Kajian perbandingan efektivitas strategi problem based learning dan reciprocal teaching dalam meningkatkan keterampilan metakognitif, pemahaman konsep biologi, dan retensi siswa kelas X SMA dengan potensi akademik berbeda di Kota Malang / Abdul Basith - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian perbandingan efektivitas strategi problem based learning dan reciprocal teaching dalam meningkatkan keterampilan metakognitif, pemahaman konsep biologi, dan retensi siswa kelas X SMA dengan potensi akademik berbeda di Kota Malang / Abdul Basith

Basith, Abdul (2013) Kajian perbandingan efektivitas strategi problem based learning dan reciprocal teaching dalam meningkatkan keterampilan metakognitif, pemahaman konsep biologi, dan retensi siswa kelas X SMA dengan potensi akademik berbeda di Kota Malang / Abdul Basith. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci strategi problem-based learning strategi reciprocal teaching keterampilan metakognitif pemahaman konsep biologi retensi potensi akademik tinggi potensi akademik rendah. Pemberdayaan keterampilan metakognitif pemahaman konsep biologi dan retensinya dapat dilakukan dengan menggunakan strategi pembelajaran yang memiliki karakteristik student centered termasuk strategi PBL dan RT. Strategi PBL dan RT mempunyai karakteristik khas yang berpotensi untuk memberdayakan keterampilan metakognitif pemahaman konsep biologi dan retensi siswa dengan potensi akademik berbeda yang terbukti melalui sejumlah penelitian terdahulu. Namun perbedaan potensi strategi PBL dan RT dalam memberdayakan keterampilan metakognitif serta perbedaan pola hubungannya dengan pemahaman konsep biologi pada siswa masih perlu diungkap dan dikaji secara lebih mendalam melalui uji kaji beda persamaan regresi untuk memberikan informasi yang komprehensif kepada guru biologi demi membantu siswa khususnya siswa yang berpotensi akademik rendah. Penelitian bertujuan untuk (1) mengungkap perbedaan peningkatan keterampilan metakognitif pemahaman konsep biologi dan retensi antara siswa kelas X SMA yang berpotensi akademik rendah dan tinggi pada penerapan strategi PBL dan RT (2) mengungkap hubungan antara keterampilan metakognitif dengan pemahaman konsep biologi siswa kelas X SMA yang berpotensia akademik rendah dan tinggi pada penerapan strategi PBL dan RT dan (3) mengungkap perbedaan persamaan regresi antara keterampilan metakognitif dengan pemahaman konsep biologi siswa kelas X SMA yang berpotensi akademik rendah dan tinggi pada penerapan strategi PBL dan RT. Penelitian ini berupa quasi-experiment dengan rancangan penelitian pre-test and post-test non equivalent control group design menggunakan faktorial 3 x 2. Sampel penelitian ini adalah representasi siswa kelas X SMA berpotensi akademik rendah yaitu tiga kelas di SMA Brawijaya Smart School Malang dan representasi siswa berpotensi akademik tinggi adalah tiga kelas di SMA Negeri 9 Kota Malang. Analisis data penelitian yang dilakukan meliputi (1) uji anakova pada taraf signifikansi 0 05 untuk mengungkap pengaruh strategi pembelajaran potensi akademik dan interaksinya terhadap keterampilan metakognitif pemahaman konsep biologi dan retensi pemahaman konsep biologi (2) uji korelasi dan regresi untuk mengungkap hubungan antara keterampilan metakognitif dengan pemahaman konsep biologi pada penerapan masing-masing strategi pembelajaran dan potensi akademik dan (3) uji kaji beda persamaan regresi untuk mengungkap perbedaan hubungan antara keterampilan metakognitif dengan pemahaman konsep biologi pada penerapan masing-masing strategi pembelajaran dan potensi akademik berdasarkan pada skor terkoreksi setiap siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) terdapat pengaruh signifikan potensi akademik siswa terhadap keterampilan metakognitif pemahaman konsep biologi dan retensi pemahaman konsep biologi (2) terdapat pengaruh strategi pembelajaran terhadap keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep biologi namun tidak terdapat pengaruh terhadap retensi pemahaman konsep biologi (3) terdapat pengaruh interaksi antara potensi akademik dan strategi pembelajaran terhadap keterampilan metakognitif namun tidak berpengaruh terhadap pemahaman konsep biologi dan retensinya (4) terdapat hubungan positif antara keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep biologi pada penerapan strategi PBL dan RT untuk kelompok siswa berpotensi akademik tinggi dengan persentase kontribusi keterampilan metakognitif terhadap pemahaman konsep biologi secara berturut-turut sebesar 50 5% dan 54 2% (5) terdapat hubungan positif antara keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep biologi pada penerapan strategi PBL dan RT untuk kelompok siswa berpotensi akademik rendah dengan persentase kontribusi keterampilan metakognitif terhadap pemahaman konsep biologi secara berturut-turut sebesar 81 6% dan 66 7% dan (6) strategi PBL dan RT memiliki potensi dalam memberdayakan keterampilan metakognitif yang diikuti dengan pemahaman konsep biologi yang sama dengan pola garis yang terbentuk dari persamaan regresi sejajar dan berhimpit baik pada siswa berpotensi akademik rendah maupun tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan (1) strategi PBL dan RT dapat dipilih sebagai alternatif strategi pembelajaran untuk pemberdayaan keterampilan metakognitif dan perbaikan pemahaman konsep biologi siswa kelas X SMA khususnya bagi kelompok siswa yang berpotensi akademik rendah dan (2) kajian lebih lanjut perlu dilakukan untuk memperoleh informasi yang lebih definitif tentang keunggulan strategi pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60406

Actions (login required)

View Item View Item