Pengaruh strategi PBL dan kooperatif STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah, berpikir kritis, kesadaran metakognitif, dan penguasaan konsep biologi siswa kelas X SMA Negeri 9 Balikpapan / Tamri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi PBL dan kooperatif STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah, berpikir kritis, kesadaran metakognitif, dan penguasaan konsep biologi siswa kelas X SMA Negeri 9 Balikpapan / Tamri

Tamri (2012) Pengaruh strategi PBL dan kooperatif STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah, berpikir kritis, kesadaran metakognitif, dan penguasaan konsep biologi siswa kelas X SMA Negeri 9 Balikpapan / Tamri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Strategi pembelajaran kemampuan pemecahan masalah berpikir kritis metakognitif dan penguasaan konsep biologi. Pencapaian tujuan pendidikan dituangkan ke dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) tahun 2006 khususnya satuan pendidikan di SMA tersurat bahwa pembelajaran biologi di SMA antara lain bertujuan (1) memupuk sikap ilmiah yaitu jujur objektif terbuka kritis dan dapat bekerjasama dengan orang lain (2) mengembangkan pengalaman mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan (3) mengembangkan kemampuan berpikir analitis induktif deduktif dengan menggunakan konsep dan prinsip biologi (4) mengembangkan penguasaan konsep dan pengetahuan keterampilan dan sikap percaya diri (5) mampu menghasilkan karya teknologi sederhana dan (6) berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan (Permendiknas No 22 Tahun 2006). Ini berarti bahwa tujuan pembelajaran biologi di SMA harus mampu mengembangkan potensi siswa sehingga memiliki kemampuan pemecahan masalah kemampuan berpikir kritis memiliki kesadaran metakognitif dan memiliki pemahaman konsep (pengetahuan) kognitif yang baik. Berdasarkan hasil tes semester I tahun pelajaran 2011/2012 mata pelajaran biologi SMA Negeri 9 Balikpapan untuk kelas X-5 memperoleh 60 0% kelas X-6 sebesar 63 3% dan kelas X-8 sebesar 60 0% siswa yang mencapai nilai KKM berarti secara umum perolehan skor masih dibawah standar KKM. Salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan siswa seperti tersebut di atas maka perlu penerapan strategi pembelajaran PBL kooperatif STAD dan integrasi PBL dan STAD dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini adalah squasi eksperimen terdiri variabel bebas yaitu strategi pembelajaran PBL STAD integrasi PBL dan STAD dan variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah berpikir kritis kesadaran metakognisi dan penguasaan konsep biologi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Balikpapan semester genap tahun ajaran 2011/2012 pada pokok bahasan keanekaragaman hayati. Sampel sebanyak 90 orang sebagai subjek penelitian. Data dianalisis diskriptif dan inferensial dengan statistik Anava pada alpha 0 05 menggunakan bantuan program Statistical Package for Sosial Sciences (SPSS) 16 0 for windows. Hasil penelitian ada pengaruh signifikan kemampuan pemecahan masalah antara strategi pembelajaran PBL kooperatif STAD dan integrasi PBL dan STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Balikpapan. Penerapan strategi PBL signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah jika dibandingkan dengan strategi kooperatif STAD dan integrasi PBL dan STAD. Penerapan strategi pembelajaran kooperatif STAD dan integrasi PBL dan STAD signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep dibandingkan dengan strategi PBL. Ada pengaruh strategi pembelajaran PBL kooperatif STAD dan integrasi PBL dan STAD terhadap kesadaran metakognitif pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Balikpapan penerapan strategi pembelajaran kooperatif STAD signifikan jika dibandingkan dengan strategi pembelajaran PBL dan integrasi PBL dan STAD. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) strategi PBL baik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah (2) strategi kooperatif STAD cocok untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan metakognitif dan (3) strategi kooperatif STAD dengan integrasi PBL dan STAD dapat meningkatkan penguasaan konsep biologi. Saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian adalah (1) bagi guru biologi hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan masukan dalam memilih strategi pembelajaran strategi PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. (2) agar kiranya menggunakan strategi kooperatif STAD dan integrasi PBL dan STAD sebab strategi pembelajaran tersebut dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan penguasaan konsep. (3) agar kiranya menggunakan strategi STAD sebab strategi pembelajaran tersebut dapat meningkatkan kesadaran metakognitif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60368

Actions (login required)

View Item View Item