Penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan di SDN Bunulrejo 03 Malang / Eni Muji Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan di SDN Bunulrejo 03 Malang / Eni Muji Rahayu

Rahayu, Eni Muji (2015) Penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan di SDN Bunulrejo 03 Malang / Eni Muji Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahayu Eni Muji 2015. Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di SDN Bunulrejo 03 Malang. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs.Abdul Huda M.Pd (2) Dra.Sudarsini M.Pd. Kata Kunci Pendidikan Karakter Kegiatan Rutin Kegiatan Spontan Kegiatan Terprogram SDN Bunulrejo 03 Malang. SDN Bunulrejo 03 Malang merupakan sekolah dasar yang menerapkan pengembangan kurikulum bersumber dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang menanamkan pendidikan karakter pada setiap mata pelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendiskripsikan penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan yang meliputi pembiasaan rutin pembiasaan spontan dan pembiasaan terprogram (2) mendiskripsikan kendala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa melalui pembiasaan dan mendiskripsikan upaya sekolah dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa melalui pembiasaan di SDN Bunulrejo 03 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian kualitatif dilakukan dengan langsung mengamati fenomena yang terjadi di lapangan. Peneliti menggunakan informan kunci (key person) untuk memperoleh data pada saat wawancara. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah guru kelas peserta didik guru agama dan pustakawan. Analisis data dilakukan setelah mendapatkan beberapa data melalui berbagai sumber. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data dan verivikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter di SDN Bunulrejo 03 Malang dilaksanakan melalui pembiasaan. Pembiasaan yang dimaksudkan adalah pembiasaan melalui kegiatan rutin kegiatan spontan dan kegiatan terprogram.(1) Kegiatan rutin sekolah contohnya tata tertib sekolah yang bertujuan untuk mengajarkan tata tertib kepada peserta didik dengan selalu berbaris sebelum masuk ke kelas melaksanakan tugas piket berdoa sebelum dan sesudah pelajaran. (2) Kegiatan spontan contohnya menegur peserta didik yang melakukan kesalahan membuang sampah pada tempatnya dan membudayakan antri di berbagai tempat. (3) Kegiatan terprogram contohnya upacara bendera setiap hari. kantin kejujuran peringatan hari besar agama dan nasional sholat duhur dan program lingkungan sehat. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan dilakukan dengan tiga cara yaitu kegiatan rutin kegiatan spontan dan kegiatan terprogram. Sekolah juga mengadakan hubungan dengan orang tua untuk memantau perkembangan karakter peserta didik di luar lingkungan sekolah. Karakter yang belum dikembangkan hendaknya sekolah membuat program yang dapat membiasakan karakter. Contohnya untuk karakter gemar membaca sekolah dapat membuat program wajib baca atau wajib kunjungan ke perpustakaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6039

Actions (login required)

View Item View Item