Pengembangan bahan ajar berbasis Weblog teori evolusi berpendekatan molekuler melalui siklus belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir ktitis, pemahaman konsep, dan sikap siswa SMA kelas XII IPA / Wahyu Windari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis Weblog teori evolusi berpendekatan molekuler melalui siklus belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir ktitis, pemahaman konsep, dan sikap siswa SMA kelas XII IPA / Wahyu Windari

Windari, Wahyu (2013) Pengembangan bahan ajar berbasis Weblog teori evolusi berpendekatan molekuler melalui siklus belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir ktitis, pemahaman konsep, dan sikap siswa SMA kelas XII IPA / Wahyu Windari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan bahan ajar weblog teori evolusi molekuler siklus belajar. Pembelajaran teori evolusi di SMAN 1 Giri Banyuwangi pada khususnya masih banyak menghadapi kendala. Kendala yang utama adalah miskonsepsi teori evolusi. Miskonsepsi disebabkankontroversi teori evolusi bahan ajar yang kurang sesuai dan pendekatan pembelajaran yang belum tepat.Berdasarkan identifikasi permasalahan dan hasil pengamatan di lapangan diajukan solusi yang dapat mengurangi miskonsepsi dengan mengembangkan bahan ajar. Penelitian ini untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berbasis weblog teori evolusi berpendekatan molekuler danmenganalisis efektifitas penggunaan bahan ajar berbasis weblog teori evolusi berpendekatan molekuler melalui siklus belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pemahaman konsep dan sikap siswa kelas XII IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Bahan ajar berbasis weblog teorievolusiberpendekatanmolekuler ini dikembangkan menggunakan model 4-D (four D model). Proses pengembangan ini hanya dilakukan tiga langkah yaitu Define(pendefisian) Design (perancangan) Develop(pengembangan). Alasan Pemilihan model pengembangan ini karena model pengembangan ini lebih sederhana dengan langkah-langkah yang tidak rumit sistematis dan dapat secara fleksibel dapat dikombinasikan denganpanduanpengembanganbahan ajar dariDepdiknas. Hasil Penilaian ahli isi/ materi Biologi sebesar 88 37% hasil penilaian ahli pembelajaran Biologi sebesar 85 35% hasil penilaian ahli tehnologi informasi sebesar 90 00%. Respon siswa terhadap fasilitas pendukung kemenarikan kesenangan dan kemudahan terhadap hasil pengembangan bahan ajar 97 14% siswa menyatakan sangat setuju dan 2 14 % siswasetuju menyatakan tidak setuju. Hasil analisis uji t- berpasangan siswa mengalami peningkatan kemampuan berpikir kritis sebesar 76 50% dan pemahaman konsep sebesar 125 63%. Hasil belajar berpikir kritis mencapai ketuntasan klasikal 89 28% dan pemahaman konsep mencapai ketuntasan klasikal 78 57%. Sikap siswa dalam pembelajaran teori evolusi mencapai 67 71% dengan konversi sikap positif . Kesimpulan penelitian pengembangan bahan ajar berbasis weblog teori evolusi berpendekatan molekuler melalui siklus belajar hasil pengembangan sangat layak digunakan dalam pembelajaran siswa kelas XII IPA dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pemahaman konsepdan sikap siswa.Bahan ajar ini dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif untuk pembelajaran yang berpusat pada siswa karena dapat meningkatkan keprofesionalan guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60383

Actions (login required)

View Item View Item