Pengembangan perangkat pembelajaran ekosistem dan pencemaran lingkungan bermuatan kecakapan hidup (life skills) menggunakan model inkuiri terbimbing untuk siswa kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Surakarta / Putri Agustina

Agustina, Putri (2013) Pengembangan perangkat pembelajaran ekosistem dan pencemaran lingkungan bermuatan kecakapan hidup (life skills) menggunakan model inkuiri terbimbing untuk siswa kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Surakarta / Putri Agustina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Agustina, Putri. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ekosistem dan Pencemaran Lingkungan Bermuatan Kecakapan Hidup (Life Skills) Meng-gunakan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa Kelas X Sekolah Mene-ngah Atas (SMA) Negeri 3 Surakarta. Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al Muhdhar, MS, (II) Prof. Dr. agr. H. Mohamad Amin, S.Pd, M.Si. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, ekosistem dan pencemaran lingkungan, life skill, inkuiri terbimbing Upaya meningkatkan mutu pendidikan telah dilakukan dengan berbagai cara, namun kualitas pendidikan belum meningkat secara signifikan. Hal ini ditan-dai dengan rendahnya keterserapan lulusan yang berakibat pada tingginya angka pengangguran terutama pada siswa lulusan SMA. Hal ini menunjukkan bahwa re-levansi pendidikan di SMA dengan kehidupan nyata dan dunia kerja masih cukup rendah. Solusi dari permasalahan tersebut adalah melakukan penyempurnaan ku-rikulum yaitu mengintegrasikan muatan kecakapan hidup (life skills) dalam kuri-kulum. Pengembangan perangkat pembelajaran ini merupakan salah satu usaha mengintegrasikan muatan life skills pada muatan wajib Biologi. Pelaksanaan pem-belajaran Biologi yang berorientasi life skills memerlukan model pembelajaran yang tepat yang dapat melatih siswa untuk memecahkan permasalahan dalam ke-hidupan sehari-hari. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan life skills adalah inkuiri terbimbing (guided inquiry). Pengembangan perangkat pembelajaran diorientasikan pada permasalahan yang ada di SMA Negeri 3 Sura-karta yaitu kurangnya kecakapan hidup siswa dan belum adanya perangkat pem-belajaran yang mengintegrasikan muatan life skills dan berbasis guided inquiry. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk pe-rangkat pembelajaran ekosistem dan pencemaran lingkungan bermuatan kecakap-an hidup (life skills) untuk siswa kelas X SMA Negeri 3 Surakarta berupa silabus, RPP, instrumen penilaian, dan modul pembelajaran. Prosedur pengembangan me-ngadaptasi model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari tahap: (1) pe-nelitian dan pengumpulan informasi; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk awal; (4) uji coba terbatas dan revisi produk; serta (5) uji coba utama dan revisi produk. Hasil analisis skor penilaian perangkat pembelajaran menunjukkan rata-rata persentase penilaian <p> oleh ahli materi sebesar 94,66%, ahli desain pembe-lajaran 87,33%, serta praktisi pelaksana pembelajaran sebesar 87,58%. Hasil penilaian modul dalam uji kelompok kecil menunjukkan rata-rata persentase pe-nilaian <p> sebesar 85,185%. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembe-lajaran telah layak diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas. Uji coba utama (main field testing) dilakukan pada dua kelas yaitu kelas X-1 dan X-3 SMA Negeri 3 Surakarta dan dilaksanakan hanya pada Kompetensi Dasar 4.1 dan 4.2. Penerapan perangkat pembelajaran bermuatan life skills dengan model inkuiri terbimbing pada tahap uji coba utama pada materi ekosistem me-nunjukkan hasil gain rata-rata aktual maksimum <g> sebesar 0,54% sedangkan materi pencemaran sebesar 0,61%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa perangkat pembelajaran memiliki tingkat keefektifan medium atau dengan kata lain perangkat pembelajaran bermuatan life skills dengan model inkuiri ter-bimbing telah cukup efektif diterapkan dalam pembelajaran. Hasil pretest dan post test menunjukkan bahwa rata-rata capaian hasil belajar siswa berdasarkan tes me-ningkat dengan diterapkannya perangkat pembelajaran bermuatan life skills meng-gunakan model inkuiri terbimbing. Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilaksanakan, beberapa saran yang dapat disampaikan yaitu: (1) pemanfaatan silabus, RPP, modul, dan instru-men penilaian memerlukan pemahaman yang baik sehingga pelaksanaan pembela-jaran dapat sesuai dengan harapan dikembangkannya perangkat pembelajaran; (2) pada pengembangan lebih lanjut, penelitian ini dapat dilaksanakan sampai pada ta hap uji coba operasional (operational field testing) dan diseminasi; serta (3) perlu sosialisasi baik dalam forum guru MGMP, seminar ilmiah, maupun sosialisasi me lalui situs terkait untuk mendiseminasikan perangkat pembelajaran ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60386

Actions (login required)

View Item View Item