Priyanti, Weni Catur (2012) Pengaruh dtrategi pembelajaran Think Pair Share dipadu Reciprocal Teaching dan kemampuan akademik terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas X SMAN 1 Grati / Weni Catur Priyanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Reciprocal Teaching Think Pair Share Keterampilan Metakognisi Tantangan persaingan dalam dunia global di Era Pasar Bebas yang semakin tidak terelakkan lagi bagi bangsa Indonesia menuntut pemerintah menyempurnakan seluruh lini program pembangunan nasional termasuk dalam bidang pendidikan. SDM kita masih rendah berarti mutu pendidikan pun masih rendah. Prinsip Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) bahwa selain belajar seumur hidup juga belajar melalui berbuat mengembangkan kecerdasan intelektual emosional spiritual dan sosial belajar mandiri dan belajar kerja sama dan kegiatan yang berpusat pada siswa. Berpikir kritis dan kreatif merupakan bagian dari keterampilan dan kemampuan berpikir. Kemampuan berpikir tentang proses berpikir yang melibatkan berpikir tingkat tinggi dikenal sebagai metakognisi. Salah satu strategi pembelajaran yang berpotensi dapat meningkatkan Keterampilan Metakognisi dan hasil belajar siswa adalah strategi integrasi Reciprocal Teaching dan Think-Pair-Share. Keunggulan strategi ini pada fase meringkas dapat melatih siswa dalam mengelola informasi karena dengan meringkas diperlukan kegiatan membaca sehingga memunculkan ide dan merangkum ide juga dalam meringkas ada kegiatan mengevaluasi dan merevisi agar tulisan menjadi bermakna. Strategi TPS merupakan strategi pembelajaran kooperatif yang menekankan kemampuan berpikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh strategi pembelajaran Think Pair Share dan Reciprocal Teaching terhadap Keterampilan Metakognisi dan hasil belajar siswa SMA. 2) perbedaan Keterampilan Metakognisi dan hasil belajar pada siswa berkemampuan akademik tinggi dan rendah. 3) pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran Think Pair Share dan Reciprocal Teaching dan kemampuan akademik terhadap Keterampilan Metakognisi dan hasil belajar kognitif siswa SMA. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen. Variabel bebas adalah strategi pembelajaran dan kemampuan akademik. Variabel terikat adalah Keterampilan Metakognisi dan hasil belajar kognitif siswa. Populasi penelitian semua siswa kelas X SMAN 1 Grati semester ganjil tahun pelajaran 2010/ 2011. Penarikan sampel dengan tehnik cluster random sampling sampel terdiri empat kelas dengan 4 strategi masing-masing kelas 32 siswa. Kelas X2 diperlakukan strategi RT kelas X7 dengan strategi integrasi RT dan TPS X3 strategi konvensional dan kelas X8 strategi TPS. Sampel penelitian 33 3% siswa kemampuan akademik tinggi dan 33 3% siswa kemampuan akademik rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik tes untuk memperoleh data skor hasil belajar kognitif dan keterampilan metakognisi siswa. Uji hipotesis digunakan tehnik analisis kovarian (anacova) pada taraf signifikansi 0 05. Analisis data menggunakan Fasilitas SPSS for windows. Jika menunjukkan nilai Fhitung signifikan maka perlu dilanjukan uji beda. Sebelum uji kovarian dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Hasil analisis menunjukkan terdapat pengaruh strategi pembelajaran terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar kognitif siswa. Strategi pembelajaran RT lebih tinggi dibanding dengan 3 strategi lain sepeti TPS konvensional dan integrasi RT-TPS yang memiliki rerata keterampilan metakognisi dan hasil belajar yang setara karena siswa belum terbiasa dengan strategi gabungan. Kemampuan akademik tidak berpengaruh nyata terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar kognitif siswa. Rata-rata skor terkoreksi keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa kemampuan akademik tinggi dan kemampuan akademik rendah tidak ada perberbedaan secara signifikan. Tidak terdapat pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan temuan tersebut maka secara umum dapat disimpulkan bahwa 1). Strategi pembelajaran berpengaruh nyata terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa namun Integrasi RT-TPS belum maksimal meningkatkan keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa karena tidak berbeda nyata dengan strategi TPS dan konvensional dibandingkan dengan strategi RT sehingga integrasi RT-TPS belum siap diimplementasikan saaat ini dan perlu diteliti ulang oleh orang lain untuk kondisi siswa yang tidak berbeda 2) kemampuan akademik tinggi maupun rendah memiliki pengaruh sama terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar kognitif siswa 3) tidak ada pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa. Integrasi RT dan TPS belum dapat diterapkan dalam pembelajaran Biologi di SMAN 1 Grati pada materi Keaneka Ragaman Mahluk Hidup. Mengacu pada hasil penelitian ini maka disarankan agar 1) dalam memaksimalkan strategi RT-TPS diperlukan orang lain untuk meneliti ulang pada kondisi siswa yang tidak berbeda 2) dalam melaksanakan pembelajaran Biologi guru perlu mempertimbangkan materi dan kondisi siswa serta perlu mengembangkan strategi-strategi lain 3) dalam menerapkan strategi pembelajaran RT-TPS ini perlu dikembangkan pada mata pelajaran lain di sekolah agar guru dapat lebih berinovasi dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih cocok.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60365 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |