Ashari, Malik (2013) Hubungan lama pendidikan, kemampuan kognitif biologi lingkungam, faktor budaya, dan tingkat kedisiplinan dengan sikap peduli lingkungan siswa di Sekolah Adiwiyata Mandiri SMAN 1 Geger Madiun tahun pelajaran 2011-2012 / Malik Ashari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci lama pendidikan kemampuan kognitif biologi lingkungan faktor budaya tingkat kedisiplinan sikap peduli lingkungan. Sikap peduli lingkungan merupakan indikasi sikap yang muncul dalam kriteria Sekolah Adiwiyata Mandiri. Sekolah Adiwiyata digulirkan pemerintah dengan harapan dapat mengajak warga sekolah berpartisipasi melestarikan dan menjaga lingkungan. Hal tersebut dilatarbelakangi adanya pencemaran dan kerusakan lingkungan di muka bumi yang semakin lama semakin membahayakan bagi kehidupan manusia. Untuk menumbuhkan sikap peduli lingkungan dapat dipengaruhi oleh lama pendidikan kemampuan kognitif biologi lingkungan faktor budaya dan tingkat kedisiplinan. Lingkungan sekolah merupakan lingkungan kehidupan sehari-hari siswa. Di sekolah siswa tidak hanya berinteraksi dengan teman-teman maupun gurunya tetapi juga berinteraksi dengan lingkungan sekolahnya. Jika lingkungan sekolah ditata dan dikelola dengan baik maka akan menjadi wahana efektif dalam pembentukan pribadi siswa yang peduli lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui hubungan lama pendidikan dengan sikap peduli lingkungan (2) mengetahui hubungan kemampuan kognitif biologi lingkungan dengan sikap peduli lingkungan (3) mengetahui hubungan faktor budaya dengan sikap peduli lingkungan (4) mengetahui hubungan tingkat kedisiplinan dengan sikap peduli lingkungan (5) mengetahui total sumbangan efektif lama pendidikan kemampuan kognitif biologi lingkungan faktor budaya dan tingkat kedisiplinan terhadap sikap peduli lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode survey yang bersifat kuantitatif dan jenis penelitian adalah jenis korelasional yang merupakan hubungan antara dua variabel atau lebih. Pengujian hipotesis menggunakan analisis jalur (path analysis). Dalam mengumpulkan data yang berhubungan dengan lama pendidikan dengan data dokumen sekolah hasil kemampuan kognitif biologi lingkungan dari data hasil tes (dokumen) sedangkan tingkat kedisiplinan faktor budaya dan sikap peduli lingkungan diperoleh dari data angket. Penelitian dilaksanakan antara September 2011 sampai Mei 2012 pada siswa kelas X XI dan kelas XII SMAN 1 Geger Madiun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) lama pendidikan tidak berhubungan secara langsung dengan sikap peduli lingkungan tetapi berhubungan secara tidak langsung dengan sikap peduli lingkungan melalui kemampuan kognitif biologi lingkungan maupun tingkat kedisiplinan. Siswa yang memiliki lebih lama pendidikan belum tentu memiliki sikap peduli lingkungan yang lebih tinggi dari lama pendidikan lebih rendah karena anak tersebut memiliki kemampuan kognitif dan berdisiplin lebih rendah. 2) kemampuan kognitif biologi lingkungan berhubungan secara langsung dengan sikap peduli lingkungan maupun berhubungan secara tidak langsung dengan sikap peduli lingkungan melalui tingkat kedisiplinan. Hal tersebut disebabkan oleh sikap peduli lingkungan dapat lahir dan dilatarbelakangi oleh tingkat pengetahuan kesadaran dan disiplin pribadi di keluarga maupun masyarakat. 3) faktor budaya berhubungan secara langsung dengan sikap peduli lingkungan maupun berhubungan secara tidak langsung dengan sikap peduli lingkungan melalui tingkat kedisiplinan. Hal tersebut disebabkan karena sikap dan pola perilaku disiplin dalam diri individu merupakan hasil dari sosialisasi yang diawali mulai dari lingkungan yang terkecil yaitu keluarga serta lingkungan sosial yang lebih luas yaitu masyarakat. Hal ini dapat dilihat melalui kesadaran mereka dalam mematuhi tata tertib dan mentaati peraturan yang sudah ditetapkan serta kebiasaan mereka dalam menciptakan lingkungan yang nyaman tertib serta bersih. 4) tingkat kedisiplinan berhubungan secara langsung dengan sikap peduli lingkungan. Hal tersebut disebabkan karena disiplin yang terkait dengan sikap peduli lingkungan merupakan sikap tindakan atau perilaku manusia sebagai individu sekaligus warga sekolah yang menyangkut kemampuan (mental) untuk dapat menerima menerapkan dan melaksanakan kaidah-kaidah atau aturan yang berlaku dengan menerapkan cara hidup yang teratur dan tertib dalam lingkungan sekolah. Dari hasil penelitian dihasilkan bahwa faktor budaya mempunyai sumbangan efektif terbesar terhadap sikap peduli lingkungan sebanyak 26 12% disusul tingkat kedisiplinan sebesar 7 19% kemudian kemampuan kognitif biologi lingkungan sebesar 3 26% dan sumbangan efektif terendah pada lama pendidikan terhadap sikap peduli lingkungan sebesar 0 13%. Bertitik tolak pada hasil penelitian tersebut disampaikan beberapa saran sebagai berikut (1) hendaknya dari pihak siswa guru kepala sekolah dinas pendidikan dan kantor lingkungan hidup memperhatikan dan melaksanakan komponen faktor budaya kedisiplinan dan kemampuan kognitif biologi lingkungan untuk menumbuhkan sikap peduli lingkungan pada siswa dalam rangka mencapai Sekolah Adiwiyata Mandiri yang selalu diprogramkan oleh pemerintah (2) hasil penelitian lama pendidikan kemampuan kognitif biologi lingkungan faktor budaya dan tingkat kedisiplinan baru bisa mengungkap 36 70% terhadap sikap peduli lingkungan. Sisanya 63 3% disarankan ada penelitian lanjutan dengan menggunakan variabel lain di luar variabel yang diteliti.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60374 |
Actions (login required)
View Item |