Halimah, Umu (2012) Penerapan strategi pembelajaran inkuiri berbasis lesson study untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Kepanjen Malang / Umu Halimah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Herawati Susilo M.Sc Ph.D (II) Dr. Hj Sri Endah Indriwati M.Pd. Kata kunci inkuiri lesson study motivasi belajar hasil belajar Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang berlaku saat ini menuntut diterapkannya strategi pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan ketrampilan proses dan sikap ilmiah dengan tujuan untuk memahami konsep-konsep dan mampu memecahkan masalah. Berdasarkan pengalaman peneliti dan hasil observasi pada tanggal 10 Oktober 2011 peneliti mendapat informasi bahwa selama ini proses pembelajaran biologi di SMAN 1 Kepanjen lebih banyak menggunakan metode ceramah tanya jawab diskusi dan praktikum. Motivasi belajar siswa relatif masih rendah hasil belajar siswa kelas X7 secara umum masih kurang memuaskan. Hasil ulangan terakhir menunjukkan siswa yang tuntas belajar sesuai dengan KKM yang ditetapkan sekolah 76 hanya 63 3%. Berdasarkan alasan tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kegiatan belajar pada siswa sehingga siswa memperoleh konsep dengan pengalamannya sendiri dan mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari yaitu melalui pembelajaran dengan strategi inkuiri berbasis lesson study. Berdasarkan fakta dan permasalahan tersebut tujuan penelitian ini adalah 1) meningkatkan motivasi belajar siswa dan 2) meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (clasroom action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus tiap siklus terdiri dari empat pertemuan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-7 semester gasal tahun pelajaran 2011-2012 SMAN 1 Kepanjen Malang yang jumlah siswanya 30 orang. Data motivasi belajar diperoleh dari angket motivasi belajar dan lembar observasi pada siklus I siklus II dan siklus III yang dianalisis untuk mengetahui tingkat ketercapaian motivasi dalam setiap siklus. Data hasil belajar kognitif diperoleh dari hasil ulangan siklus I siklus II dan siklus III yang dianalisis untuk mengetahui peningkatan ketuntasan klasikal. Data hasil belajar afektif diperoleh dari lembar observasi siklus I siklus II dan siklus III yang dianalisis untuk mengetahui peningkatan ketuntasan klasikal. Data hasil belajar psikomotor diperoleh dari lembar observasi siklus I siklus II dan siklus III yang dianalisis untuk mengetahui peningkatan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dan dari siklus II ke siklus III. Peningkatan motivasi belajar ini karena dengan strategi inkuiri berbasis lesson study siswa dilatih menemukan konsep atau jawaban suatu masalah yang menjadikan siswa lebih antusias dan mendorong siswa untuk mencari jawaban melalui pengamatan langsung. 2) Hasil belajar kognitif siswa yang diukur dengan persentase ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dan dari siklus II ke siklus III. Peningkatan hasil belajar kognitif terjadi karena dengan strategi inkuiri berbasis lesson study siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran siswa belajar menemukan dan menyelesaikan masalah siswa dilatih untuk merumuskan masalah merumuskan hipotesis mengumpulkan data analisis data dan menyusun kesimpulan. Kegiatan tersebut meningkatkan pemahaman konsep dan berdampak pada hasil belajar kognitif siswa. 3) Hasil belajar afektif siswa yang diukur dengan persentase ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dan dari siklus II ke siklus III. Peningkatan hasil belajar afektif terjadi karena dengan strategi inkuiri berbasis lesson study siswa bekerjasama dengan kelompok aktif melakukan pengamatan mengum- pulkan data menganalisis data kegiatan ini meningkatkan aspek kerjasama kerajinan ketekunan dan keberanian menyampaikan pendapat. 4) Hasil belajar psikomotor siswa yang diukur dengan persentase ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dan dari siklus II ke siklus III. Peningkatan hasil belajar psikomotor terjadi karena strategi inkuiri dilaksanakan dengan praktikum pengamatan Protista dan jamur siswa aktif melakukan pengamatan menggambar dan menganalisis data. Kegiatan ini meningkatkan kemampuan psikomotor siswa. Kesimpulan pada akhir penelitian ini adalah penerapan strategi pem- belajaran inkuiri berbasis lesson study dapat meningkatkan motivasi belajar dapat meningkatkan hasil belajar kognitif hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotor siswa.Berdasarkan hasil kesimpulan dan temuan pada penelitian ini disarankan kepada guru untuk 1) mengecek atau menyeleksi alat yang akan digunakan untuk pengamatan 2) menyiapkan bahan yang akan digunakan untuk pengamatan agar kegiatan praktikum berjalan lancar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60364 |
Actions (login required)
View Item |