Model workshop untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran biologi SMP pada daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) perbatasan antara Indonesia dan Malaysia di Kecamatan Krayan Selatan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara / Jemri - Repositori Universitas Negeri Malang

Model workshop untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran biologi SMP pada daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) perbatasan antara Indonesia dan Malaysia di Kecamatan Krayan Selatan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara / Jemri

Jemri (2014) Model workshop untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran biologi SMP pada daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) perbatasan antara Indonesia dan Malaysia di Kecamatan Krayan Selatan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara / Jemri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jemri. 2013. Model Workshop untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Biologi SMP pada Daerah 3T (Terdepan Terluar Dan Tertinggal) Perbatasan antara Indonesia dan Malaysia di Kecamatan Krayan Selatan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. A.D. Corebima M.Pd. (2) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc Ph.D. Kata Kunci model workshop kemampuan guru daerah 3T (terdepan terluar dan tertinggal). Beberapa permasalahan penyelenggaraan pendidikan utamanya di daerah 3T antara lain adalah permasalahan pendidik seperti kekurangan jumlah (shortage) distribusi tidak seimbang (unbalanced distribution) kualifikasi di bawah standar (under qualification) kurang kompeten (low competencies) serta ketidaksesuaian antara kualifikasi pendidikan dengan bidang yang diampu (mismatched). Permasalahan lain dalam penyelenggaraan pendidikan adalah angka putus sekolah juga masih relatif tinggi sementara angka partisipasi sekolah masih rendah. Kompleksnya permasalahan pendidikan dan rendahnya kompetensi guru-guru di daerah 3T berbagai upaya sudah dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kemampuan guru yaitu dengan melaksanakan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Namun realita yang ada upaya itu belum terlihat dan kurang maksimal. Salah satu indikasinya adalah guru masih membelajarkan siswa secara konvensional dan prosedural tanpa suatu perencanaan yang baik sehingga hasil pembelajaran kurang memuaskan. Oleh karena itu mengatasi permasalah tersebut dibutuhkan peningkatan kualitas guru yang dapat dilakukan dengan memberikan sebuah pelatihan yang terstruktur dan terarah kepada satu fokus yang ingin dikembangkan dengan memberdayakan guru-guru yang ada di daerah 3T dengan melaksanakan kegiatan workshop untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Tujuan penelitian ini ialah 1) merancang suatu model kegiatan workshop efektif yang dapat membantu guru meningkatkan kemampuan dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran biologi 2) mengetahui kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran biologi setelah mengikuti kegiatan workshop. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan partisipan berdasarkan model Kemmis McTaggart yang terdiri dari tiga komponen utama yaitu planning (perencanaan) action/observing (tindakan/observasi) dan reflecting (refleksi) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dari hasil observasi catatan lapangan kuesioner tes dan wawancara (interview) yang selanjutnya akan dianalisis dengan analisis logik atau kualitatif. Praktisi yang aktif dalam penelitian ini ada sebanyak 17 guru namun yang menjadi fokus penelitian ini hanya tiga orang guru SMP Negeri 3 Krayan Selatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan diadakannya kegiatan workshop secara rutin kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dapat ditingkatkan dibandingkan dengan kemampuan guru sebelum mengikuti kegiatan workshop. Setelah mengikuti kegiatan workshop secara rutin guru mampu melaksanakan pembelajaran mulai dari merancang pembelajaran menggunakan model-model pembelajaran media pembelajaran dan melaksanakan assessment pembelajaran. Adapun model kegiatan workshop efektif yang dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran di daerah 3T adalah melalui langkah-langkah sebagai berikut. 1. Mengkaji konsep esensial dan memilih alat bantu belajar sesuai dengan konsep-konsep yang diajarkan. 2. Mengkaji dan mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan pendidikan mengacu kepada kompetensi guru di daerah 3T. 3. Melaksanakan teknik modeling dalam pembelajaran oleh peneliti. 4. Peer teaching melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rencana yang telah disiapkan yang penekanannya pada model pembelajaran melalui eksplorasi pengenalan konsep dan pemantapan konsep. 5. Mengkaji hasil Peer teaching sebagai pedoman melaksanakan pembelajaran di kelas. 6. Melaksanakan bimbingan individual. Berdasarkan hasil penelitian Penulis memberikan saran-saran kepada beberapa pihak sebagai berikut. a. Dinas Pendidikan Kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan untuk memberikan pelatihan bagi guru-guru mengacu pada langkah-langkah model Workshop dan dalam melaksanakan kegiatan workshop atau kegiatan pelatihan bagi guru-guru di daerah 3T diharapkan dalam menyajikan materi tidak hanya secara informatif tetapi lebih kepada pengalaman praktis praktisi. b. Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Kepala sekolah sebagai kunci pengembangan guru di tingkat sekolah seharusnya memberi ruang kepada guru untuk saling bekomunikasi dan mengembangkan hasil pelatihan sehingga menghasilkan guru-guru yang berkualitas. Pengawas Sekolah harus berperan serta membantu sekolah dan membantu guru dalam mengembangkan pembelajaran di sekolah. Departemen Pendidikan Nasional Dinas Pendidikan KKPS (Kelompok Kerja Pengawas Sekolah) dan KKKS (Kelompok Kerja Kepala Sekolah) sebaiknya menyelenggarakan peningkatan kapasitas Kepala Sekolah dan Pengawas dalam pembelajaran. c. Sekolah Dalam upaya meningkatkan kinerja guru dan pembelajaran di kelas secara bertahap sekolah harus memprogramkan upaya peningkatan kualitas guru dalam mengelola pembelajaran di kelas d. Peneliti Lain Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait model workshop yang efektif untuk meningkatkan kemampuan guru-guru di daerah 3T dalam melaksanakan pembelajaran pada komponen dan tingkat pendidikan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60407

Actions (login required)

View Item View Item