Baroroh, Hamidah Barid (2012) Implementasi strategi inkuiri melalui lesson study untuk meningkatkan kinerja guru dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA MAN Gondanglegi tahun 2011/2012 / Hamidah Barid Baroroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. (II) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati M.Pd. Kata kunci strategi inkuiri lesson study kinerja guru hasil belajar MAN Gondanglegi merupakan sekolah setingkat SMA di bawah naungan Kemenag RI. Siswa MAN Gondanglegi berasal dari lulusan Madrasah tsanawiyah dan SMP Negeri ataupun swasta tanpa seleksi ketat berapapun jumlah NEM-nya bisa masuk sehingga untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di jenjang universitas perlu proses pembelajaran yang lebih bermakna bagi siswa. Kenyataan di lapangan bahwa hasil belajar masih belum menuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. (Sumber Buku Daftar Nilai Guru Tahun 2011). Pembelajaran IPA di MAN Gondanglegi belum pernah diarahkan pada pembelajaran Inkuiri seperti yang telah diamanatkan dalam kurikulum. Proses pembelajaran lebih banyak ke guru sebagai pusat pembelajaran yang diselingi dengan penugasan serta diskusi. Guru-guru juga belum terbiasa merancang atau menyusun RPP sendiri begitu pula dengan LKS masih belum terbiasa menyusun yang sesuai dengan RPP yang telah dirancang. Guru-guru belum terbiasa melaksanakan pembelajaran dengan melihat dan melaksanakan RPP-nya sendiri dan belum pernah merefleksi proses pembelajaran yang telah dilaksanakan. Berdasarkan temuan di atas dilakukan penelitian ini dengan tujuan 1) mendeskripsikan kinerja guru dalam mengajar biologi bagi siswa kelas XI IPA MAN Gondanglegi tahun pelajaran 2011/2012 melalui implementasi strategi inkuiri berbasis studi pembelajaran (lesson study). 2) mendeskripsikan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA MAN Gondanglegi tahun pelajaran 2011/2012 melalui implementasi strategi inkuiri berbasis studi pembelajaran (lesson study.) Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas berbasis lesson study terdiri dari 2 (dua) siklus dengan 5 (lima) kali pertemuan di masing-masing siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan (planning) kemudian tindakan (action) pengamatan (observasi) dan refleksi mengacu pada lesson study yang terdiri dari tahapan perencanaan (plan) pelaksanaan (do) dan refleksi (see). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kinerja guru tampak pada kegiatan membuka pembelajaran kedisiplinan guru dalam menyampaikan tujuan dan indikator yang ingin dicapai sangat baik Peningkatan kinerja guru juga tampak pada kegiatan inti pembelajaran kemampuan menanamkan konsep atau prinsip biologi dengan menggunakan pendekatan strategi inkuiri mengembangkan kemampuan siswa untuk merumuskan masalah menyusun hipotesis membantu siswa dalam melakukan eksperimen dan menganalisis data hasil pengamatan setelah diterapkan strategi inkuiri guru semakin terampil untuk menerapkannya. Pada kegiatan penutup guru juga selalu melakukan refleksi dan/ atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa. Peningkatan hasil belajar ranah kognitif dapat dilihat dari ketuntasan klasikal dan ketuntasan belajar siswa. Ketuntasan klasikal dari siklus I ke siklus II meningkat sebanyak 5 89% sedangkan siswa yang tuntas belajarnya sebanyak 27 siswa di siklus I dan 29 siswa di siklus II. Indikator A bekerja dengan jujur dan teliti nilainya mencapai 89% di siklus II sudah lebih baik jika dibandingkan dengan di siklus I yaitu 85%. Indikator B yaitu kemampuan dalam bekerjasama dalam kelompok siswa sudah mampu bekerja kelompok dengan baik nilainya di siklus I 75% pada siklus II menjadi 90%. Indikator C yaitu berpartisipasi aktif dalam diskusi pada siklus I yaitu 86% meningkat menjadi 90% di siklus II. Indikator D menghargai pendapat orang lain dalam diskusi nilainya mencapai 89% di siklus I meningkat menjadi 95% di siklus II sedangkan indikator E bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan oleh guru nilainya 90% di siklus I meningkat menjadi 95% di siklus II. Hasil belajar ranah psikomotor pada siklus II dari ke 3 indikator semuanya memiliki nilai di atas standar ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Indikator A yaitu menggunakan alat dan bahan dengan baik dan benar nilainya mencapai 90 meningkat dibandingkan dengan siklus I yaitu 80 sementara indikator B kemampuan mengamati dengan indera yang sesuai dan indikator C yaitu kemampuan melakukan pengamatan sesuai prosedur kerja nilainya masingmasing 95 lebih tinggi dibandingkan dengan siklus I nilainya yaitu 85. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut 1) implementasi strategi inkuiri melalui Lesson Study meningkatkan kualitas kinerja guru dalam mengajar biologi siswa kelas XI IPA MAN Gondanglegi tahun pelajaran 2011/2012. 2) Implementasi strategi inkuiri melalui Lesson Study meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA MAN Gondanglegi tahun pelajaran 2011/2012. Saran dari penelitian ini hendaknya benar-benar memahami sintak inkuiri karena dalam pelaksanaannya membutuhkan perangkat pembelajaran yang berinkuiri. Bagi peneliti lain yang akan menerapkan strategi inkuiri dalam pembelajaran dengan menggunakan video sebaiknya lebih memperjelas tampilan materi pada video tersebut sehingga memudahkan siswa dalam merumuskan masalah. Bagi guru yang ingin menerapkan lesson study hendaknya anggota tim juga memahami tentang lesson study dan bagi pengambil kebijakan dapat menerapkan pembelajaran strategi inkuiri berbasis lesson study melalui MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) guru mata pelajaran se-wilayah kerja madrasah demi meningkatkan kinerja guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60363 |
Actions (login required)
View Item |