Pengaruh latar belakang pendidikan, pengetahuan biogas, status ekonomi keluarga, melalui sikap terhadap pengelolaan biogas di desa berpredikat mandiri energi Kabupaten Malang serta implementasinya bagi pengelola biogas / Hilda Ernani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh latar belakang pendidikan, pengetahuan biogas, status ekonomi keluarga, melalui sikap terhadap pengelolaan biogas di desa berpredikat mandiri energi Kabupaten Malang serta implementasinya bagi pengelola biogas / Hilda Ernani

Ernani, Hilda (2014) Pengaruh latar belakang pendidikan, pengetahuan biogas, status ekonomi keluarga, melalui sikap terhadap pengelolaan biogas di desa berpredikat mandiri energi Kabupaten Malang serta implementasinya bagi pengelola biogas / Hilda Ernani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ernani Hilda. 2013. Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Pengetahuan Biogas Status Ekonomi Keluarga melalui Sikap terhadap Pengelolaan Biogas di Desa Berpredikat Mandiri Energi Kabupaten Malang serta Implementasinya bagi Pengelola Biogas. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hedi Sutomo S.U. (2) Dr. H. Istamar Syamsuri M.Pd. Kata Kunci latar belakang pendidikan pengetahuan biogas status ekonomi keluarga sikap pengelolaan biogas. 12288 12288 12288 12288 Pemanfaatan energi yang tidak dapat diperbaharui secara berlebihan dapat menimbulkan masalah krisis energi. Biogas sebagai energi yang dapat diperbaharui sangat potensial untuk dikembangkan ditunjang oleh kondisi Indonesia sebagai Negara Agraris dengan perkembangan peternakan sapi yang kondusif. Pengelolaan biogas di dusun Bendrong desa Argosari kabupaten Malang oleh masyarakat petani peternak sapi perah menyebabkan desa tersebut dikenal sebagai Desa Mandiri Energi. Sekalipun demikian masih ada masyarakat yang belum membangun instalasi biogas dan masih ada instalasi biogas yang tidak beroperasi. Permasalahan tersebut perlu di kaji yakni pengaruh latar belakang pendidikan pengetahuan biogas status ekonomi keluarga melalui sikap terhadap pengelolaan biogas. Tujuan penelitian ini ialah sebagai berikut. 1) mendeskripsikan kondisi latar belakang pendidikan pengetahuan biogas status ekonomi keluarga sikap dan pengelolaan biogas di desa berpredikat Mandiri Energi kabupaten Malang 2) menjelaskan hubungan antara variabel eksogen latar belakang pendidikan pengetahuan biogas dan status ekonomi keluarga dalam pengelolaan biogas di desa berpredikat Mandiri Energi kabupaten Malang 3) Menjelaskan pengaruh latar belakang pendidikan pengetahuan biogas dan status ekonomi keluarga terhadap sikap masyarakat di desa berpredikat Mandiri Energi kabupaten Malang 4) menjelaskan pengaruh latar belakang pendidikan pengetahuan biogas status ekonomi keluarga dan sikap terhadap pengelolaan biogas di desa berpredikat Mandiri Energi kabupaten Malang 5) mengimplementasikan hasil penelitian dalam bentuk Booklet bagi pembelajaran masyarakat pengelola biogas di Kabupaten Malang. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian yang digunakan ialah korelasional kausal dengan menggunakan statistik analisis jalur (path-analysis). Variabel eksogen adalah latar belakang pendidikan pengetahuan biogas dan status ekonomi keluarga. Variabel endogen adalah sikap dan pengelolaan biogas. Populasi dibedakan menjadi populasi sampling dan populasi sasaran. Populasi sampling dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat di dusun Bendrong desa Argosari kecamatan Jabung kabupaten Malang yang berprofesi sebagai peternak sapi perah. Populasi sasaran dalam penelitian ini adalah seluruh Kepala Keluarga di dusun Bendrong desa Argosari kecamatan Jabung kabupaten Malang yang berprofesi sebagai peternak sapi perah dan pengelola biogas skala rumah tangga dengan menggunakan plastik sebagai instalasi. Instrumen untuk mengukur latar belakang pendidikan masyarakat peternak ialah dinyatakan berdasarkan lama waktu yang dilalui peternak dalam menempuh pendidikan. Instrumen