Pengembangan perangkat pembelajaran mata kuliah struktur hewan dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) / Faisal - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran mata kuliah struktur hewan dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) / Faisal

Faisal (2012) Pengembangan perangkat pembelajaran mata kuliah struktur hewan dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) / Faisal. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Umie Lestari M.Si. (II) Dr. H. Abdul Gofur M.Si. Kata Kunci Perangkat pembelajaran struktur hewan PBL. Perangkat pembelajaran merupakan dokumen kurikulum yang berperan mendukung pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berperan mengarahkan kegiatan pembelajaran pada setiap pertemuan. Buku ajar berperan sebagai salah satu sumber ilmu pengetahuan bagi mahasiswa. Instrumen penilaian berperan untuk mengetahui pencapaian kompetensi mata kuliah oleh mahasiswa instrumen penilaian perlu dilengkapi dengan rubrik penilaian agar penilaian yang dilakukan lebih objektif dan konsisten. Hasil observasi dan pengalaman peneliti sebagai salah satu pengajar mata kuliah struktur hewan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran struktur hewan yang telah dimiliki masih memiliki beberapa kekurangan antara lain (1) aspek isi atau materi diktat mata kuliah khsususnya pada topik sistem tubuh masih perlu mengeksplorasi lebih jauh fakta konsep prinsip dan teori yang sesuai dengan tujuan pembelajaran (2) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) belum berpedoman pada salah-satu strategi pembelajaran sehingga berpeluang menciptakan pola pembelajaran berbentuk penyampaian secara tatap muka (lecturing) dan searah (3) instrumen penilaian yang dimiliki masih dalam bentuk tes objektif dan kurang tepat apabila digunakan dalam pembelajaran problem based learning (PBL). Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran struktur hewan dengan strategi pembelajaran problem based learning (PBL) meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) instrumen penilaian yang dilengkapi dengan rubrik penilaian dan buku ajar. Prinsip pengembangan aspek isi aspek desain dan aspek kebahasaan dari perangkat pembelajaran disesuaikan dengan standar nasional pendidikan. Prosedur pengembangan terdiri dari enam tahap yang merupakan hasil adaptasi model pengembangan Dick and Carey terdiri dari (1) merumuskan standar kompetensi (SK) kompetensi dasar (KD) indikator dan tujuan pembelajaran (2) mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) (3) mengembangkan instrumen penilaian (4) mengembangkan bahan ajar berupa buku ajar (5) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif dan (6) merevisi draft awal perangkat pembelajaran. Hasil evaluasi formatif rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) oleh ahli isi materi pembelajaran dan oleh ahli desain pembelajaran masing-masing mendapat skor rata-rata 4 2 (termasuk pada kategori baik). Hasil evaluasi formatif lembar kerja mahasiswa (LKM) dan rubrik penilaian oleh ahli isi materi pembelajaran mendapat skor rata-rata 4 2 (termasuk pada kategori baik) dan oleh ahli desain pembelajaran mendapat skor rata-rata 3 9 (termasuk pada kategori baik). Hasil evaluasi formatif buku ajar oleh ahli isi materi pembelajaran mendapat skor rata-rata 4 3 (termasuk pada kategori baik) oleh ahli desain pembelajaran mendapat skor rata-rata 4 5 (termasuk pada kategori baik) oleh dosen pembina mata kuliah mendapat skor rata-rata 3 7 (termasuk pada kategori baik) dan oleh mahasiswa mendapat skor rata-rata 4 3 (termasuk pada kategori baik). Meskipun hasil evaluasi formatif menunjukkan bahwa kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah baik namun tetap dilakukan perbaikan komponen-komponen perangkat pembelajaran sesuai dengan komentar saran dan hasil diskusi dari masing-masing subjek uji coba. Perbaikan komponen-komponen perangkat pembelajaran bertujuan untuk mengurangi kesalahan-kesalahan mendasar yang berhubungan dengan aspek isi aspek desain kemanfaatan dan keterbacaan. Perangkat pembelajaran hasil penelitian pengembangan dapat menjadi dokumen kurikulum yang lebih berkualitas dan saling terintegrasi sehingga sewaktu-waktu dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ini maka peneliti memberikan saran pemanfaatan perangkat pembelajaran (1) penggunaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja mahasiswa (LKM) hendaknya disesuaikan dengan konteks pembelajaran yang akan dilaksanakan (2) penggunaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) hendaknya memperhatikan secara cermat komponen kegiatan pembelajaran (3) penggunaan lembar kerja mahasiswa (LKM) hendaknya memperhatikan secara cermat deskripsi tugas aspek-aspek yang dinilai tolak ukur penilaian dan skala nilai pada rubrik penilaian. (4) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) lembar kerja mahasiswa (LKM) dan buku ajar saling terkait dalam mendukung kegiatan pembelajaran sehingga hendaknya digunakan secara terintegrasi. Saran diseminasi perangkat pembelajaran (1) mengadakan seminar skala regional bahkan nasional tentang pengembangan perangkat pembelajaran yang saling terintegrasi (2) diperkenalkan pada forum seminar atau diskusi (3) diterbitkan melalui suatu lembaga penerbit (4) Dimuat pada fasilitas e-book atau e-learningyang disediakan oleh perguruan tinggi. Saran pengembangan lebih lanjut (1) melaksanakan tahap analisis pebelajar dan konteks pembelajaran secara menyeluruh pada tahap awal pengembangan perangkat pembelajaran (2) melaksanakan tahap uji coba lapangan untuk mengetahui efektifitas perangkat pembelajaran (3) memasukkan seluruh bahan kajian mata kuliah struktur hewan pada buku ajar (4) mempertimbangan penggunanaan strategi pembelajaran yang lain agar kegiatan pembelajaran lebih bervariasi (5) mengembangkan instrumen penilaian pada ranah afektif dan psikomotorik (6) menambah komponen panduan dosen dan mahasiswa (7) menambah gambar-gambar pada buku ajar dari hasil pengamatan langsung atau dokumentasi dari penulis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60358

Actions (login required)

View Item View Item