Pengaruh strategi problem based learning berbantuan multimedia dan kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa Jurusan Mesin SMKN 1 Jenangan Ponorogo / Dyan Rifiana Malikha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi problem based learning berbantuan multimedia dan kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa Jurusan Mesin SMKN 1 Jenangan Ponorogo / Dyan Rifiana Malikha

Malikha, Dyan Rifiana (2013) Pengaruh strategi problem based learning berbantuan multimedia dan kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa Jurusan Mesin SMKN 1 Jenangan Ponorogo / Dyan Rifiana Malikha. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci PBL berbantuan multimedia kemampuan berpikir kritis hasil belajar Sekolah Menengah Kejuruan sebagai salah satu lembaga pendidikan mengemban tugas untuk mengembangkan potensi siswa sehingga siap bekerja maupun membentuk pribadi yang mandiri dan mampu menempatkan diri sebagai bagian dari masyarakat dan warga negara. Kemampuan adaptasi siswa telah diupayakan realisasinya pada proses pembelajaran di sekolah yaitu melalui mata pelajaran adaptif terutama matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sementara pada sisi lain hasil observasi empirik di lapangan mengindikasikan bahwa kemampuan siswa dalam berpikir kritis masih kurang ketika mereka diminta mencari data atau informasi agar mendapatkan solusi terhadap suatu masalah yang otentik. Siswa juga kurang bisa merumuskan permasalahan yang ada. Hasil belajar siswa juga masih rendah karena sebagian besar siswa kurang mampu menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pengetahuan tersebut akan dimanfaatkan atau diaplikasikan pada situasi baru. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Problem Based Learning berbantuan multimedia terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas XI jurusan mesin SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Strategi pembelajaran PBL dalam penelitian ini diterapkan pada materi lingkungan. Pada umumnya materi lingkungan sering tidak dapat dihadirkan di dalam kelas sehingga penggunaan multimedia pada implementasi strategi pembelajaran PBL pada materi lingkungan sangat sesuai karena dapat menampilkan berbagai format. Mengingat kelas atau rombongan belajar terdiri dari siswa dengan kemampuan akademik yang berbeda maka aspek heterogenitas kelas menjadi salah satu hal yang diperhatikan dalam penelitian ini. Rancangan penelitian ini menggunakan quasi eksperimental (eksperimen semu) dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo pada siswa tingkat XI semester ganjil tahun ajaran 2012/2013 dengan kelas XI TPmD sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TPmC sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dan penentuan perlakuan setiap kelompok dilakukan penunjukan berdasarkan nilai raport semester genap kelas X tahun pelajaran 2011/2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran PBL berbantuan multimedia berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI jurusan mesin SMK Negeri 1 Jenangan. Strategi pembelajaran PBL berbasis multimedia berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas XI jurusan mesin SMK Negeri 1 Jenangan. Kemampuan akademik siswa kelas XI jurusan mesin SMK Negeri 1 Jenangan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran dengan strategi PBL berbantuan multimedia. Kemampuan akademik siswa kelas XI jurusan mesin SMK Negeri 1 Jenangan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA dalam pembelajaran dengan strategi PBL berbantuan multimedia. Interaksi antara strategi pembelajaran PBL berbasis multimedia dengan kemampuan akademik siswa kelas XI jurusan mesin SMK Negeri 1 Jenangan berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis. Interaksi antara strategi pembelajaran PBL berbasis multimedia dengan kemampuan akademik siswa kelas XI jurusan mesin SMK Negeri 1 Jenangan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA. Berdasarkan hasil penelitian dapat diajukan beberapa saran yaitu (1) Peneliti menyarankan agar guru SMK mengimplementasikan strategi PBL berbantuan multimedia sebagai salah satu strategi pembelajaran yang berpotensi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Karakteristik strategi PBL yang menyajikan permasalahan yang menantang dan bersifat interdisipliner memungkinkan adanya penyelidikan autentik dan memberi peluang bekerja kolaboratif dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Sehingga pembelajaran IPA dengan strategi PBL berbantuan multimedia akan membekali siswa kemampuan berpikir kritis dalam menghadapi permasalahan yang dihadapi pada saat di dunia kerja terutama masalah yang berkaitan dengan masalah lingkungan (2) bagi guru yang akan menerapkan strategi pembelajaran PBL berbantuan multimedia agar mempertimbangkan kesiapan siswa kesiapan guru dan ketersediaan sumber belajar serta fasilitas yang akan digunakan dalam implementasi strategi pembelajaran PBL berbantuan multimedia (3) guru diharapkan mampu berperan sebagai fasilitator dalam kerja kelompok diskusi kelompok kegiatan pengamatan atau laboratorium terutama dalam mengaitkan antara masalah autentik dengan materi pelajaran yang diajarkan sehingga dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan akademik tingkat tinggi dalam penguasaan konsep-konsep IPA sekaligus memotivasi siswa untuk berkarya dan belajar dengan baik sesuai dengan tingkat kemampuan yang dimiliki (4) bagi peneliti selanjutnya yang berminat menerapkan strategi PBL berbantuan multimedia hendaknya memperhatikan temuan ini sebagai landasan untuk penelitian lebih lanjut dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60379

Actions (login required)

View Item View Item