Pengaruh Project Based Learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa kelas X mata pelajaran Biologi di SMAN 1 Batu / Dewi Insyasiska - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Project Based Learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa kelas X mata pelajaran Biologi di SMAN 1 Batu / Dewi Insyasiska

Insyasiska, Dewi (2013) Pengaruh Project Based Learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa kelas X mata pelajaran Biologi di SMAN 1 Batu / Dewi Insyasiska. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Project Based Learning motivasi kreativitas kemampuan berpikir kritis kemampuan kognitif. Pembelajaran berbasis proyek merupakan pembelajaran yang bersifat kontekstual karena diharapkan dapat merubah cara belajar siswa secara mandiri dengan meningkatkan motivasi belajar meningkatkan kreativitas siswa dalam berkarya memunculkan ide-ide kreatif serta melatih berpikir kritis dalam menyikapi suatu masalah yang dihadapi di dunia nyata. Belajar tidak hanya sekedar tahu namun mampu memecahkan permasalahan secara relevan dan kontekstual kooperatif dan dapat berkolaborasi untuk meningkatkan kemampuan kognitifnya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan rancangan The Non Equivalent Pretest-posttest Control Group Design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran project based learning terhadap peningkatan motivasi belajar kreativitas siswa kemampuan berpikir kritis dan kemampuan kognitif siswa kelas X pada mata pelajaran Biologi di SMAN 1 Batu. Rancangan penelitian ini menggunakan pretest-posttes control group design. Data dianalisis dengan ANACOVA pada taraf signifikansi 0 05. Jika menunjukkan nilai Fhitung signifikan maka perlu dilanjutkan dengan uji homogenitas. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMAN 1 Batu dengan 12 kelas. Sampel penelitian dilakuan dengan teknik random sampling dengan 1 kelas kontrol yaitu kelas X-9 yang diberi pembelajaran secara konvensional dan 1 kelas eksperimen yaitu kelas X-8 yang diberi pembelajaran berbasis proyek. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh pembelajaran project based learning terhadap motivasi belajar siswa berdasarkan hasil uji lanjut LSD rata-rata nilai terkoreksi motivasi belajar pada siswa yang mendapat pembelajaran proyek lebih tinggi 14 5% dari pada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional 2) Ada pengaruh pembelajaran project based learning terhadap kreativitas siswa berdasarkan hasil uji lanjut LSD rata-rata nilai terkoreksi kreativitas pada siswa yang mendapat pembelajaran proyek lebih tinggi 31 1% dari pada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. 3) pembelajaran project based learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis yang ditunjukkan dari hasil uji lanjut LSD rata-rata nilai terkoreksi kemampuan berpikir kritis pada siswa yang mendapat pembelajaran proyek lebih tinggi 34% dari pada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. 4) terdapat pengaruh pembelajaran project based learning terhadap kemampuan kognitif berdasarkan hasil uji lanjut LSD rata-rata nilai terkoreksi kemampuan kognitif pada siswa yang mendapat pembelajaran proyek lebih tinggi 28 9% dari pada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Kesimpulannya project based learning dapat meningkatkan motivasi belajar melatih kreativitas siswa dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kognitif siswa. Dengan pembelajaran berbasis proyek dapat memunculkan kemandirian siswa dalam belajar memotivasi dan melatih siswa dalam bekerjasama dalam tim yang memunculkan ide-ide kreatif yang pada akhir dari proyek ini siswa menghasilkan produk yang dapat menunjukkan pemikiran mereka secara kritis dalam memecahkan permasalahan yang ada di sekitarnya yang berkaitan dengan materi biologi seperti permasalahan yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Dengan demikian maka pembelajaran secara kontekstual melalui pembelajaran proyek ini dapat membantu pemahaman siswa dan meningkatkan kemampuan kognitif siswa mulai dari menganalisis mensintesis mengevaluasi dan mencipta. Berdasarkan hasil penelitian ini sehingga pembelajaran berbasis proyek direkomendasikan untuk diterapkan oleh guru pada pelajaran biologi. Pembelajaran proyek dapat meningkatkan kuaitas pembelajaran tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama dalam perencanaan dan pengambilan keputusan sehingga diperlukan manajemen waktu dan persiapan yang cukup bagi guru dalam melaksanakan PjBL.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60380

Actions (login required)

View Item View Item