Pengembangan perangkat pembelajaran ekosistem kelas VII Sekolah Menengah Pertama dengan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) berbantuan multimedia kontekstual / Vica Dian Aprelia Resti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran ekosistem kelas VII Sekolah Menengah Pertama dengan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) berbantuan multimedia kontekstual / Vica Dian Aprelia Resti

Resti, Vica Dian Aprelia (2013) Pengembangan perangkat pembelajaran ekosistem kelas VII Sekolah Menengah Pertama dengan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) berbantuan multimedia kontekstual / Vica Dian Aprelia Resti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan perangkat pembelajaran model PBM multimedia kontekstual Permasalahan pembelajaran Biologi pada jenjang pendidikan SMP masih dapat dijumpai yang salah satunya disebabkan perencanaan pembelajaran kurang operasional dalam penyajian permasalahan nyata. Penyebab lainnya ialah pembelajaran ekosistem hanya berfokus pada penguasaan konsep bukan pada pemecahan masalah kontekstual. Alternatif yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran tersebut ialah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran yang mengedepankan penyajian permasalahan nyata dengan melibatkan peran multimedia kontekstual. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Ekosistem kelas VII SMP dengan model PBM berbantuan multimedia kontekstual. Perangkat pembelajaran hasil pengembangan meliputi silabus RPP LKS media dan alat penilaian. Pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model 4D dari Thiagarajan yang meliputi define design develop disseminate akan tetapi hanya dilakukan hingga tahapan develop. Pengembangan perangkat pembelajaran diawali dengan mendeskripsikan adanya berbagai kesenjangan antara tujuan dengan pelaksanakan pembelajaran yang selanjutnya digunakan untuk menghasilkan prototipe. Prototipe perangkat pembelajaran selanjutnya akan melalui tahapan evaluasi formatif dan uji pengembangan. Berdasarkan hasil evaluasi formatif perangkat pembelajaran mengalami perbaikan yang kemudian akan digunakan pada tahap uji pengembangan. Uji pengembangan dilakukan pada siswa kelas VIII yang telah menempuh materi Ekosistem dan siswa kelas VII yang sedang menempuh materi Ekosistem. Hasil evaluasi formatif silabus RPP LKS yang dilakukan oleh ahli perangkat pembelajaran dan guru bidang studi menunjukkan kualifikasi sangat baik dengan rentangan skor 3 5 hingga 3 7. Hasil evaluasi formatif untuk alat penilaian kemampuan berpikir kritis menunjukkan kualifikasi sangat baik dengan skor rata-rata 3 3. Penilaian untuk media juga menunjukkan kualifikasi sangat baik dengan skor rata-rata 3 6. Hasil uji pengembangan terhadap LKS dan media yang dilakukan pada kelas VIII menunjukkan kualifikasi sangat baik. Hasil uji pengembangan pada kelas VII dengan menggunakan angket motivasi belajar dan alat penilaian kemampuan berpikir kritis menujukkan hasil yang reliabel serta dapat dimanfaatkan dalam tahap pengembangan lebih lanjut. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan tersebut maka peneliti memberikan beberapa saran meliputi (1) penggunaan silabus yang memperhatikan pengalaman belajar siswa (2) penggunaan RPP memperhatikan kemampuan guru dalam mendorong siswa untuk mengidentifikasi permasalahan (3) penggunaan LKS perlu mengintegrasikan tahapan model PBM (4) penggunaan multimedia kontekstual perlu diintegrasikan dalam penyusunan LKS (5) penggunaan alat penilaian perlu memperhatikan karakteristik model PBM (6) menyampaikan perangkat pembelajaran pada forum diskusi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan (6) penggunaan strategi metode maupun pendekatan lain dalam penerapan perangkat pembelajaran yang mengintegrasikan model PBM.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60389

Actions (login required)

View Item View Item