Pengembangan perangkat pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dengan strategi problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep keanekaragaman hayati peserta didik di SMA Negeri 1 Giri - Banyuwangi / Yeti Chotimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dengan strategi problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep keanekaragaman hayati peserta didik di SMA Negeri 1 Giri - Banyuwangi / Yeti Chotimah

Chotimah, Yeti (2013) Pengembangan perangkat pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dengan strategi problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep keanekaragaman hayati peserta didik di SMA Negeri 1 Giri - Banyuwangi / Yeti Chotimah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konstektual PBL Peningkatan Pemahaman Konsep Keanekaragaman Hayati. Tantangan utama bangsa Indonesia dewasa ini dan di masa depan adalah meningkatkan kemampuan kualitas sumber daya manusia. Peningkatan kualitas sumber daya manusia dapat dilakukan melalui perbaikan sistem pendidikan. Perbaikan sistem pendidikan diarahkan kepada proses pengembangan pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat (Depdiknas 2006). Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran di SMA Negeri 1 Giri-Banyuwangi belum sesuai dengan KTSP dan pembelajaran masa kini yang sudah mengarah pada pembelajaran kontekstual. Oleh karenanya penelitian yang dilakukan berupa mengembangkan perangkat pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dan strategi PBL. Tujuan penelitian yakni mengembangkan perangkat pembelajaran berupa silabus RPP LKPD dan instrumen penilaian sekaligus mengaplikasikan produk pengembangan ke dalam penelitian eksperimen untuk mengetahui pengaruh produk pengembangan terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Pemilihan materi invertebrata didasarkan pada masih kurangnya kemampuan peserta didik dalam memahami konsep invertebrata. Rancangan penelitian pengembangan menggunakan model Thiagarajan dan untuk rancangan penelitian eksperimen menggunakan quasi eksperimen. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri I Giri Banyuwangi dengan menggunakan 1 kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Pengambilan sampel berdasarkan homogenitas dan normalitas ulangan harian sebelumnya untuk mengetahi kelas yang digunakan dalam penelitian eksperimen merupakan kelas yang sepadan. Peningkatan kemampuan pemahaman konsep dilihat dari peningkatan KKM peserta didik yang berlaku di SMA Negeri 1 Giri Banyuwangi yakni secara klasikal dianggap tuntas belajar apabila 85% dari jumlah peserta didik mencapai daya serap minimal 76%. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan model Thiagarajan dinyatakan potensial dan dinilai handal untuk digunakan dalam meningkatkan pemahaman konsep keanekaragaman hayati pada peserta didik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus RPP LKPD dan instrumen penilaian. Hasil penelitian eksperimen disimpulkan bahwa ada pengaruh pengimplementasian perangkat pembelajaran yang dikembangkan terhadap peningkatan pemahaman konsep keanekaragaman hayati pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Giri. Peningkatan pemahaman konsep pada kelas eksperimen memperoleh 11 8% dan pencapaian kenaikan KKM memperoleh 9 4% diatas standar daya serap peserta didik yang berlaku di SMA Negeri 1 Giri. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diberikan yakni pengembangan perangkat pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dan strategi PBL selayaknya terus dimanfaatkan oleh guru dan menjadi inspirasi penelitian pengembangan selanjutnya karena akan mengarahkan peserta didik untuk mampu membangun konsepnya sendiri dan mengerti nilai-nilai yang terkandung dalam KBM kegiatan belajar akan lebih berwarna bermakna dan memberikan dampak positif terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Mar 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60382

Actions (login required)

View Item View Item