untuk mengukur pengetahuan biogas adalah tes pengetahuan tentang pengelolaan biogas. Instrumen yang digunakan untuk mengukur status ekonomi keluarga adalah indeks kelas ekonomi berdasarkan kepemilikan barang berharga. Instrumen yang digunakan untuk mengukur sikap adalah tes sikap terhadap pengelolaan biogas. Instrumen untuk mengukur perilaku terkait pengelolaan biogas adalah soal melalui pengamatan dan wawancara terstruktur. Instrumen pengumpulan data terlebih dahulu dengan menyusun kisi-kisi yang mencakup indikator empiris deskriptor dari indikator empiris dan butir-butir pertanyaan. Setelah disusun berdasarkan indikator empiris selanjutnya dilakukan validasi instrumen validasi instrumen dilakukan dengan menyusun validitas logis dan validitas isi. 12288 12288 12288 12288 Analisis data dibedakan atas 2 cara 1) penelitian deskriptif bertujuan untuk mengetahui latar belakang pendidikan pengetahuan biogas status ekonomi sikap dan pengelolan biogas 2) penelitian korelasional kausal dengan menggunakan analisis jalur bertujuan untuk mengetahui pola hubungan sebab akibat variabel latar belakang pendidikan pengetahuan biogas status ekonomi melaui sikap terhadap pengelolaan biogas. 12288 12288 12288 12288 Uji hipotesis menggunakan analisis jalur dengan taraf signifikansi 0 05 (P 0 05). Sebelum uji analisis jalur dilakukan uji normalitas data dengan uji Kormogolov-Smirnov dan uji homogenitas data dengan Levene tes uji linieritas dilakukan dengan cara mencari persamaan garis regresi variabel bebas X terhadap variabel terikat Y uji multikolinieritas dilakukan dengan uji regresi dengan patokan nilai VIF (variance inflation factor) dan koefisiensi antarvariabel bebas uji autokorelasi juga dilakukan dengan uji regresi dengan patokan nilai dari Durbin-Watson.. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian korelasional kausal menunjukkan 1) latar belakang pendidikan pengetahuan biogas dan status ekonomi keluarga terhadap sikap diterima pada taraf sigifikan p 0 007 0 05. Nilai koefisien diterminasi R2 0 124 dapat dimaknai bahwa latar belakang pendidikan pengetahuan biogas secara bersama-sama berpengaruh terhadap sikap sebesar 12 4% artinya variabel lain juga berpengaruh terhadap sikap sebasar 87 6% dan belum dapat dijelaskan dalam penelitian ini. Latar belakang pendidikan secara individu berpengaruh terhadap sikap sebesar 10 1% sedangkan variabel pengetahuan dan status ekonomi keluarga secara individu tidak berpengaruh terhadap sikap. 2) latar belakang pendidikan pengetahuan biogas status ekonomi keluarga dan sikap secara bersama-sama berpengaruh terhadap pengelolaan biogas. Nilai koefisien diterminasi R2 0 175 dapat dimaknai bahwa latar belakang pendidikan pengetahuan biogas status ekonomi keluarga dan sikap secara bersama-sama berpengaruh terhadap pengelolaan biogas sebesar 17 5% artinya variabel lain juga berpengaruh terhadap pengelolaan biogas sebesar 82 5% dan belum dapat dijelaskan dalam penelitian ini. Status ekonomi secara individu berpengaruh terhadap pengelolaan biogas sebesar 25 4% dan sikap secara individu berpengaruh terhadap pengelolaan biogas sebesar 34 2%. 3) Terdapat pengaruh tidak langsung latar belakang pendidikan melalui sikap terhadap pengelolaan biogas dan tidak ada pengaruh tidak langsung pengetahuan biogas status ekonomi keluarga melalui sikap terhadap pengelolaan biogas. Hasil penelitian pengembangan yaitu analisis data hasil validasi booklet oleh validator ahli isi dan ahli media pembelajaran. Hasil validasi ahli isi bahwa booklet masuk dalam kategori sangat baik dan tidak perlu di revisi dengan total nilai sebesar 96 65%. Validator bidang media pembelajaran memberikan putusan bahwa booklet masuk dalam kategori baik dan tidak perlu direvisi dengan total nilai sebesar 80 93%. Dari hasil keputusan oleh tim validator dapat disimpulkan bahwa tidak perlu direvisi kembali dan dapat digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60410

Actions (login required)

View Item View Item