Harum S., Moh. Fiqry (2015) Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis saintifik kelas IV tema tempat tinggalku di SDN Madyopuro 5 Kota Malang / Moh. Fiqry Harum S. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Harum S Moh. Fiqry. 2015. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Saintifik Kelas IV Tema Tempat Tinggalku Di SDN Madyopuro 5 Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Harmini S.Pd M.Pd (II) Drs. Goenawan Roebyanto M.Pd. Kata Kunci pengembangan RPP saintifik SD Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik dalam kegiatan pembelajaran. Fakta menunjukkan bahwa dalam kegiatan pembelajaran pendekatan saintifik di SDN Madyopuro 5 Kota Malang belum diterapkan sepenuhnya. Untuk meningkatkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik perlu adanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berbasis saintifik. Tujuan penelitian pengembangan ini (1) mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis saintifik untuk kelas IVTema Tempat Tinggalku Di SDN Madyopuro 5 Kota Malang (2) menghasilkan produk rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis saintifik kelas IVTema Tempat Tinggalku Di SDN Madyopuro 5 Kota Malang yang valid. Metodologi penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ASSUREyaitu Analyse Learner ( menganalisis siswa) State Indicator (merumuskan indikator pembelajaran) Select Methods Media and Materials (memilih metode media dan bahan ajar) Utilize Media and Materials (penggunaan media dan bahan ajar) Require Learner Participation (mengembangkan peran siswa) dan Evaluate and Revise (evaluasi dan revisi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk RPP valid oleh dosen ahli RPP dan guru dengan masing-masing presentase 80 7% dan 87 84%tingkat validitas ini didasarkan pada kriteria skor validitas yang dikonversikan menggunakan skala rating scale. Setelah dilakukan uji coba dengan subyek coba seluruh siswa kelas IVa didapatkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dinyatakan sangat valid dengan persentase 87 5% dan pembelajaran berbasis saintifik dinyatakan sangat valid dengan persentase 90% serta dinyatakan sangat valid berdasarkan hasil evaluasi siswa yaitu persensate skor 85 44%. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian pengembangan ini yaitu produk rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis saintifik kelas IV tema Tempat Tinggalku di SDN Madyopuro 5 Kota Malang ini telah divalidasi oleh dosen ahli RPP dosen ahli butir soal dan guru kelas IVa. Secara keseluruhan validasi rencana pelaksanaan pembelajaran ini dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6040 |
Actions (login required)
View Item |