Pengembangan perangkat pembelajaran respon dan adaptasi hewan pada mata kuliah ekologi hewan berbasis multimedia interaktif / Abbassyakhrin

Abbassyakhrin (2012) Pengembangan perangkat pembelajaran respon dan adaptasi hewan pada mata kuliah ekologi hewan berbasis multimedia interaktif / Abbassyakhrin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Perangkat pembelajaran, Ekologi Hewan, multimedia interaktif. Perangkat pembelajaran sebagai dokumen kurikulum, memiliki struktur dan peran yang berbeda-beda, namun saling terkait satu dengan yang lain dalam pelaksanaan pembelajaran. Proses pembelajaran hendaknya didesain dalam bentuk yang kreatif dan sistematis untuk memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik dengan kualitas yang lebih baik. Upaya kreatif dan sistematis tersebut, salah-satunya dapat ditempuh dengan penggunaan perangkat pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Pengalaman pengembang sebagai salah satu pengajar pada program studi pendidikan biologi STKIP Bima menunjukkan bahwa, perangkat pembelajaran yang telah tersedia, masih perlu dikembangkan agar dapat mendukung pelaksanaan pembelajaran dan pencapaian tujuan pembelajaran secara optimal. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan perangkat pembelajaran ekologi hewan pada materi pokok respon dan adaptasi hewan, meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), multimedia interaktif pembelajaran, dan instrumen penilaian. Prosedur pengembangan yang dilaksanakan terdiri dari tujuh tahap yang merupakan hasil adaptasi model pengembangan Dick & Carey , terdiri dari: (1) Menyusun Silabus Mata Kuliah (2) mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), (3) mengembangkan instrumen penilaian, (4) mengembangkan draft awal multimedia interaktif pembelajaran, (5) melaksanakan validasi, (6) melaksanakan revisi, dan (7) melaksanakan uji coba produk. Berdasarkan hasil analisis data angket tanggapan ahli isi materi pembelajaran, diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,03 atau dibulatkan menjadi 3. Hasil analisis data angket tanggapan ahli desain media pembelajaran, diperoleh nilai rata-rata sebesar 2,93 atau dibulatkan menjadi 3. Hasil analisis data angket tanggapan dosen sejawat, diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,33 atau dibulatkan menjadi 3. Hasil analisis data angket tanggapan mahasiswa, diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,37 atau dibulatkan menjadi 3. Berdasarkan Tabel kriteria kelayakan, maka keseluruhan nilai tersebut termasuk pada kategori baik. Nilai hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis multimedia interaktif, yaitu sebanyak 25 orang mahasiswa atau 83% tuntas secara individu atau mendapat nilai hasil belajar di atas 70 dan 5 orang mahasiswa atau 17% yang belum tuntas secara individu, atau mendapat nilai di bawah 70. Saran pemanfaatan bagi dosen pengampu mata kuliah ekologi hewan, multimedia interaktif pembelajaran dapat digunakan sebagai salah satu media alternatif dalam proses pembelajaran ekologi hewan bagi mahasiswa program studi pendidikan Biologi STKIP Bima pada materi respon dan adaptasi hewan. Bagi mahasiswa, multimedia pembelajaran interaktif hasil pengembangan ini dapat dimanfaatkan sebagai media belajar secara mandiri maupun kelompok. Saran Diseminasi perangkat pembelajaran yang dihasilkan dari penelitian pengembangan 1) Mengadakan seminar skala regional bahkan nasional tentang pengembangan perangkat pembelajaran yang saling terintegrasi, 2) Diperkenalkan pada forum seminar atau diskusi, 3) Diproduksi dalam bentuk DVD dan diterbitkan melalui suatu lembaga penerbit 4) Dimuat pada fasilitas e-learning yang disediakan oleh perguruan tinggi. Saran Pengembangan Lebih Lanjut 1) melaksanakan tahap analisis pebelajar dan konteks pembelajaran secara menyeluruh pada tahap awal pengembangan perangkat pembelajaran, agar produk yang dihasilkan lebih tepat, dan sesuai dengan konteks pembelajaran. 2) melaksanakan tahap uji coba lapangan yang lebih luas untuk mengetahui kemanfaatan perangkat pembelajaran, 3) melakukan pengembangan pada seluruh bahan kajian mata kuliah ekologi hewan, 4) pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) perlu mempertimbangkan penggunaan strategi pembelajaran yang lain, agar kegiatan pembelajaran lebih bervariasi, 5) selain ranah kognitif pengembangan selanjutnya perlu mengembangkan instrumen penilaian pada ranah afektif dan psikomotorik, 6) Multimedia interaktif pembelajaran perlu dilengkapi dengan panduan penggunaan bagi dosen dan mahasiswa, 7) pengembangan lebih lanjut perlu menambah gambar-gambar, video hasil pengamatan langsung atau dokumentasi dari pengembang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60370

Actions (login required)

View Item View Item