Implementasi pendidikan karakter melalui pendekatan saintifik di kelas IV semester genap sekolah dasar negeri gugus V Kecamatan Blimbing Kota Malang / Ayip Herdima - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendidikan karakter melalui pendekatan saintifik di kelas IV semester genap sekolah dasar negeri gugus V Kecamatan Blimbing Kota Malang / Ayip Herdima

Herdima, Ayip (2015) Implementasi pendidikan karakter melalui pendekatan saintifik di kelas IV semester genap sekolah dasar negeri gugus V Kecamatan Blimbing Kota Malang / Ayip Herdima. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Herdima Ayip. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter melalui Pendekatan Saintifik di Kelas IV Semester Genap Sekolah Dasar Negeri Gugus V Kecamatan Blimbing Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sukamti M.Pd (II) Drs. Dimyati S.Pd M.Pd. Kata Kunci implementasi pendidikan karakter pendekatan saintifik Dewasa ini semakin sering kita menjumpai secara langsung ataupun melalui pemberitaan media cetak/elektronik mengenai kenakalan yang melibatkan pelajar. Untuk itu diperlukan penanganan sejak dini dalam mengatasi permasalahan ini salah satunya yaitu dengan menerapkan pendidikan karakter di sekolah. Pemerintah terkait dengan hal ini membuat kebijakan dengan menerbitkan Kurikulum 2013 yang menekankan pada pendidikan karakter. Selanjutnya dalam praktik proses pembelajaran pendekatan pembelajaran yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Pelaksanaan pendekatan saintifik di kelas IV (2) Pelaksanaan pendidikan karakter pada saat langkah kegiatan mengamati di kelas IV (3) Pelaksanaan pendidikan karakter pada saat langkah kegiatan menanya di kelas IV (4) Pelaksanaan pendidikan karakter pada saat langkah kegiatan mengumpulkan informasi di kelas IV (5) Pelaksanaan pendidikan karakter pada saat langkah kegiatan mengasosiasi di kelas IV (6) Pelaksanaan pendidikan karakter pada saat langkah kegiatan mengkomunikasikan di kelas IV (7) Kendala yang dihadapi guru ketika melakukan pendidikan karakter melalui pendekatan saintifik di kelas IV dan (8) Solusi guru untuk mengatasi kendala pada saat melakukan pendidikan karakter melalui pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dokumentasi serta wawancara. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa seluruh guru kelas IV yang tergabung dalam gugus V Kecamatan Blimbing telah menggunakan pendekatan saintifik dalam proses pembelajarannya dan sudah dapat menanamkan nilai-nilai karakter melalui setiap langkah kegiatan pembelajarannya. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian yaitu hendaknya guru lebih memanfaatkan fungsi RPP sebagai sarana guru agar lebih siap dalam melakukan kegiatan pembelajaran membentuk kompetensi dan karakter siswa dengan perencanaan yang matang. Selanjutnya bagi kepala sekolah hendaknya dalam menyukseskan pendidikan karakter dapat menggunakan cara sosialisasi. Sosialisasi bertujuan untuk mengenalkan tentang visi dan misi sekolah serta pendidikan karakter yang akan diimplementasikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6037

Actions (login required)

View Item View Item