeda 2) kelas yang sama atau berbeda pada suatu tingkat sekolah 3) model pembelajaran yang sama atau berbeda pada suatu kelas atau tingkat sekolah dan 4) kemampuan akademik yang sama atau berbeda pada suatu model pembelajaran kelas atau tingkat sekolah. Dalam rangka penulisan tesis akan dilakukan uji beda persamaan regresi terkait hubungan antara variabel keterampilan metakognitif dan variabel hasil belajar antara berbagai model pembelajaran pada pembelajaran biologi kelas XI SMA dilakukan juga uji beda persamaan regresi termaksud antara kelompok siswa berkemampuan akademik tinggi dan rendah. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini ialah 1) mengetahui hubungan antara keterampilan metakognitif dengan hasil belajar biologi siswa pada penerapan beberapa model pembelajaran 2) mengungkap perbedaan persamaan regresi keterampilan metakognitif dengan hasil belajar biologi siswa pada penerapan beberapa model pembelajaran 3) mengetahui hubungan antara keterampilan metakognitif dengan hasil belajar biologi siswa pada penerapan beberapa model pembelajaran yang dibelajarkan pada kelompok siswa berkemampuan akademik berbeda dan 4) mengungkap perbedaan persamaan regresi keterampilan metakognitif dengan hasil belajar biologi siswa pada beberapa model pembelajaran yang dibelajarkan pada kelompok siswa berkemampuan akademik berbeda. 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian yang digunakan ialah penelitian korelasional. Variabel bebas adalah keterampilan metakognitif. Variabel terikat adalah hasil belajar (pemahaman konsep). Populasi penelitian ialah keseluruhan siswa kelas XI-IA SMA di Malang tahun ajaran 2012/2013 semester ganjil. Sampel penelitian adalah XI-IA3 SMA Negeri 8 Malang XI-IA3 SMA Negeri 7 Malang XI-IA2 SMA Negeri 1 Tumpang XI-IA1 SMA Negeri 1 Lawang XI-IA5 SMA Negeri 5 Malang XI-IA3 SMA Negeri 6 Malang XI-IA3 SMA Negeri 9 Malang XI-IA SMA Muhammadiyah 1 Malang XI-IA3 SMA Brawijaya Smart School XI-IA SMA Diponegoro Tumpang XI-IA SMA PGRI Lawang XI-IA1 SMA Brawijaya Smart School XI-IA SMA PGRI 6 Malang XI-IA SMA PGRI Kepanjen dan XI-IA2 SMA Islam Al-Ma arif Singosari. 12288 12288 12288 12288 Keterampilan metakognitif diukur menggunakan rubrik metakognitif. Hasil belajar diukur dengan menggunakan tes essay. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Data diambil pada saat pretes dan postes. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi dengan keterampilan metakognitif sebagai faktor X dan hasil belajar sebagai faktor Y. Sebelum uji regresi dilakukan pula uji normalitas data. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan 1) terkait 7 model pembelajaran yang diterapkan pada siswa berkemampuan akademik rendah terungkap bahwa pada 6 model ada hubungan antara keterampilan metakognitif dan hasil belajar biologi 2) ada perbedaan slope dan intercept persamaan regresi hubungan antara keterampilan metakognitif dan hasil belajar pada 7 model pembelajaran di kalangan siswa berkemampuan akademik rendah yang ditunjukkan dengan adanya garis-garis regresi tertentu yang tidak sejajar dan tidak berimpit 3) terkait 7 model pembelajaran yang diterapkan pada siswa berkemampuan akademik tinggi terungkap bahwa pada semua model ada hubungan antara keterampilan metakognitif dan hasil belajar biologi. 4) tidak ada perbedaan slope tetapi ada perbedaan intercept persamaan regresi hubungan antara keterampilan metakognitif dan hasil belajar pada 7 model pembelajaran di kalangan siswa berkemampuan akademik tinggi yang ditunjukkan dengan adanya garis-garis regresi tertentu yang sejajar dan tidak berimpit. 5) ada perbedaan slope dan intercept persamaan regresi hubungan antara keterampilan metakognitif dan hasil belajar pada 14 pembelajaran di kalangan siswa berkemampuan akademik berbeda yang ditunjukkan dengan adanya garis-garis regresi tertentu yang tidak sejajar dan tidak berimpit. 6) analisis perbedaan persamaan-persamaan regresi menunjukkan bahwa garis-garis regresi hubungan antara keterampilan metakognitif dan hasil belajar pada model-model yang dikaji cenderung sejajar kecenderungan kesejajaran garis-garis regresi hubungan antara keterampilan metakognitif dan hasil belajar pada berbagai model pembelajaran di kalangan siswa berkemampuan akademik berbeda masih perlu dikaji lebih lanjut untuk memastikan apakah fenomena itu memang demikian atau kebetulan. 12288 12288 12288 12288 Atas dasar hasil penelitian disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk meneliti tentang hubungan antara keterampilan metakognitif dengan hasil belajar pada model pembelajaran yang sama atau berbeda kemampuan akademik yang sama atau berbeda. Dalam hubungan ini tidak tertutup kemungkinan dilakukan juga kajian yang melibatkan hubungan antara variabel lain selain keterampilan metakognitif dan hasil belajar yang berkaitan dengan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60412

Actions (login required)

View Item View Item