Pengaruh problem based learning dipadu strategi numbered heads together terhadap kemampuan metakognitif, berpikir kritis, dan kognitif biologi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Malang / Anyta Kusumaningtias - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh problem based learning dipadu strategi numbered heads together terhadap kemampuan metakognitif, berpikir kritis, dan kognitif biologi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Malang / Anyta Kusumaningtias

Kusumaningtias, Anyta (2013) Pengaruh problem based learning dipadu strategi numbered heads together terhadap kemampuan metakognitif, berpikir kritis, dan kognitif biologi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Malang / Anyta Kusumaningtias. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kusumaningtias Anyta. 2012. Pengaruh Problem Based Learning dipadu Strategi Numbered Heads Together terhadap Kemampuan Metakognitif Berpikir Kritis dan Kognitif Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah M.Pd Pembimbing II Dr. Hj. Sri Endah Indriwati M.Pd. Kata Kunci Problem based learning strategi Numbered Heads Together kemampuan metakognitif berpikir kritis kognitif Problem based learning (PBL) berpotensi melatih siswa untuk meningkatkan kemampuan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan kognitif. Strategi Pembelajaran Numbered Heads Togeher (NHT) digunakan untuk melibatkan siswa dalam penguatan pemahaman pembelajaran atau mengecek pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Strategi pembelajaran kooperatif NHT menyediakan situasi agar siswa bekerja sama antara siswa dengan siswa dan siswa dengan guru. Pembelajaran kooperatif NHT dapat melatih kemampuan siswa dalam memecahkan masalah secara bersama-sama dan dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Dengan demikian gabungan keduanya berpotensi untuk meningkatkan keberhasilan siswa dalam meningkatkan kemampuan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan kemampuan kognitif. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran yang dilakukan di SMA Negeri 5 Malang masih berpusat pada guru. Hal ini mengakibatkan peserta didik malas mencari informasi sendiri mereka cenderung bertanya pada guru yang dianggap sebagai sumber informasi yang dapat dipercaya. Selama ini guru hanya meminta siswa untuk belajar namun jarang mengajari siswa cara belajar akibatnya mereka sulit untuk memecahkan masalah mengambil keputusan berpikir kritis dan berpikir kreatif. Keadaan ini dapat mengakibatkan rendahnya kemampuan metakognitif berpikir kritis dan kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah dipadu strategi NHT terhadap kemampuan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan kemampuan kognitif. Penelitian ini dilakukan dengan metode quasi eksperimen melalui desain Nonrandomized Control Group Pretest-Postest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 5 Malang semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri atas angket inventori metakognitif soal tes uraian untuk mengetahui keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan kemampuan. Angket inventori metakognitif dan soal tes diberikan pada awal dan akhir pembelajaran. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan ANAKOVA. Uji lanjut menggunakan uji Least Significant Different (LSD). Pengujian hipotesis nol dilakukan pada taraf signifikansi 0.5%. Semua proses analisis data dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran PBL dipadu NHT berpengaruh terhadap kemampuan metakognitif dengan nilai F hitung sebesar 19 036 dengan angka signifikasi 0.000 sehingga dapat dikatakan bahwa perpaduan PBL dan NHT berpengaruh sangat signifikan kemampuan berpikir kritis dengan nilai F hitung sebesar 69 840 dengan angka signifikasi 0.000 sehingga dapat dikatakan bahwa perpaduan PBL dan NHT berpengaruh sangat signifikan dan kemampuan kognitif dengan nilai F hitung sebesar 51 784 dengan angka signifikasi 0.000 sehingga dapat dikatakan bahwa perpaduan PBL dan NHT berpengaruh sangat signifikan. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) ada perbedaan rata-rata skor kemampuan metakognitif siswa yang dibelajarkan menggunakan problem based learning dipadu strategi Numbered Heads Together dengan pembelajaran konvensional (2) ada perbedaan rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan menggunakan problem based learning dipadu strategi Numbered Heads Together dengan pembelajaran konvensional dan (3) ada perbedaan rata-rata skor kemampuan kognitif siswa yang dibelajarkan menggunakan problem based learning dipadu strategi Numbered Heads Together dengan pembelajaran konvensional siswa pada materi sistem gerak dan sistem peredaran darah peserta didik kelas XI IPA SMAN 5 Malang tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60376

Actions (login required)

View Item View Item