Ermin (2012) Pengaruh pembelajaran kooperatif student team achevement division (STAD) dipadu think pair share (TPS) dan kemampuan akademik terhadap ketrampilan metakognisi, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif biologi pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Ternate. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. A.D. Corebima M.Pd (II) Dr. Hedi Sutomo S.U. Kata Kunci student team achivement divisions (STAD) think pair share (TPS) dan kemampuan akademik keterampilan metakognisi kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif biologi. Perubahan sistem pendidikan di Indonesia merupakan implikasi dari perubahan paradigma pendidikan dari paradigma behaviorisme berubah menjadi paradigma konstruktivisme. Perubahan ini terjadi akibat perubahan pemahaman terhadap konsep pendidikan itu sendiri. Perubahan pada konsep pendidikan tersebut misalnya paradigma sains sebagai suatu proses belajar berbasis pengetahuan menjadi belajar berbasis kopetensi pembelajaran instruktif menjadikan pembelajaran sebagai fasilitas dan penilaian yang konseptual berubah menjadi penilaian yang autentik. Perubahan paradigma tersebut disikapi oleh pemerintah dengan mengubah kurikulum yang sesuai dengan paradigma dan pemahaman konsep masa kini. Hal ini terbukti dengan adanya perubahan kurikulum 1984 menjadi kurikulum 1994 yang diharapkan mampu dapat menghasilkan lulusan yang tidak saja memiliki pengetahuan melainkan keterampilan khususnya keterampilan berpikir untuk memecahkan masalah dengan menggunakan prinsip dan prosedur sains. Pada kurikulum 1994 sudah nampak terjadinya perubahan paradigma bahwa belajar bukan berbasis pengetahuan namun berbasis keterampilan. Selanjutnya paradigma tersebut diperkuat lagi dengan kurikulum Berbasis Kopetensi 2004 dengan konsep pendidikan berorentasi pada kecakapan hidup (life skill). Setelah kurikulum 2004 mengalami uji coba maka dilakukan penyempurnaan dengan keluarnya peraturan Mentri Pendidikan Repoblik Indonesia Nomor 22 33 dan 24 tahun 2006. Berdasarkan peraturan tersebut maka pengembangan standar kompetnsi dan kompotesi dasar kedalam kurikulum operasional Tingkat Satuan Pendidikan atau sekarang disebut KTSP. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menuntut guru mengubah paradigma pembelajarannya. Berdasrkan hasil observasi di SMP Negeri 4 Ternate guru biologi belum memberdayakan siswa untuk berpikir kritis dan mengembangkan keterampilan metakognisi. Berdasarkan observasi tersebut maka peneliti menggunakan strategi pembelejaran kooperatif model Student Team Achivement Divisions (STAD) dipadu Think Pair Share (TPS). Sehingga dalam penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut (1) Apakah ada pengaruh pembelajaran kooperatif STAD dipadu TPS terhadap keterampilan metakognisi kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif biologi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Kota Ternate (2) Apakah ada pengaruh kemampuan akademik siswa atas dan bawah terhadap keterampilan metakognisi kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif biologi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Kota Ternate (3) Apakah ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran kooperatif STAD dipadu TPS dengan kemampuan akademik siswa atas dan bawah terhadap keterampilan metakognisi kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif biologi pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Ternate. Maka untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan rancangan eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan menggunakan kelas VII 3 VII5 dan VII7 sebagai kelas eksperimen. Dari hasil penelitian telah diperoleh menunjukan bahwa strategi pembelajaran STAD TPS dan STAD TPS berpengaruh signifikan terhadap keterampilan metakognisi sedangkan kemampuan akademik berpengaruh signifikan terhadap terhadap keterampilan metakognisi siswa dan Interaksi strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik berpengaruh signifikan terhadap keterampilan metakognisi siswa. Strategi pembelajaran kemampuan akademi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis sedangkan interaksi strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis. Strategi pembelajaran kemampuan akademik dan interaksi strategi pembelajaran dengan kemampuan akademik berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar koognitif biologi. Dari sembilan hipotesis yang diajukan hanya satu hipotesis yang tidak signifikan sedangkan delapan hipotesis lainya signifikan. Bertitik tolak dari temuan penelitian ini beberapa saran yang dapat diajukan oleh peneliti untuk guru dan calon peneliti adalah (1) Bagi guru dalam mengajar perlu adanya variasi strategi pembelajaran yang digunakan salah satunya STAD TPS dan STAD TPS dan dapat juga strategi pembelajaran yang telah digunakan oleh guru dikombinasikan atau dipadukan dengan ketiga strategi diatas (2) Seluruh siswa berkemampuan akademik atas dan bawah dapat mencapai KKM yang telah ditentukan oleh karena itu peneliti menyarankan agar guru memiliki peta kemampuan akademik siswa sebagai dasar penyusun kelompok belajar siswa dalam implementasi TPS STAD TPS sehingga proses scaffolding berjalan dengan baik (3) Perlu dilakukan penelitian yang mengintegrasikan strategi-strategi pembelajaran berbasis konstruktivisme dan student centred selain STAD dan TPS.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60354 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |