Pengembangan perangkat pembelajaran bermuatan karakter mata kuliah kultur jaringan tumbuhan pada mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar / Nur Ismirawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran bermuatan karakter mata kuliah kultur jaringan tumbuhan pada mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar / Nur Ismirawati

Ismirawati, Nur (2012) Pengembangan perangkat pembelajaran bermuatan karakter mata kuliah kultur jaringan tumbuhan pada mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar / Nur Ismirawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan perangkat pembelajaran bermuatan karakter kultur jaringan tumbuhan. Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 3 menyebutkan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME berakhlak mulia sehat berilmu cakap kreatif mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab dengan demikian dilakukanlah penelitian pengembangan perangkat pembelajaran yang bermuatan karakter pada mata kuliah kultur jaringan tumbuhan mahasiswa pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar. Tujuan dilakukannya penelitian pengembangan ini untuk mengembangkan perangkat pembelajaran kultur jaringan tumbuhan bermuatan karakter yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar yang meliputi silabus rencana pelaksanaan pembelajaran lembar kerja mahasiswa petunjuk praktikum dan instrumen evaluasi kognitif afektif dan psikomotorik. Model yang digunakan dalam pengembangan ini dimodifikasidari model pengembangan Borg Gall meliputi (1)Penelitian dan Pengumpulan draf (2) Penyusunan draf perangkat pembelajaran (3) Uji validitas oleh ahli (4) Uji keterbacaan kelompok kecil dan (5) Perangkat pembelajaran yang definitif dan siap untuk digunakan. Hasil validasi ahli perangkat pembelajaran secara keseluruhan menyatakan produk yang dikembangkan telah layak untuk digunakan dan dengan melihat hasil persentase penilaian yang disesuaikan dengan kriteria tingkat kelayakan dan revisi produk sangat baik dan dinyatakan valid. Hasil validasi pakar materi dipersentasekan dan disesuaikan dengan kriteria kelayakan dan revisi produk berada pada kriteria baik. Hasil validasi pakar desain pembelajaran menyatakan bahwa produk berupa LKM dan petunjuk praktikum secara keseluruhan sudah baik dan dengan melihat hasil presentase yang hasilnya disesuaikan dengan kriteria kelayakan dan revisi produk berada pada kriteria sangat baik. Uji keterbacaan kelompok kecil dengan melihat validitas reliabilitas daya beda dan tingkat kesukaran soal. soal uraian terdiri dari 26 soal 15 soal dinyatakan valid tingkat reliabilitas soal 0 8209 daya beda dengan 8 soal yang baik dan 3 soal yang sangat baik tingkat kesukaran soal meliputi jumlah soal yang sedang 16 soal dan mudah 10 soal. Saran pemanfaatan (a) bagi dosen perangkat pembelajaran dikembangkan dengan bermuatan karakter yang disesuaikan dengan karakter mahasiswa UIN Alauddin makassar perangkat pembelajaran dikembangkan selama satu satu semester dan dilengkapi dengan instrumen evaluasi kognitif afektif dan psikomotorik beserta rubrik penilaian sehingga dosen dapat langsung menggunakannya.(b) bagi mahasiswa LKM yang dikembangkan telah dilengkapi dengan evaluasi yang berkaitan dengan tugas yang diberikan sebelumnya dan evaluasi diri untuk mengukur sikap mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah kultur jaringan tumbuhan sedangkan petunjuk praktikum berisi tata tertib yang harus dipatuhi mahasiswa dalam melakukan kultur jaringan tumbuhan prosedur kerja yang disajikan telah disusun sedemikian rupa untuk lebih memudahkan mahasiswa dalam belajar. Saran diseminasi melakukan penyebarluasan produk dengan melakukan seminar regional terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan khususnya pada Perguruan Tinggi UIN Alauddin Makassar dan Perguruan Tinggi lainnya yang memiliki mata kuliah Kultur Jaringan Tumbuhan.Saran pengembangan lebih lanjut dengan melakukan uji coba lapangan skala kecil dan skala luas untuk penyempurnaan produk serta jumlah karakter ditambah sehingga produk yang dikembangkan mencakup aspek karakter secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60357

Actions (login required)

View Item View Item