Pengembangan buku ajar mata kuliah Penmgantar pendidikan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang / Nanang Purwanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar mata kuliah Penmgantar pendidikan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang / Nanang Purwanto

Purwanto, Nanang (2013) Pengembangan buku ajar mata kuliah Penmgantar pendidikan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang / Nanang Purwanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan buku ajar mata kuliah Pengantar Pendidikan mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi. Pengantar Pendidikan merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Jurusan Biologi Prodi Kependidikan. Hakikat perkuliahan Pengantar Pendidikan bertujuan untuk membekali calon pendidik dalam hal pengetahuan dan informasi tentang wawasan kependidikan yang berlandaskan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 013 Tahun 1998 tentang Program Pembentukan Kemampuan Mengajar. Hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 13 September 2012 8 Oktober 2012 perkuliahan Pengantar Pendidikan di jurusan Biologi FMIPA UM setelah melakukan analisis ditemukan ketidaksesuaian antara GBPP dengan kompetensi dasar yang diharapkan. Hal yang sama juga terjadi pada deskripsi materi yang disajikan. Ketidaksesuaian tersebut sebagai dasar dan perlunya pengembangan buku ajar untuk memperlancar dan memberikan bantuan informasi. Selain itu manfaat utama buku ajar adalah melengkapi kekurangan materi baik materi yang diberikan dari buku teks maupun materi yang diberikan secara lisan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan dkk (1974) meliputi 4 tahapan yaitu pendefinisian perancangan pengembangan dan penyebaran. Keempat tahapan pada pada penelitian ini hanya akan dilakukan sampai pada tahap pengembangan. Dalam hal ini peneliti sebagai instrumen utama. Jenis data dari hasil pengembangan produk yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data berupa hasil penilaian dan tanggapan yang diberikan oleh validator serta mahasiswa uji coba. Hasil pengembangan menunjukkan Buku ajar Pengantar Pendidikan terdiri dari (1) bagian pendahuluan halaman sampul prakata dan daftar isi (2) bagian isi dengan materi pokok hakikat pendidikan pendidikan sebagai sosialisasi dan pembaharu di masyarakat pendidikan sebagai bagian dari mekanisme produksi barang dan jasa pendidikan sebagai mekanisme peningkatan mutu kehidupan konteks pendidikan sekolah konteks pendidikan luar sekolah interaksi edukatif antara keluarga sekolah dengan masyarakat pendidikan untuk semua pendidikan sepanjang hayat pendidikan masa depan dan profesionalisme guru pendidikan karakter dan konsep dasar pendidikan biologi (3) bagian penutup daftar rujukan. Produk hasil pengembangan ini memiliki beberapa keunggulan di antaranya (1) materi pokok bahasan yang dipaparkan merupakan gabungan dari berbagai literatur yang ditulis oleh para ahli di bidang pendidikan (2) materi pokok bahasan yang dipaparkan selengkap mungkin sesuai dengan kompetensi yang diharapkan berdasarkan GBPP dan kompetensi pendidikan biologi (3) buku ajar dilengkapi dengan beberapa gambar sehingga memudahkan mahasiswa memahami isi materi (4) buku ajar memiliki tingkat validitas terstandar karena divalidasi oleh ahli bahan ajar ahli materi dosen pembimbing dan terstandar untuk kalangan mahasiswa S1 prodi Pendidikan Biologi (5) buku ajar menggunakan jenis huruf Andalus untuk mempermudah mahasiswa dalam hal keterbacaan. Buku ajar yang dikembangkan juga memiliki beberapa keterbatasan/kekurangan di antaranya (a) tahapan pengembangan hanya terbatas pada tahap pengembangan dan dalam hal ini tidak diujicobakan untuk mengetahui kualitas dan keefektifan (b) tahun yang digunakan sebagai bahan rujukan merupakan buku lama (lebih dari 10 tahun terakhir) (c) materi buku ajar masih perlu ditambahkan materi yang berbasis masalah baik di lingkungan keluarga sekolah dan masyarakat sebagai materi yang aplikatif dan kontekstual.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60399

Actions (login required)

View Item View Item