Pengaruh pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan proses dan hasil belajar kognitif siswa pada matapelajaran biologi kelas X SMA Negeri 1 Probolinggo tahun pelajaran 2012-2013 / Gumun Nilawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan proses dan hasil belajar kognitif siswa pada matapelajaran biologi kelas X SMA Negeri 1 Probolinggo tahun pelajaran 2012-2013 / Gumun Nilawati

Nilawati, Gumun (2013) Pengaruh pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan proses dan hasil belajar kognitif siswa pada matapelajaran biologi kelas X SMA Negeri 1 Probolinggo tahun pelajaran 2012-2013 / Gumun Nilawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran inkuiri keterampilan proses hasil belajar kognitif. Salah satu indikator keberhasilan pendidikan disekolah adalah kualitas atau prestasi hasil belajar siswa dan adanya perubahan perilaku siswa kearah yang lebih baik. Upaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia tampak dari adanya perubahan paradigma pembelajaran dari berpusat pada guru menuju berpusat pada siswa dari satu arah menuju interaktif dari isolasi menuju lingkungan jejaring dari pasif menuju aktif-menyelidiki dari maya/abstrak menuju konteks dunia nyata dari pribadi menuju pembelajaran berbasis tim dari alat tunggal menuju alat multimedia dari hubungan satu arah bergeser menuju kooperatif dari produksi massa menuju kebutuhan pelanggan. Oleh karena itu penentuan pendekatan dan metode pembelajaran yang tepat akan ikut menentukan keberhasilan perubahan paradigma pembelajaran tersebut. Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dan terbuka akan memfasilitasi siswa menguasai berbagai keterampilan proses sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui adanya perbedaan keterampilan proses siswa pada matapelajaran biologi di SMA Negeri 1 Probolinggo antara yang diberi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan yang diberi pembelajaran konvensional (2) mengetahui adanya perbedaan keterampilan proses siswa pada matapelajaran biologi di SMA Negeri 1 Probolinggo antara yang diberi pembelajaran inkuiri terbuka dengan yang diberi pembelajaran konvensional (3) mengetahui adanya perbedaan keterampilan proses siswa pada matapelajaran biologi di SMA Negeri 1 Probolinggo antara yang diberi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan yang diberi pembelajaran inkuiri terbuka (4) mengetahui adanya perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada matapelajaran biologi di SMA Negeri 1 Probolinggo antara yang diberi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan yang diberi pembelajaran konvensional (5) mengetahui ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada matapelajaran biologi di SMA Negeri 1 Probolinggo antara yang diberi pembelajaran inkuiri terbuka dengan yang diberi pembelajaran konvensional (6) mengetahui adanya perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada matapelajaran biologi di SMA Negeri 1 Probolinggo antara yang diberi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan yang diberi pembelajaran inkuiri terbuka. Penelitian ini eksperimen semu (quasi experiment design) dengan rancangan eksperimen Non Random Pre-test post-test Control Group untuk mengungkapkan hubungan sebab akibat yang melibatkan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes keterampilan proses dan tes hasil belajar kognitif melalui tahap pretes dan postes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Anakova (Analysis of Covariance) untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Bila hasil analisis signifikan (variabel bebas berpengaruh pada variabel terikat) maka analisis dilanjutkan dengan uji lanjut (LSD) dengan menggunakan program statistik software SPSS 15 for Windows dengan taraf signifikansi 0 05 (p 0 05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan keterampilan proses siswa pada matapelajaran biologi di SMA Negeri 1 Probolinggo antara yang diberi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan yang diberi pembelajaran konvensional (2) terdapat perbedaan keterampilan proses siswa pada matapelajaran biologi di SMA Negeri 1 Probolinggo antara yang diberi pembelajaran inkuiri terbuka dengan yang diberi pembelajaran konvensional (3) tidak terdapat perbedaan keterampilan proses siswa pada matapelajaran biologi di SMA Negeri 1 Probolinggo antara yang diberi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan yang diberi pembelajaran inkuiri terbuka (4) terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada matapelajaran biologi di SMA Negeri 1 Probolinggo antara yang diberi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan yang diberi pembelajaran konvensional (5) terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada matapelajaran biologi di SMA Negeri 1 Probolinggo antara yang diberi pembelajaran inkuiri terbuka dengan yang diberi pembelajaran konvensional (6) tidak terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada matapelajaran biologi di SMA Negeri 1 Probolinggo antara yang diberi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan yang diberi pembelajaran inkuiri terbuka. Berdasarkan hasil dan kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini dapat diajukan beberapa saran yang dapat dipertimbangkan bagi semua pihak yang berkepentingan sebagai berikut (1) Bagi para guru khususnya guru biologi dalam rangka meningkatkan kemampuan keterampilan proses dan hasil belajar kognitif siswa hendaknya lebih sering melatih siswa dengan berbagai metode pembelajaran yang sesuai terutama metode pembelajaran yang dapat melatih siswa dalam mengkonstruk pengetahuan dan menemukan konsep sehingga siswa memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai adalah pembelajaran inkuiri terbimbing atau inkuiri terbuka (2) bagi siswa untuk lebih meningkatkan kemampuan keterampilan proses dan hasil belajar kognitifnya sebaiknya siswa lebih aktif bertanya kepada guru mencari sumber belajar/referensi lain serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok maupun diskusi kelas (3) bagi sekolah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu dasar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran biologi dengan mengembangkan pembelajaran inkuiri terbimbing atau inkuiri terbuka. (4) bagi pemerintah daerah melalui dinas pendidikan penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu dasar dalam mengambil keputusan pengembangan pembelajaran inkuiri secara terpadu antar bidang studi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60372

Actions (login required)

View Item View Item